Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
250
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5abb62b9ded770bf018b4576/tidak-kuliah-berarti-tidak-terjamin-kehidupanya
Entah Sudah 5-6 tahun saya tidak Posting, kali ini saya mencoba berbagai pengalaman saya ketika sedang berdiskusi dengan salah seorang kerabat, Dan diskusi ini lah yang ingin saya bagikan ke public Kaskuser yang terhormat, dan saya juga yakin tentu ada yang pro & kontra dengan postingan saya ini, tanpa maksud menyinggung saya berharap dalam postingan ini kita dapat berdiskusi bersama.
Lapor Hansip
28-03-2018 16:39

TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)

Past Hot Thread
Quote:Entah Sudah 5-6 tahun saya tidak Posting, kali ini saya mencoba berbagai pengalaman saya ketika sedang berdiskusi dengan salah seorang kerabat, Dan diskusi ini lah yang ingin saya bagikan ke public Kaskuser yang terhormat, dan saya juga yakin tentu ada yang pro & kontra dengan postingan saya ini, tanpa maksud menyinggung saya berharap dalam postingan ini kita dapat berdiskusi bersama.


Quote:
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)

Suatu ketika saya sempat beradu argument dengan salah satu kerabat saya yang berpikiran bahwa orang yang tidak kuliah tidak terjamin kehidupannya?,


Mendengar hal itu kontan darah saya langsung mengalir deras ke arah otak, dan terus naik hingga ke ubun-ubun, kami pun memutuskan untuk bertemu dan berdiskusi mengenai hal tersebut. 





Quote:Indonesia menghasilkan Fresh Graduate terbesar di ASIA TENGGARA
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
November 2017-, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kerja, Kemanker RI, Bambang Satrio Lelono merilis sebuah fakta yang mengejutkan tahun 2017 Indonesia memiliki 750 rb – 800 rb Fresh Graduate, dan menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil sarjana terbanyak di ASIA TENGGARA, no 2 terbanyak di asia setelah China.

Sementara setiap tahunnya tidak sampai 5% perusahaan swasta lokal maupun asing atau Perusahaan milik pemerintah yang menerima pegawai baru.

jika semua perusahaan swasta & Pemerintah yang berjumlah 5% tersebut murni menerima pegawai baru mungkin jumlah nya tidak sampai 1000 orang, artinya ada 799 rb fresh graduate terancam menganggur setiap tahunya.

Juni 2013 JobsDB merilis data, ada 30 juta orang pencari kerja, lalu pada tahun 2017 tenaga kerja berusia produktif di Indonesia mencapai angka 131.5 Jt orang, dengan 79 Jt orang atau kurang lebih 60% berpendidikan hanya di tingkat SMP.


Quote:Lalu bagaimana cara perusahaan mengakalinya?

Tingginya UMR membuat perusahan pun tak mau mengambil resiko merekrut pekerjanya dan untuk mengakali hal tersebut Perusahaan – perusahaan besar di Indonesia menaikan level kualitasnya
Dengan :
1.      Harus lulusan Univesitas ternama dengan angka IPK yang bagus
2.      Lolos test dan ujian serta kebijakan dari perusahaan TSB
3.      Harus memiliki skill lain (Entah itu B.Inggris, Akunting, Dll) diluar study yang dipelajari

Jika kalian tidak memiliki itu semua dibadan kalian, cara satu-satunya adalah lulus dengan gelar “Master”.


Entah mengapa S2 seperti menjadi jaminan untuk sebuah peruasahaan-perusahaan besar di Indonesia, yang artinya itu adalah ancaman untuk mereka para calon sarjana Muda, karena bisa jadi S2 menjadi syarat mutlak untuk kerja, seperti yang dilakukan 20 tahun ketika pemerintah menaikan mutu dan kualitas para pekerjanya dengan menaikan level dari SMA menjadi Sarjana.

Sehingga membuat saya menarik kesimpulan 60 tahun dari sekarang, tidak menampik lulusan S3 di Indonesia hanya menjadi penjaga toilet di mall atau swalayan. Saya harap ini tidak terjadi!.




Quote:Sarjana bikin gengsi
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?) 

10 tahun yang lalu Bambang Sudibyo yang menjabat sebagai mentri pendidikan gencar mempromosikan SMK sebagai lulusan yang siap kerja, dan uniknya lulusan smk di Indonesia kini menjadi saingan terberat dari mereka yang sarjana.

TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)

Mengapa begitu ?, menurut Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kerja, Kemanker RI.



Banyak lulusan sarjana tidak mau melaksanakan pekerjaan yang setara dengan SMA atau SMK.


Mereka menganggap memiliki kompetensi lebih tinggi


sehingga harus mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensinya.


"Tapi kan kenyataanya tidak demikian.
Sulit mencari pekerjaan yang sesuai, mau bekerja di bawah kompetensi sarjana, kan tidak mau, akhirnya jadilah pengangguran," ucapnya.



Ditengah diskusi tiba-tiba Om saya langsung memotong dengan sebuah argument

Yang lulus sarjana aja sulit mencari kerja apa lagi yang tidak


Dengan tenang saya menjawab,” saya tidak di design untuk bersaing mencari posisi disebuah perusahaan, saya menciptakan peluang atas diri saya sendiri dan bertanggung jawab atas hal tersebut”.



Lalu Om saya pun kembali mengeluarkan pendapatnya

Bagaimana bisa kamu menciptakan peluang,


jika pendidikan yang kamu lalui saja hanya sedikit



Mari kita telaah bareng-bareng




Quote:Kuliah = Simulasi Masalah

Baik teman-teman ataupun adik kelas saya selalu mengeluh soal masalah kuliah, dari semester pertama hingga lulus.


Mulai dari keluhan dosen yang sering tidak masuk hingga tugas yang menumpuk.
Jika kita analogikan sebuah perusahaan, dosen kita umpamakan sebagai Owner, sedangkan mahasiwa adalah pegawai.

Sekarang logikanya apakah owner perusahaan tersebut akan standby di kantor?, tentu tidak bukan?, Owner mana mau tau soal seluk - beluk masalah yang ada diperusahaan yang dia mau tau, semuanya beres. Itu lah kenapa kalian digaji!.

Jika kalian ada keperluan langsung tidak mungkin langsung menemui owner, pasti melalui protokol melalui Manager dulu, lalu ke Direktur, baru langsung ke tangan owner. Bahkan seorang direktur pun dia harus menyesuaikan waktu dan tempat dari si pemilik perusahaan untuk bertemu.

Tugas numpuk?, kalian digaji memang untuk bekerja, lalu revisi skripsi? Kalian dituntut untuk lebih teliti.
Semua itu akan kalian temukan berulang kali dan akan terus bertambah porsinya dari hari ke hari, ketika kalian kerja nanti, jika kalian tidak mampu? Ada jutaan orang dibelakang yang siap menggantikan kalian.

Jadi saya mengambil kesimpulan , KULIAH = SIMULASI MASALAH.

Salah satu hal yang membuat saya berani untuk mengambil langkah ini adalah hal ini, saya menghemat 3.5 – 4 tahun waktu saya.

Saya juga percaya bahwa setiap manusia memiliki kuota nya sendiri untuk gagal, dan semakin cepat kita menghabiskan kuota tersebut semakin cepat kita menuai keberhasilan (*Sok bijak emoticon-Stick Out Tongue).




Quote:Semakin Tinggi ilmunya semakin takut untuk melangkah

TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)

Sub judul ini saya dapatkan dari mentor saya Peter.F.Sufandridalam seminar Insider Trading, di Novotel Mangga 2, tahun 2010.

Dan yang lucunya statement ini dibenarkan oleh pengusaha legendaris Bob Sadino, dalam bukunya Belajar Goblok Ala Bob Sadino.


“Orang Goblok itu ga banyak mikir yang penting melangkah,


 Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah.”



Dan hebat nya om Bob tetap konsisten dengan statementnya dan lantang menyerukan untuk Berhenti Kuliah di setiap seminarnya, bahkan di setiap seminar yang diadakan kampus sekalipun.

Saat kita belajar, kita melatih otak untuk menganalisa sehingga semakin tinggi ilmunya semakin tajam analisanya. Dan karena ketajaman analisa itulah yang membuat mereka takut untuk melangkah. Hal itu pun diungkapkan oleh salah satu Guru Besar Universitas Indonesia Fak.Ilmu Management Rhenald Khasali.


“Untuk memulai bisnis saya tidak mampu


Tapi menjadi konsultan, adalah keahlian saya”

[size={defaultattr}][size={defaultattr}]
Dan kebanyakan dari mereka pada akhirnya fokus ke bidang akademis, Entah itu jadi Asdos lalu kemudian Dosen, penulis buku, dan moderator seminar.[/size][/size]






Quote:Untuk beberapa saat saya berhasil membuat om saya terdiam, kopi mu terasa lebih manis dilidah. sayang kemenangan saya tidak bertahan lama.

Tidak ada calon mertua yang mau menerima mantunya

Yang bukan sarjana, saya pun akan melakukan hal demikian


Ucapanya bak, sebuah petir disiang hari. Dan kali ini gantian saya yang terdiam untuk beberapa saat.

Om Jika Anneke di pinang dua lelaki, satu lulusan Master Universitas Indonesia

Dan satu lagi lulusan SMA tapi punya perkebunan kelapa sawit ratusan hektar, dan tambang minyak

Om memilih yang mana?


Untuk beberapa saat om saya terdiam dan merenung.

Singkat cerita kami mengakhiri diskusi kami yang berfaedah tinggi ini dan menyadari bahwa kami tidak memaksakan pendapat kami satu sama lain, kami menerima hal itu.
Sebelum pulang om saya pun berkelakar

Paling tidak kamu tidak perlu khawatir, saat kamu gagal orang akan maklum

Kamu tidak kuliah, namun berbeda saat kamu menjadi sarjana


Saya pun ikut tertawa dengan lelucon nya, dan untuk kali pertama saya setuju dengan beliau. 
Namun bedanya …. Saya tidak ada rencana untuk gagal.

“Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible! Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan.”

-Bob Sadino-




 



Quote:Original Posted By komentar
terima kasih atas diskusinya yang menarik, dari semua komentar saya ingin memasang beberapa yang menurut saya menarik untuk dibahas

Quote:Original Posted By 24htotherich


Susi itu walau gak sekolah dia itu emang udah pinter, makanya bisa mendirikan bisnis besar, klo lu kagak kuliah trus kagak pinter ya jangan harap lah kayak Bu Susi, dia itu juga cuma 1 dari sekian juta orang yang bisa jd menteri tanpa gelar sarjana..


emoticon-Smilie itu lah kenapa disebut tenaga profesional, dibutuhkan karena keahlianya dan jam terbangnya, bukan karena embel-embelnya gan.

saya juga ga berharap menjadi seperti dia, saya hanya menjadikan beliau sebagai panutan.

nah pertanyaan nya, "Terus kalo ente kuliah, apakah ente sudah pintar?",

pertanyaan kedua "Terus kalo ente kuliah, apakah ente lebih berhak duduk di kursi mentri?"

emoticon-Sundul Up emoticon-Salam Kenal

Quote:Original Posted By 24htotherich
Ini cuma Trit gak mutu sebagai pembelaan buat yang gak kuliah, klo kalian gak mampu kuliah di kampus bagus gak perlu ngehina yang kuliah, orang kuliah (di kampus top bukan yang Abal) tetep lebih beruntung dibanding yang gak kuliah... Mereka punya banyak kesempatan, jaringan luas dan segala macamnya yang mendukung buat jd pengusaha, gw sendiri lulusan salah satu kampus top negeri terbaik di Indonesia, gw ngerasain hal itu, gw punya banyak kesempatan pitching bisnis Ama Capital provider ya karena gw lulusan sana... Lo yang kagak mampu kuliah silahkan aja klo mau bikin pembenaran Ampe modar juga lebih beruntung orang yg kuliah, tapi dengan catatan kuliah di kampus bagus bukan kampus ruko..


Komentar yang kedua, membuktikan teori saya benar emoticon-Embarrassment


Diubah oleh letkol.joselito
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 13
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
30-03-2018 10:44
bwt ambil hati camer gan
soal nya kan down juga kalo punya cewek yg kuliahan kitanya lulusan sma atau smk/jd kalo di tanya ttg tugas kuliah atau yg berbau kuliah kita gak laham dan lg kalo nongkrong sm temen nya kita gak kan nyambung sm bahaaa anak kuliahan dan yg ga kuliah cuma biaa diem

haha
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
30-03-2018 12:10
ikut berbagai pengalaman dan pemikiran gan, , ,

ane lulusan SMK gan jurusan IT 2016, sebelum lulus dulu maunya kuliah tapi kenyataannya ortu gak ada biaya untuk itu yasudahlah selama satu tahun ane dirumah stres emoticon-Ngakak gak bisa kuliah sambil nyari kerja yang susahnya luar biasa ( ini karena politik yg menjengkelkan ganemoticon-Shutup ) skip ane di tawarin kerja waktu interview ane sama tetangga ane yang lulusan sarjana waktu itu tetangga ane minta kerja di kantor sedangkan ane yang penting kerja, skip ane di terima kerja 1 oktober ya walaupun jabatan/kerjaan paling rendah dan tetangga ane gak jadi kerja karena ndk ad kerjaan yg di kantor ,setelah itu selama ane kerja di lapangan pengawas ane ternyata ngerekomendasiin ane kerja di kantor karena background ane IT dan ane sempat gak percaya , tanggal 21 november ( pagi ) ane di tarik ke kantor padahal malam itu ane masih begadang kerja sampai jam 3,Alhamdulillah sampai sekarang kerja di kantor dan ane masih gak percaya gan karena ane dulu ada di jabatan paling rendah sekarang ada di kantor emoticon-Bingung , tapi tetep gan ane mau kuliah sambil kerja karena ilmu itu penting , semakin banyak ilmu semakin banyak hal yang kita bisa bagikan semakin banyak orang yang bisa kita bantu dengan pengetahuan yang kita punya,


Itu sedikit cerita dari ane gan,emoticon-Mewek walaupun gak secara detail ane tulis karena kebetulan banyak dan ane orangnya malas ngetikemoticon-Ngakak
Diubah oleh antfree
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
30-03-2018 13:18
jadi ekstrimnya semua orang mending gk usah kuliah aja?
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
30-03-2018 13:20
Quote:Original Posted By bithunter
coba lihat pendidikan orang orang sukses di dunia.Gates,Mark Zuckerberg dan masih banyak yang lain,mereka kebanyakan nggak ada yang bener kuliahnya ,but see.. mereka bisa sukses.. kuliah bukan jaminan seseorang bisa sukses..but mindset


Tapi di luar kuliah hari2 mereka diisi dgn kegiatan bermanfaat, mereka memilih berpikir & berkarya daripada kuliah
Kalo di hari2 kuliah anda tp anda ga berangkat kuliah lalu cuman tongkrang-tongkrong, nge-lem, nyabun mungkin emoticon-Wakaka .. ucapkan selamat tinggal masa depan emoticon-Selamat
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
30-03-2018 14:40
Quote:Original Posted By akubukanjono
jangan salah, sekarang lulusan s1 (terpaksa) udah mulai ga malu kerja gaji di bawah umr emoticon-Leh Uga


S1 mana dulu gan? klo S1 kampus Abal mah mending gak kuliah deh, Krn ijasah nya emang gak akan kepake di mana mana.. klo mau kuliah sekalian di kampus terbaik, biar dianggap..
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
30-03-2018 16:09
ga kuliah?
dan trit ini menjadi pembelaan buat mreka yg ga kuliah..
haha.. cukup tertawa aja..
kuliah ga menjanjikan kalian berhasil.. tapi setidaknya menambah peluang untuk lbh berhasil..
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
30-03-2018 16:30
Quote:Original Posted By anseekrs


Tapi di luar kuliah hari2 mereka diisi dgn kegiatan bermanfaat, mereka memilih berpikir & berkarya daripada kuliah
Kalo di hari2 kuliah anda tp anda ga berangkat kuliah lalu cuman tongkrang-tongkrong, nge-lem, nyabun mungkin emoticon-Wakaka .. ucapkan selamat tinggal masa depan emoticon-Selamat


ane udah ngucapin selamat tinggal untuk masa depan beberapa tahun yg lalu emoticon-Shakehand2
Diubah oleh akubukanjono
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
30-03-2018 18:58
wah berat sekali ya ternyata level kualitasnya dinaikan,
palagi harus s2, s1 saja megap megap.. ah gimana ntar aja deh
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
30-03-2018 20:02
coba ane analisa dulu
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 10:07
Ane kuliah tapi bukan sarjana gan emoticon-Malu
Tapi alhamdulillah pekerjaan ane lain daripada yang lain, alias gak mainstream. Gaji juga mungkin bisa di bilang lebih gede dari yang lulusan sarjana atau gelar sarjana. Intinya temui kompetensi diri, orang dekat juga bisa jadi faktor besar buat dapet kerjaan yang kita mau. Kalo gak ada orang dekat juga gak masalah, yang penting tau cara komunikasi buat cari relasi. Jaman sekarang ilmu pengetahuan aja gak cukup kalo gak punya skill sepik sepik iblis emoticon-Big Grin

Tapi ane pengen lanjut S1, tapi belum memungkinkan lanjut sih. Karena ada kebutuhan jangka pendek dan harus di kebut ngumpulinnya emoticon-Malu (S)

Kalo sanggup kuliah ya di usahakan kuliah, tapi jadi mahasiswa yang bener. Percuma kalo cuma ngejar gelar sarjana tapi cara berpikir masih jaman batu. Banyak temen ane yang punya gelar sarjana tapi masih bego, entah itu dari ilmu pngetahuan (eksak atau umum), attitudenya jelek, dan cara berpikir+logikanya gak jalan. Ya jadi ijazah S1nya cuma jadi pajangan doang sama syarat cari kerja.
Diubah oleh biji.gan
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 10:08
gak juga sih, banyak yang kuliah tapi gak lulus-lulus lantaran ngegampangin kuliah atau sebagainya, dan banyak yang gak kuliah malah udah menghasilkan penghasilan
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 11:16
Ane dlu kuliah gan tp dropout , krn ada sdikit masalah dan di otak ane cuma satu , intinya ilmu yg ane dapat rasanya kurang , ada gelar pun kayaknya sama aja boong . jadi kmaren itu ane drop out (uda lama sih uda bertahun-tahun) , tapi ane masih pengen kuliah sih , cuma mgkn nanti . soalnya pengen nambah knowledge , bukan krn ijazah yah .. sambilan nambah relasi juga . Penting ga pentingnya itu sesuai kebutuhan dan tujuan masing-masing . Banyak yang sesudah tamat SMA ga tau mau lanjut kemana , jurusan pilihan ikut-ikutan , pas kerja meleset dari gelar , agak agak gimana gitu yah ... hahahaa .
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 11:34
Pengalaman ane gan, ane lulusan SMK cewe lagi gan. Alhamdulillah ane langsung dapet kerjaan sebelum ijazah ane keluar, karena di bnatuin nyokap ama relasinya gan. Tapi kerja pake orang dalem juga ga selalu enak karna kita kerasa di awasin dan ga leluasa. Akhirnya ane keluar dan berusaha cari kerja sendiri gan dengan keyakinan dan kemampuan ane. Ane bukan orang yang superior, tapi dengan nilai ane yang cukup lumayan dan pengalaman ane di organisasi ato event sekolah jadi pertimbangan. Tapi ane gagal karna ga memenuhi kualifkasi pendidikan emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka padahal dalam diri ane yaelah dia belum tau ane emoticon-Wakaka tapi ane ga patah semangat terus ane dapet kerjaan di pengelola apartemen gitu gajinya kecil untuk selevel ane dibanding developer lain plus dibawah UMR , tapi ane yakin semua gabisa dimulai dari atas , semua gaharus sesuai dengan standart orang, lagi dari sini mungkin ane bisa belajar dan jadi pengalaman. Ane kerja disitu sampai 2.5 tahun dengan status pegawai tetap terus ane resign dengan niatan mau ekspansi keperusahaan yang lebih gede ato bonafit emoticon-Wakaka tapi jalan terlalu terjal walau ane udah punya pengalaman tapi ane cuman lulusan SMK , sampai kadang ane nanya ama diri ane "Emang ada yang salah ya? Emang gue ga bisa kerja ya? Apa hebatnya selembar Ijazah dan Gelar? Terus kalo gue gapunya gue gamampu? " Tapi ane tetep kekeh gamau terusin kuliah dulu uji nyali ngelamar ke perusahaan bonafit dengan sodoran skill ane, Walau gajinya gasama dengan lulusan S1 cuman ane pernah kerja di 2 Developer Bonafit di Indonesia karena pertimbangan pengalaman ane, Semua itu gabisa dimulai dengan instan walau kita lulusan S1 ane butuh waktu 5 tahun setelah konsisten ama kinerja, kerja keras, untuk ngedapetin Gaji setara S1 dengan ijazah SMK dan Pengalaman ane.

Tahun kemarin temen temen ane pada lulus kuliah tapi yang ane miris yang pertama mereka tanya gaji, dia pikir dunia ini seindah semudah FTV siang bolong, kalo dibilangin nyinyir, Iya bener semua tergantung ama tekad, kemampuan, seseorang yang penting kerja bener salary bonus fasilitas juga pasti ngikuti tapi ga saat ini itu juga bisa jadi di perusahaan selanjutnya ato masa mendatang.

Salah satu GM tempat ane kerja dia adalah GM di salah satu mall bonafit di jakarta pernah kasih wejangan dari pengalaman dan merupakan wejangan juga yang dia dapet " Anggap saja saya memberikan kamu benih, benih ini akan tumbuh tergantung kamu, dan hasil dari benih ini juga akan bergantung kamu" . Ane sekarang kerja di tempat bonafit juga, alhamdulillah pengalaman ane dihargai, ane ga cuman dapet gaji tapi tunjangan transport dan makan, disamping medical , dll padahal level ane STAFF ONLY. Di tempat ane kerja cuman ada 2 orang yang lulusan SMK dalam divisi ane, salah satunya ane. Yang lain adalah S1 bahkan lulusan luar dan ada yang S2. Kalo dipikir ane adalah remah remah, eits tapi ane ga patah semangat sekarang ane juga lagi ngejar S1 dan kursus bahasa asing , karena ane juga punya mimpi dan udah saatnya ane pikir untuk upgrade ilmu. Ijazah akan menjadi sel

Maap ya gan ane jadi curhat panjangxlebar
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 14:01
Mending langsung liat and rasain aja di luar sono atau lapangan kayak gimana jadi kita tau beneran kayak gimana sih keadaan dan masalahnya, ketimbang dari artikel/modal 'teori-teori' doang kayak di internet. Ane bukan bermaksud offensif yah gan, beneran.

Anak-anak S1 banyak yg pilih-pilih gawean? Bullshit, sekali-kali gaul ama orang perekrut dari perusahaan itu atau coba ke jobfair. Sampe skrg untuk job entry atau yg dasar, masih banyak lulusan s1 yg apply dan mereka ga permasalahin gaji sebatas UMR dan minim tunjangan. See?

Dan masalah klasik(udah kronis tapi ga ada penyelesainnya) ya di dua ini
- Di kuliahan, ente kebanyakan soal teori teksbook. Dan kampus-kampus itu maaf aja gan, profit oriented ; yg penting byk mahasiswa, soal gimana nasib mereka setelah lulus ya masalah di mahasiswanya.

Sedangkan begitu terjun ke industri, perusahaan-perusahaan itu maunya yg udah 'berskill'. Ga kepakelah teori-teori itu. Dan perusahaan juga nuntut berpengalaman sekian sekian. Sedangkan freshgrad bisa apa. Toh mereka niat sekedar kerja apa aja & mencari pengalaman juga udah terhalang dgn sistem yg seperti itu.

Akhir kata,
Jayalah para pencari pekerjaan, para pejuang kehidupan, mau kalian berasal dari smp sma s1 s2 s3 s69, gak pandang bulu, kita semua cm mau mencari kehidupan yang lebih baik
semoga harapan hari esok lebih baik dari sekarang itu menjadi kenyataan suatu saat kelak emoticon-Cool
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 14:15
Quote:Original Posted By Jiggyout
kl terjamin atau tidak, bukan tergantung kuliah atau tidak, tapi pas lahir sampeyan "ngemut sendok" apa.Kl sampeyan pas lahir uda "ngemut sendok" emas, mau kuliah kek, mau ga kuliah kek, idup sampeyan ga bakal blangsat.Beda kl sampeyan lahir "ngemut sendok" tanah.Maka dari itu, pinter2x lah milih orangtua.......kalo bisa.hahahahaha.jgn dianggap serius bro


AKWKWKWKWK MAYAN NI HIBURAN DRI THREAD YG SERIUS DI TS AKWWKWK

ANE PAKE SENDOK SEMEN GAN? GIMNA TU? emoticon-Big Grin
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 14:56
banyak koq yang enggak kuliah bisa sukses
dan ada juga orang yang kuliah , terus bekerja bisa sukses juga
balik ke pribadi masing masing aja lagi...

semuanya enggak ada yang salah emoticon-Jempol
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 15:57


Quote:Original Posted By wahyuexcelliva
maksudnya gan gini, kalo agan gak kuliah terus gagal, orang bakal maklum" aja, tpi beda klo agan sarjana dan gagal, jatuhnya masalah gengsi aja

Mari kita balikan perumpamaannya.
Jika yg lulus smk ekspektasi goal yg mer ka capai akan lebih kecil dari sarjana, karena mreka mkir ya gpp lah gagal wajar kali kan gw cma lulusan smk. Jadi harapan yg mereka inginkan jg ga begitu besar.

Lalu untuk yg sarjana ekpektasi mereka akan lebih besar, maka effort jg lebih besar. Karena mereka sadar bahwa gagal dengan gelar seperti ini akan malu. Bukankah lebih merasa tertantang dan lebih bagus?


Jadi intinya semua ada positif san negatif nya. Tergantung perspektif dan penerapannya.
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 19:01
Ternyata ane sadar dlu SMA salah jurusan dan gak dpet apa2 kecuali ijazah.. Dan sekarang kuliah dengan jurusan minat ane dan sangat menikmati. Sesuatu bukan di lihat dari pencapaian materi tetapi kebahagian rohani.
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 19:18
tidak...
ane nyesel kuliah
tau ane modal bayar kuliah ane buat bisnis di rumah
Kalo dapet bea siswa hayuk dah kuliah emoticon-Ngakak
Diubah oleh abikobong
0 0
0
TIDAK KULIAH BERARTI TIDAK TERJAMIN KEHIDUPANYA (?)
31-03-2018 20:13
Quote:Original Posted By BAKZDONKZ
klo menurut ane sich hmmm
Kuliah itu ......
- Melatih Mental (salah satu contoh nya kayak Presentasi tugas Makalah... belajar spiiik spiiik depan orang banyak dan presentasi depan dosen penguji skripsi hihi)
- dapet temen yang banyak deh ye karna mungkin suatu saat (klo uda LULUS ye) bisa jadi network buat dapet kerja karna jaman sekarang kebanyakan musti pake orang dalem weeewkkkk (makanye cari temen orang pinter ama anak orang kayee hhaha)
- cari pacar yang ntar nye (insyallah ye) bisa jadi istri (pengalaman ane nyesel mantan ane ada yang uda jadi PNS dan ada yang kerja di PT GAS and Oil ... hadeeeeh) .. karna klo elu nyari pacar yang udah gaji nye 10 juta keatas rada BERAAT cuuy hhehe musti pake pelet kali ye hhihi

itu aje menurut ane yeeeh tong hihi ... judul nye sich klo uda Lulus tergantung nasib lu ama usaha lu .. soalnya banyak kok temen yang pinter tapi dpt kerja ga sepandan dengan kepintarannya dan ada temen ane yg waktu kuliah titip Absen doank eeh sekarang uda punya rumah mobil ruko ama istri cantik jadi menurut ane NASIB NASIPAN ye hhhaha

Note : Point no 2 itu yang paling penting menurut ane yeee


pada akhirnya saya pun berpikir hanya dibatas relasi juga gan, selebihnya bisa didapatkan dilapangan

Quote:Original Posted By boluapi
Ane bakal bilang di depan kalau ane anak hasil kuliahan gan, jadi bakal lebih bias mendukung kuliah sih, walaupun ujung2nya kembali lagi ke orangnya, mau atau nggak kuliah.

Ane sangat setuju kalau untuk hidupnya terjamin tentu saja ga perlu kuliah. Bahkan ada beberapa teman ane yang setelah setengah tahun lulus pun belum dapet2 kerjaan. Padahal doi dari univ teratas.

Orang - orang yang keluar dari kuliah juga seringkali sombong dan merasa terlalu kompeten untuk kerjaan - kerjaan, maaf, "rendah".

Walaupun begitu, ane tetap mendukung beberapa orang itu untuk terus kuliah. Karena kuliah, selain merupakan simulasi untuk kita gunakan di kehidupan asli, juga menjadi tempat menemba ilmu terspesialisir. Tanpa tempat seperti ini gak munkin muncul Habibie, atau pemikir keras seperti Soekarno.

Kebanyakan infrastruktur di Indonesia juga meminta bantuan para profesor untuk memberikan konsultasi.

Gak selamanya pula orang - orang pintar takut untuk bergerak gan. Banyak teman - teman ane yang nekat2 aja buat perusahaan mereka sendiri. Padahal IPK mereka bagus, kalau mereka mau kerja di, misal, perusahaan konsultasi dengan gaji 30 juta pun diterima.

Pada akhirnya balik lagi ke keinginan orangnya. Plus seberapa besar usahanya. Plus kehendak Tuhan (atau keberuntungan, untuk yang ga percaya Tuhan).

My Threads


ane setuju kuliah penting gan, ane juga ga menganjurkan untuk ga kuliah sih, ane cuman mengutip kata-kata beliau aja (om Bob)

Quote:Original Posted By tafakoer
menurut ane sih yang penting mentalnya kuat dan punya skill yang bagus


Quote:Original Posted By bithunter
coba lihat pendidikan orang orang sukses di dunia.Gates,Mark Zuckerberg dan masih banyak yang lain,mereka kebanyakan nggak ada yang bener kuliahnya ,but see.. mereka bisa sukses.. kuliah bukan jaminan seseorang bisa sukses..but mindset


patokan semua pengusaha

Quote:Original Posted By maskman13
Edit...

Menurut ane yg penting itu bukan ijasahnya gan buat sukses yg penting orang itu punya kemampuan & karakter buat survive nanti..
Ane stuju & gk stuju sma alm om bob sadino coz kuliah itu gk menjamin sukses n belajar bisa darimana aja,tpi kuliah itu kesempatan yg emas bgt menurut ane coz dikuliah itu kita bisa dapet
Pengalaman,koneksi,link belajar banyak hal & pling penting kebebasan mengatur waktu n pilihan
Sayangnya mayoritas orang hanya ngeliat kuliah sbagai tempat mencari Jaminan/Kepastian buat sukses yaitu kertas yg namanya "ijasah"emoticon-Nohope


justru karakter terbentuk dikehidupan nyata gan, kalau kuliah itu hanya simulasi masalah untuk melatih mental dan tetap kadarnya tidak lebih berat dari kehidupan nyata, dari mulai durasi hingga porsi

Quote:Original Posted By fajarekosaputra
gak juga, ane stop out dari kuliah tapi bisa buka usaha (2 Usaha: Penatu dan Perdagangan) DAN BUKA LAPANGAN KERJA UNTUK 2 ORANG, malahan temen-temen ane yang Strata malah plonga-plongo 'bingung mau ke mana', sekalinya dapet kerjaan bonafit, yah pake 'orang dalem'


Allhamdullilah, saya berharap bisa menjadi seperti anda

Quote:Original Posted By lastcar
Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. emoticon-Salaman




Bagus ini.
Ane angkut ke page one.

Kayaknya yang lulusan SMA sederajat yang udah punya kerjaan bagus atau usaha bagus jadi seolah "takabur" melupakan pentingnya mencari ilmu. emoticon-Smilie


setuju saya yang ini
Quote:Original Posted By lastcar
Reserved. emoticon-Cool

Edit:
Al-Imam Al-Baghawi menegaskan bahwa seorang mukmin yang berilmu posisinya berada di atas orang-orang yang tidak memiliki ilmu beberapa derajat.

المؤمن العالم فوق الذي لا يعلم درجات

(Ma’alim at-Tanzil fi Tafsir al-Qur’an, Maktabah Syamilah)

Al-Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwa balasan bagi orang-orang yang berilmu berupa balasan terbaik di akhirat dan berupa karamah di dunia, dan Allah Swt meninggikan orang-orang mukmin di atas selain mukmin, dan orang-orang berilmu di atas orang-orang yang tidak memiliki ilmu.

emoticon-Salaman


Berilmu loh neranginnya, berarti yang saya tafsirkan itu bisa di dapatkan dari mana mana

Quote:Original Posted By rambutdawa
Bukan berarti, sih. Mungkin yg makan bangku kuliah punya peluang lebih lebar


peluang saya merasa bisa didapatkan darimana mana gan, kalo peluang yang agan masuk adalah sebagai pelaksana tugas ya memang seorang sarjana sangat besar peluangnya.

tapi jika sbg pencipta peluang tentu, hal ini tidak berlaku gan
0 0
0
Halaman 8 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia