c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Apa itu, Bayam Malabar ??




Hi kawan, pastinya kamu sudah tahu bukan apa itu bayam, ya bayam sayuran yang sering di makan oleh sang popeye dalam kisah kartun zaman dahulu.

Tapi kalau dari warna bayam dapat dilihat ada yang berwarna merah dan hijau, namun semuanya tetap di bilang bayam, bilamana kita buat sayur bayam kedua bayam ini daunnya pasti terkesan layu.

Tapi tahukah kalian apa itu Bayam Malabar ?? Nah dari namanya saja pastinya asing bukan di telinga. Yuk kita kulik lebih jauh tentang bayam ini ya kawan.

Sebenarnya bayam ini bukanlah bayam sejati, hanya bentuknya saja yang mirip tapi pertumbuhannya beda dengan bayam biasanya.



Bayam Malabar ini memang unik ia mempunyai nama latin Basella (alba:hijau /rubra:merah) adalah sayuran berdaun hijau, dan memang populer tumbuh di daerah tropis. Umumnya ditanam sebagai tanaman hias di halaman belakang, atau di depan rumah.

Karena tanaman ini memang berbeda dari bayam yang biasanya (Spinacia oleracea), karena pertumbuhan tanaman ini merambat seperti tanaman anggur, dan daunnya mengkilap, lebar, berwarna hijau tua, tebal, dan mucilaginous (bertekstur kenyal/elastis). Tanaman ini bisa juga dutemukan di beberapa daerah beriklim tropis dan subtropis Amerika, Australia dan Eropa.

Nah menurut penelitian bayam malabar sendiri termasuk dalam keluarga basellaceae dan memiliki dua kultivar, Basella alba, yang menampilkan batang dan daun yang berwarna hijau, dan Basella rubra dengan batang keunguan. Bahkan tanaman ini pun banyak mempunyai nama tergantung daerah dan negaranya, seperti bayam ini juga disebut Ceylonspinach, Malabarspinach, saan choy (Cina), mong toi (Vietnam), alugbati (Filipina), pui saag (Bengali), remayong (Melayu), dll.



Bayam ini asli Asia selatan, asalnya dari daerah tropis monsoonmakan dari Malabar Pantai India dan Sri Lanka, maka itu disini di namakan Bayam Malabar. Dengan tumbuhnya yang merambat bayam ini semakin baik bila di lestarikan pada tempat dengan iklim panas dan lembab, serta tanah yang subur untuk perkembangannya. Cara tanam biasanya bijinya ditabur langsung untuk penanaman, atau ada juga dengan sistem stek batang sepanjang 20 cm, dan hal ini lebih disukai para petani, agar pertumbuhan semakin cepat. Kemudian untuk tempat merambatnya, tanaman ini membutuhkan teralis agar penyebaran rambat yang lebih cepat.



Bayam ini memiliki bunga yang kecil berwarna putih atau putih-merah muda tergantung pada spesiesnya, sedangkan bayam inipun berdaun tebal, berdaging, lebar, daun oval berbentuk hati, maka kalau disayur daun bayam ini tidak layu seperti daun bayam pada umumnya.

Nah setelah tahu apa itu Bayam Malabar, sekarang kita lihat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Bayam ini ternyata sangat rendah kalori dan lemak (100 g daun mentah menyediakan hanya 19 kalori). Meskipun rendah kalori bayam ini termasuk kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Daun segar, terutama dari Basella rubra(bayam Malabar merah) , merupakan sumber yang mengandung beberapa senyawa penting karotenoid pigmen anti-oksidan seperti ß-karoten, lutein, zeaxanthin.

Tak hanya itu, senyawa tersebut bertindak sebagai penangkal terhadap radikal bebas. Selanjutnya, bayam malabar merupakan sumber yang baik dari mineral seperti kalium (11% dari RDA / 100 g), mangan (32% dari RDA / 100 g), kalsium, magnesium, dan tembaga.

Mangan dan tembaga yang digunakan oleh tubuh sebagai salah satu faktor bayam ini penting untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.



Bayam ini pun biasa di sajikan dalam bentuk tumis, dan sayur bayam pada umumnya, bahkan konsumsi bayam ini secara teratur juga dapat mencegah osteoporosis (kelemahan tulang), anemia karena defisiensi besi. Selain itu, diyakini untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker usus besar.

Ternyata bayam yang unik ini banyak keuntungannya ya kawan, semoga saja artikel ini dapat membuka wawasan kita..

Monggo seruupuutt dolo gan..

emoticon-coffee

By c4punk@2018

Referensi

https://gardening.id/tanaman-bayam-malabar/



0
38.6K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.