Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
161
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5128a11c8127cf7064000004/keaneka-ragaman-cupang-hias-hoby
Permisi untuk mimin dan momod... ane mo numpang share tentang keaneka ragaman Cupang Hias... Tapi sebelumnya maaf jika :repost: Betta Splendens atau yang biasa kita sebut sebagai Cupang Hias ternyata memiliki keaneka ragaman jenis, warna dan corak yang cukup menarik. Untuk masalah jenis, Betta splendens terbagi menjadi beberapa kelompok yang dilihat berdasarkan bentuk fisik. Plakat Pada jenis Plak
Lapor Hansip
23-02-2013 17:59

Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)

Permisi untuk mimin dan momod...
ane mo numpang share tentang keaneka ragaman Cupang Hias...
Tapi sebelumnya maaf jika
emoticon-Repost


Betta Splendens atau yang biasa kita sebut sebagai Cupang Hias ternyata memiliki keaneka ragaman jenis, warna dan corak yang cukup menarik. Untuk masalah jenis, Betta splendens terbagi menjadi beberapa kelompok yang dilihat berdasarkan bentuk fisik.

Plakat

Plakat
Pada jenis Plakat, bentuk fisik yang paling mencolok pada jenis ini adalah ekor pendek dan badan yang tebal. Jenis ini sangat cocok untuk para pemula dikarenakan kemudahan dalam perawatan. Keindahan Plakat terdapat bentuknya yang menyerupai ikan cupang aduan (Figther) dengan bentuk badan yang tebal, gigi yang tajam, sisik bagai perisai dalam baju perang dan pada warna, kemegahan ekor, Dorsal (sirip atas), Anal (sirip bawah), dasi dan cara bermainnya.

Halfmoon

Halfmoon
Pada Jenis Halfmoon bentuk fisik yang paling mencolok adalah ekornya yang pangjang. Jika mengembang, ekornya akan menyerupai setengah lingkaran. Dikarenakan hal tersebut, jenis ini diberi nama Halfmoon. Keindahan Halfmoon dapat dilihat saat ikan ini mengembang dan ekornya terbuka lebar, kerapihan ekor, dorsal dan anal akan menambah keindahan dari ikan tersebut. Terlebih saat ikan ini bergerak, anada akan melihatnya seperti bunga yang tertiup angin. Keaneka ragaman warna dari Halfmoon itu sendiri pun sangat bervariasi sehingga para pecinta cupang hias jenis ini sangatlah berlimpah. Sedangkan untuk perawatannya sendiri masih tergolong mudah.

Halfmoon Double Tail

Halfmoon Double Tail
Pada jenis ini menyerupai bentuk dari halfmoon, yang membedakan keduanya pada bagian ekor. Halfmoon Double Tail memiliki ekor yang bercabang dua. keindahan dari jenis ini mungkin sama seperti jenis Halfmoon pada umumnya, pada dorsal atas biasanya untuk jenis ini tergolong Long Fin. dorsal atas memanjang hingga ke punggung ikan. Untuk warna sama saja seperti Halfmoon pada umumnya. Untuk pemeliharaannya pun menyerupai Halfmoon.

Halfmoon Rose Tail

Halfmoon Rose Tail
Pada jenis ini masih dapat digolongkan pada jenis halfmoon namun yang membedakan dari jenis ini adalah pada ekornya yang berlipat-lipat seperti bunga. Jenis ini memiliki titik keindahan pada ekornya yang menyerupai bunga. Warna yang mencolok dari jenis ini makin menambah keindahannya saat anda memperhatikannya. Anda akan merasa seperti memiliki sebuah bunga yang terus bergerak. Tingkat perawatan dari jenis ini masuk dalam kategori sedang. Jika perawatan tidaklah benar, ekor pada Rose Tail akan terdapat lebih banyak lipatan yang tak beraturan sehingga menurunkan kualitas keindahannya.

