bear89800Avatar border
TS
bear89800
Mengenal Mutasi Genetik akibat Perkimpoian Sedarah

Perkimpoian sedarah atau Incest adalah hal yang tabu hampir di seluruh dunia. Tapi perkimpoian sedarah sangat lazim di zaman dulu, terutama di kalangan para bangsawan dengan tujuan untuk menjaga garis keturunan tetap murni. 
Bangsawan dan penguasa Mesir juga di kenal dengan praktek perkimpoian sedarah ini, mereka menikahi saudara kandung atau bahkan anaknya sendiri.

Memang tidak semua anak yang berasal dari perkimpoian sedarah mengalami mutasi genetik, tapi tetap saja ini sangat beresiko dan melibatkan gen Resesif.
Gen resesif adalah Gen yang lemah dan tidak bisa menunjukkan sifat yang di bawa nya karena di tutupi oleh gen Dominan. Gen resesif hanya bisa menunjukkan sifat yang di bawanya jika berpasangan dengan Gen resesif lainnya.
Karena pasangan tersebut memiliki gen yang sama, maka gen resesif akan kelihatan jelas di keturunan mereka.

Nah jika agan masih penasaran lansung ke TEKAPE saja.
emoticon-Ngacir2

1. RAHANG HABSBURG

Kelainan genetik ini di sebut juga Prognathism, yaitu kelainan bentuk rahang yang memanjang dan menonjol sehingga menimbulkan beberapa masalah di organ mulut. Di sebut Rahang Habsburg karena kelainan genetik ini di temukan di keluarga bangsawan Habsburg yang berkuasa di tahun 1400 sd 1700-an. 
Keluarga bangsawan ini melakukan pernikahan sedarah dengan tujuan untuk menjaga garis keturunan mereka. 

Contoh kasus yang terkenal ditemukan pada Charless II dari Spanyol, kelainan genetik yang di deritanya membuat dia tidak bisa berbicara dengan jelas, tidak bisa mengunyah dan air liurnya menetes terus menerus.


2. TENGKORAK MENONJOL

Di beberapa patung Mesir Kuno mungkin kalian sudah pernah melihat patung dengan tengkorak yang menonjol ke belakang. Sebenarnya ini bukan kreasi pematung, tapi karena memang seperti itu. 
Keluarga kerajaan Mesir kuno di kenal sudah sering melakukan pernikahan sedarah maka dari itu muncul kelainan di tengkorak mereka. Seiring waktu, mereka membalut kepala mereka menggunakan perhiasan sehingga tidak kelihatan ketika mereka muncul ke depan publik.
Raja Tut adalah salah satu yang menderita kelainan tulang tengkorak, kelainan di tulang kaki dan juga skoliosis.


3. JARI KAKI atau TANGAN LEBIH DARI 5 
Di beberapa kasus ada di temukan jari tangan atau kaki yang tumbuh lebih dari 5 jari, kasus ini disebut polydactylism.
Kelainan ini tidak hanya terjadi pada anak hasil incest saja, tapi juga anak dari hubungan normal bisa mengidap kelainan ini meskipun menurut data lebih dominan di anak hasil incest.
Selain itu, jari extra yang tumbuh sering di temukan menyatu dengan jari yang lainnya. Penyatuan ini biasanya di balut oleh selaput atau daging.

Suku Vadoma di pedalaman Zimbabwe  memiliki jari kaki yang menyatu dengan selaput, hal ini di karenakan anggota suku mereka hanya sedikit dan gen ini sudah menjadi dominan di dalam tubuh mereka. Sehingga ketika sesama suku melakukan pernikahan maka kelainan ini tetap muncul di keturunan mereka.


4. HEMOFILIA

Hemofilia adalah suatu kondisi dimana darah tubuh tidak bisa membeku dengan baik, sehingga luka kecil seperti tergores benda tajam, mimisan dll bisa membahayakan tubuh.

Kerajaan Eropa dulu di penuhi dengan incest, pada tahun 1850-an Ratu Victoria adalah salah satu yang merasakan dampak buruk perkimpoian sedarah itu. Victoria dan Albert memiliki seorang anak bernama Leopold yang kesulitan membekukan darahnya, untung saja saat ini ada dukun yang bernama Rasputin yang mengobati Leopold ketika terluka. 
Leopold memang tidak melakukan perkimpoian sedarah dengan saudara kandungnya. Tapi kakak perempuan dan laki-lakinya tetap melakukan perkimpoian sedarah, sehingga sebagian besar keturunan mereka menderita hemofilia.


5. MICROCEPHALY

Microcephaly adalah kelainan yang terjadi pada bayi, dimana ukuran tengkorak kepala sangat kecil sehingga otak tidak berkembang dengan sempurna. Keterbelakangan mental adalah salah satu akibat dari kelainan ini.

Beberapa kasus ini di temukan di Pakistan, peneliti menyimpulkan bahwa itu adalah dampak perkimpoian antara keluarga dekat yang masih ada hubungan darah.
Menurut data, 1 dari 10.000 orang menderita kelainan ini.


6. CLEFT PALATE

Raja Tut yang merupakan anak hasil perkimpoian sedarah menunjukkan banyak kelainan dan masalah medis ketika di mumi nya di eksaminasi, salah satunya adalah Cleft Palate. 

Cleft Palate adalah kelainan mulut dimana terdapat celah yang terbuka dari organ mulut ke sinus. Hal ini membuat minum, makan, berbicara dan bahkan menelan sangat sulit.
Laporan medis di Kenya dan India menunjukkan bahwa kelainan ini muncul karena perkimpoian sedarah. Kelainan ini sudah mulai muncul sejak janin di kandung dalam rahim.


7. CLUBFOOT

Ini adalah satu lagi kelainan yang di derita oleh Raja Tut. Clubfoot adalah kelainan yang terdapat pada kaki dimana tulang kaki yang cacat, meringkuk ke bawah dan tidak berbentuk.
Kelainan ini sudah umum terjadi, tidak hanya pada anak-anak hasil incest. Tapi menurut data yang ada, anak hasil incest lebih beresiko menderita kelainan ini.
Meskipun dapat di sembuhkan dengan pemasangan splint dan kawat namun ada juga beberapa yang harus di operasi untuk  membentuk ulang tulang kaki tersebut.


8. ALBINISME

Albinisme adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan melanin yang merupakan zat yang memberikan warna pada mata, rambut, kulit dan beberapa organ lainnya yang memiliki warna.
Orang albino biasanya memiliki ciri-ciri rambut yang hampir putih, mata yang cerah dan juga kulit yang putih pucat walaupun orang tua mereka adalah kulit hitam. 
Kondisi ini merupakan penyakit/kelainan resesif autosomal yang muncul ketika orang dengan gen yang sama melakukan perkimpoian sedarah sehingga kelainan ini muncul pada anak mereka.


9. CRYPTORCHIDISM

Kelainan yang satu ini hanya ada pada laki-laki yang bre. Cryptorchidism terjadi ketika salah satu atau kedua testis tidak turun ke kantung Skrotum. Kelainan ini sangat berdampak pada kesuburan dan membuat organ reproduksi laki-laki bermasalah jika tidak di tangani dengan segera.


Bagaimana menurut Juragan's Cendol?

Source : Ranker | Google




0
62.8K
284
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.