Halfsun

Halfsun
Halfsun masih digolongkan sebagai ikan inbreed atau ikan timbulan hasil dari peranakan Halfmoon/Plakat dan Crowntail. Karakteristik dari halfsun itu sendiri pun menyerupai Halfmoon untuk yang berekor panjang. Sedangkan untuk yang berekor pendek lebih kepada jenis Plakat. Jenis ini masih belum diakui oleh dunia dikarenakan belum adanya kestabilan dalam genetiknya. sehingga dapat dikatakan sebagai ikan cacat. Namun Halfsun itu sendiri memiliki keindahan dan keunikan. ekor yang menyerupai matahari yang bersinar membuatnya terlihat cukup eksotis. Penggemar dari halfsun sendiri pun masih tergolong minim.

Crowntail

Crowntail
Crowntail adalah jenis ekstrime dari semua jenis cupang hias. Memiliki keindahan pada sirip yang bercabang-cabang. Semua penghobi internasional pun mengakuinya dan dari sebuah situs hobiis ikan cupang hias berikut ini dikutip sebagai berikut:

The Crowntail was founded 1997 in West Jakarta, Slipi, Indonesia, and the creator was an Indonesian breeder named Achmad Yusuf (Iyus), who called it ‘cupang serit’ in Indonesian. When Henry Yin showed this fish in one of the IBC shows, he named it CROWNTAIL.emoticon-I Love Indonesia (S)

Bentuk tubuh yang unik dan memancarkan kekuatan tulang adalah hal yang dimiliki jenis Crowntail. Jenis ini cukup sulit untuk perawatannya. Jika tidak hati-hati maka tulangan yang menonjol dari setiap siripnya dapat rusak bahkan patah dikarenakan tidak ada selaput yang melindunginya. Berbeda dengan jenis yang lainnya. Crowntail sendiri sangat diminati dihampir seluruh dunia dan menjadi icon untuk cupang hias.

King Crowntail

King Crowntail
King Crowntail adalah jenis Crowntail yang bermutasi sangat baik. Tulangan yang keluar dari setiap ujung ekornya akan menyilang sempurna dari satu ke yang lainya. Jenis ini adalah jenis tertinggi keindahannya dari semua jenis cupang hias. Harga dari jenis ini bisa sangat melambung tinggi jika memiliki kerapihan disetiap silangan ray-nya. Warna yang beraneka ragam pun menambah keindahan dari jenis ini. Di Indonesia sendiri pun para peternak cupang hias berlomba-lomba untuk mencetak jenis ini dikarenakan harganya yang cukup menjanjikan. Perawatan jenis ini sangat sulit. Kestabilan dan kebersihan media perawatan pun menjadi salah satu kendalanya. Tingkat ke asaman Ph air pun menjadi sesuatu yang mempengaruhi faktor keindahan ikan ini. Untuk jenis King Crowntail, hanya penghobies yang mempunyai selera dan minat yang sangat tinggi pada cupang hias yang menggelutinya.

Giant

Giant
Jenis cupang hias Giant adalah jenis cupang hias yang memiliki ukuran tubuh paling besar dari semua jenis cupang hias. Ukurannya dapat mencapai 12 cm. keindahan dari jenis ini adalah ukurannya yang besar. jenis Giant juga terbagi menjadi beberapa jenis seperti cupang hias pada umumnya. Hanya saja untuk jenis Halfmoon Giant, perbandingan ukuran ekornya belum selebar Halfmoon pada umumnya. Jenis ini pertama ditemui oleh peternak dari Thailand yang tidak sengaja menemukan cupang Figther dikolam pembiakannya yang ukurannya mencapai lebih dari 6 cm. Pertama kali ikan ini diperjual belikan, harga ikan ini mencapai 1000 USD per ekornya.emoticon-Matabelo

Big Ear

Big Ear
Big Ear adalah jenis cupang hias terbaru. Keunikan Big Ear ada pada siripnya yang melebihi ukuran normal. Jenis Big Ear pun masih terbagi seperti halnya pada jenis Giant. Untuk Indonesia sayangnya Big Ear belum mendapat pengakuan sebagai ikan yang layak kontes. Didunia pun keberadaan Big Ear masih dalam kategori ikan timbulan, walau sebenarnya genetik dari ikan Big Ear sudah sempurna seperti Giant. Namun itu semua tidak menutup keindahan dari jenis ini. Para pecintanya pun juga sudah mulai banyak didunia atau pun dinegara kita ini.:


yah.... selesai juga bikin thread pertama ane gan...
jangan dimarahin yah karena baru pertama kali bikin thread neh... maaf kalo threadnya masih berantakan....emoticon-Sorry



TS tidak mengharapkan apa-apa... hanya ingin berbagi pengetahuan saja...
Kalau thread ini bermanfaat... TS cuman mengharapkan emoticon-Rate 5 Star
Untuk Pengelompokan Warna... TS akan Update besok...
Dikarenakan... jari TS udah kritingemoticon-Blue Guy Peace


Bonus


Penyusun
: GEN BETTA
Sumber : Pengalaman dan Otodidak
Diubah oleh b6493teq
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
11-09-2015 20:51
ternyata banyak jenisnya ya. dulu ane taunya cuma halfmoon sama crowntail atau serit. x_X
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
11-09-2015 21:24
br tau kalo bnyk macem
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
15-09-2015 11:30
banyak juga jenisnya
kirain cuma satu dua saja
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
15-09-2015 11:35
Cupang yg dijual abang2 pinggir jalan masuk mana ye? Kok a keknya ga sesuai semuaemoticon-Ngacir Tubrukan
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
15-09-2015 11:55
sama kyk ane
hobi supang emoticon-Big Grin
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
15-09-2015 14:49
ikan maenan ane neh waktu kcil sering ane aduin gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
15-09-2015 16:05
pernah piara dulu gan... tapi paling mentok beli yg 20ribuan seekor. itu juga nggak tahan lama emoticon-Frown

susah piara ikan gan
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
18-09-2015 21:59
waw ternyata jenisnya beragam yach. baru tau ane
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
23-11-2015 16:17

nice inpoh gan

thanks gan sharingnya
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
21-01-2016 14:37
Quote:Original Posted By Yggdrasilmaniac
Cupang yg dijual abang2 pinggir jalan masuk mana ye? Kok a keknya ga sesuai semuaemoticon-Ngacir Tubrukan


Biasanya disebut ikan 'cendolan' ... emoticon-Big Grin
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
21-01-2016 14:45
cantik banget gan, ane juga pecinta cupang hias dulu, sempet ikut kontes juga di TMII waktu tahun 2008an emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
21-01-2016 15:00
dulu ane miara banyak, gagal mulu kalo ngawinin.. anaknya cuma tahan seminggu trus mati semua emoticon-Hammer2 emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh sansanabschoo
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
21-01-2016 15:48
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
16-02-2016 14:48
sbenerny udh lama pgn miara ni cupang..tp blm ksampean ni..pgn yg halfmoon silverny itu lho..emoticon-Malu
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
16-02-2016 15:13
mantap gan
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
30-07-2017 18:34
Quote:Original Posted By b6493teq
UPDATE

emoticon-Hot News

Keragaraman Warna Cupang Hias



Betta Splendens atau kita sering menyebutnya sebagai cupang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mempunyai daya tarik pada warna yang dimunculkan dari tubuhnya. Berbagai warna-warni indah pada ikan pada dasarnya dihasilkan oleh sel-sel pigmen (chromatophore) yang terletak pada kulit ikan. Tampilan dan warnanya serta keindahan bentuk siripnya sangat menentukan nilai jual.

Warna pada ikan cupang mempunyai fungsi yang signifikan, yaitu sebagai pengenal jenis yaitu dari tampilan pola dan corak warna pada tubuhnya juga sebagai proteksi diri dari ancaman pemangsanya (Purwakusuma, 2007). Keindahan warna pada ikan ini dimunculkan pada periode-periode tertentu, khususnya pada saat menjelang musim kimpoi. Kondisi lingkungan yang mempunyai intensitas pencahayaan yang tinggi akan membuat warna ikan semakin cerah. Kadar pH air yang tepat untuk ikan cupang berada pada kisaran 6.7 – 7.5 dengan kesadahan air berada pada kisaran 1-3 dh (Rennald, 2007).

Berikut sebagian warna dari cupang hias :


Solid Color
Solid color atau warna tegas, pada umumnya warna solid dikelompokan berdasarkan warna yang paling dominan pada fisiknya. Ikan yang biasa disebut solid color oleh pecinta cupang hias adalah ikan yang memiliki warna dominan namun masih memiliki warna lain pada fisiknya. Contoh Solid Color :
Red Solid

Steel Blue

Coper

Ligth Purple




Intense Color
Intense color atau warna dasar, Ikan yang tergolong intense color adalah ikan yang hanya memiliki satu warna pada fisiknya. tidak ada toleransi warna lain walau hanya setitik saja. Contoh Intense color :
Royal Blue

Super Red

Pure Orange

White Opaque

Platinum

Pure Gold

Pure Purple

Intense Green

Intense Yellow




Combination Color
Combination Color atau warna kombinasi adalah ikan yang memiliki warna kombinasi atau lebih dari satu warna. Warna kombinasi terbagi menjadi beberapa kelompok. Butterfly, Marble, Lavender, Fancy dan sebagainya. Saya akan coba mejabarkan kelompok kombinasi sesuai pengethauan dan pengalaman saya. Jadi jika ada sebagian yang salah jangan diemoticon-Blue Guy Bata (L)

  • Mustard Gas

Warna mustard gas adalah warna gabungan antara warna gelap pada body dan warna kuning pada fin atau sirip. Warna gelap tersebut adalah warna hijau, biru, abu, hitam dan cooper.

Spoiler


  • Butterfly

Warna butterfly mudah dikenali dari garis putih atau pun transparan pada bagian luar sirip. Jika ada warna solid yang memutus atau keluar hingga ujung sirip, ikan tersebut diluar kategori batterfly.

Butterfly


  • Marble

Marble adalah warna gabungan antara satu atau dua warna yang dominan diseluruh fisik ikan.

Marble


  • Dalmatian

Warna Dalmatian sama halnya dengan warna pada anjing dalmatian. Warna solid dengan bintik-bintik tak beraturan. Namun pada cupang hias, warna tidak hanya hitam dan putih saja, namun warna lain juga tersedia. Sebenarnya warna dalmatian masih masuk dalam kategori marble.

Dalmatian


  • Fancy

Warna fancy pada cupang hias adalah campuran tiga atau lebih warna yang terdapat pada kesuluruhan fisik fancy. Fancy sendiri masih masuk dalam keluarga Marble. Ciri-ciri fancy yang paling menonjol adalah kepalanya yang dapat berwarna merah, orange, kuning, atau krem dan memiliki sisih dragon. keunikan ikan fancy adalah warnanya yang selalu bermutasi atau berubah-ubah.

Fancy



  • Lavender

Warna lavender sama seperti halnya warna Butterfly. Yang membedakan antara Lavender dengan Butterfly adalahpada warna solidnya. Warna solid Lavender lebih ditekankan pada warna ungu.

Lavender


Cambodian (Maskot)
Warna dari cambodian dilihat berdasarkan gabungan dari warna dasar pada ikan, Warna dasar dari cambodian adalah krem.
Ligth Blue Cambodian

Blue Cambodian

Red Cambodian

Yellow Cambodian

Aphace

Green Cambodian

Black Cambodian


Sekian dulu gan.... ane ngantuk... sebenernya masih pengen ngebahas banyak warna lagi... tapi mata dah tinggal 5 watt... emoticon-Sorry

tolong emoticon-Rate 5 Star ya gan biar threadnya gak tenggelam
Salam cupang mania
nanti kalo ane ada waktu luang.... ane update lagi deh....


emoticon-Shakehand2

NEXT UPDATE

Keragaman Sisik Cupang Hias



Regards,
Gen Betta


mantep gan... cupang hias nya
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
30-07-2017 22:22
waktu sd suka miara cupang, sekarang udh ngga emoticon-Ngakak
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
25-03-2018 22:08
Gan update lagi dong, biar makin nambah rame dunia percupangan emoticon-Big Grin
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
10-06-2018 05:31
mantap betull
0 0
0
Keaneka Ragaman Cupang Hias (Hoby)
14-09-2018 07:32
mantap keren bangey
0 0
0
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia