others
Batal
link has been copied
125
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53cd510ade2cf285568b46c9/kenapa-bahasa-ngapak-kita-jadi-bahan-tertawaan-gan
Udah Lama ane nyimpen unek - unek ini gan , merasa di diskriminasikan di kota saya tinggal . gak tau harus di curhati di mana , makanya ane beraniin bikin postingan di blog pribadi ane , berhubung blog ane gak banyak pembaca dan pengunjungnya , jadi ane bikin thread di mari aja . maap buat momod kalo ane salah kamar atau melanggar peraturan . langsun aja gan saya copas aja dari blog ane gimana cur
Lapor Hansip
22-07-2014 00:42

Kenapa Bahasa Ngapak kita Jadi Bahan Tertawaan Gan ?

Udah Lama ane nyimpen unek - unek ini gan , merasa di diskriminasikandi kota saya tinggal . gak tau harus di curhati di mana , makanya ane beraniin bikin postingan di blog pribadi ane , berhubung blog ane gak banyak pembaca dan pengunjungnya , jadi ane bikin thread di mari aja . maap buat momod kalo ane salah kamar atau melanggar peraturan .


langsun aja gan saya copas aja dari blog ane gimana curhatan ane .


pendahuluan :


Ngapak adalah dialek yang di gunakan di wilayah barat Jawa Tengah dan memiliki logat yang berbeda dengan bahasa jawa pada umumnya , ini di karenakan bahasa Ngapak Banyumasan masih terkait erat dengan bahasa jawa kuno Atau kawi . bahasa Ngapak terkenal dengan bicaranya yang khas , dialek ini kemudian di kenal dengan dialek Ngapak Banyumasan .

Kenapa Bahasa Ngapak kita Jadi Bahan Tertawaan Gan ?

Seorang ahli bahasa Belanda, E.M. Uhlenbeck, mengelompokan dialek-dialek yang dipergunakan di wilayah barat dari Jawa Tengah sebagai kelompok (rumpun) bahasa Jawa bagian barat (Banyumasan, Tegalan, Cirebonan dan Banten Utara). Kelompok lainnya adalah bahasa Jawa bagian Tengah (Surakarta, Yogyakarta, Semarang dll) dan kelompok bahasa Jawa bagian Timur.

Dibandingkan dengan Bahasa Jawa (Yogyakarta atau Surakarta) dialek Banyumasan banyak sekali bedanya. Perbedaan yang utama yakni akhiran 'a' tetap diucapkan 'a' bukan 'o'. Jadi jika di Solo orang makan 'sego' (nasi), di wilayah Banyumasan orang makan 'sega'. Selain itu, kata-kata yang berakhiran huruf mati dibaca penuh, misalnya enak oleh dialek lain bunyinya "ena" sedangkan dalam dialek Banyumasan dibaca "enak"dengan suara huruf 'k' yang jelas, itulah sebabnya bahasa Banyumasan dikenal dengan bahasa Ngapak atau Ngapak-ngapak. dan dialek banyumasan digunakan oleh Masyarakat Sekitar Banyumas ( Banyumas , Purbalingga , Banjarnegara , Cilacap , Kebumen , Tegal , Brebes , Pemalang , Pekalongan , Slawi , Wonosobo ) bahkan sebagian kosakata Ngapak juga di pakai di wilayah Banten Utara dan Cirebon.

Pokok Masalah


tulah sekilas tentang pengertian tentang Dialek ngapak , dialek Banyumasan yang saya gunakan. karena saya Juga Berasal dari Banyumas , kota kelahiran saya dan tempat saya di besarkan . lalu kenapa saya tiba-tiba menulis artikel tentang bahasa daerah saya? itu karena kecintaan saya terhadap daerah tempat saya berasal dan sebagai sarana untuk mengeluarkan unek-unek saya karena gak sedikit dari mereka yang menganggap bahasa kita adalah bahasa "Aneh" dan gak sedikit dari mereka menertawkan bahasa kita. saya merasa sedikit bingung ketika saya bertemu dengan orang yang menertawakan saya dengan bahasa yang saya gunakan. padahal saya gak sedang melawak atau membicarakan sesuatu yang lucu . kenapa mereka tertawa ? apanya yang lucu? terusterang saya agak tersinggung dan agak sedikit marah . yang jadi pertanyaan kenapa mereka gak tertawa saat orang betawi bicara dengan logat kental betawinya? kenapa mereka tidak terpingkal-pingkal saat orang sunda bicara ngomong dengan bahasa sundanya? kenapa mereka gak tertawa ketika mereka mendengar orang Amerika bebicara dengan bahasa English ? kenapa mereka tidak tertawa saat mereka mendengar orang jepang ngomong dengan bahasa mereka? tapi saat kita (orang Ngapak) berbicara dengan bahasa sehari-hari kita mereka seperti layaknya sedang menonton serial komedi di TV. menurut saya pribaadi ini adalah suatu tindakan diskriminasi dan saya pantas untuk marah. ini hanya bahasa , dimana disetiap daerah punya ciri khas masing-masing.

apa salah bahasa kami sehingga kami di diskriminasikan? kami hanya ingin berbicara dengan bahasa kami , karena kami cinta dengan daerah asal kami. kami tidak pernah menertawakan anda yang bebahasa selain bahasa kami , dan kami menghargai dan tidak menganggap bahasa kalian aneh. walaupun bahasa kami terdengar kasar dan keras tapi itu hanya sebuah dialek , sama seperti orang ambon dengan dialek mereka , sama seperti orang batak dengan dialek mereka. lalu apaa yang salah dengan dialek ngapak kita? seharusnya kita saling menghormati karena indonesia itu adalah negara kaya akan budaya bangsa , termasu kaya akan bahasa. dan ngapak adalah satu dari ribuan dialek yang di miliki bangsa kita . apakah kita (orang ngapak) harus merdeka dan mendirikan negara sendiri dengan bahasa ngapak sebagai bahasa nasionalnya baru kami bisa sejajar dengan bahasa daerah lain?

suatu kejadian aneh saya alami saat saya di kenalkan dengan seorang cewek di rumah teman saya , saat itu dia baru datang kerumah teman saya dan kebetulan saat dia datang saya dan teman saya sedang ngobrol dengan bahasa ngapak karena teman saya berasal dari purworejo dan dia bisa berbahasa ngapak meskipun menurut saya bahasany agak sedikit "maksa". secara tidak langsung dia mendengar dialek saya yang sangat kental ngapaknya dan setelah saya di kenalkan dengan cewek tersebut dan kita saling add friend di salah satu situs jejaring sosial saya sempat membaca status dia yang berbunyi kurang lebih "mas nya ganteng , tapi kok bicaranya ngapak???" sontak emosi saya terbakar dan langsung detik itu juga saya "block" dia . dan untungnya saya juga gak tertarik sama dia sebelumnya. saya pikir kalau pun ada cewek secantik apapun cowok sekeren apapun kalo asalnya dari BARLINGMASCAKEB dan sekitarnya pasti mereka itu bicara dengan bahasa ngapak. lalu salah juga yah kalo orang yang berbahasa ngapak punya wajah cantik atau ganteng? itu sama sekali tidak masuk akal di kepala saya .

jangan melihat buku dari sampulnya , jangan melihat orang dari tampilannya . dan jangan menilai orang dari bahasanya . kita sama-sama makhluk tuhan yang DIA ciptakan dengan segala perbedaan. kita punya ciri khas dan kita punya semboyan BERSATU KITA KOMPAK , BICARA KITA NGAPAK . ORA NGAPAK ORA KEPENAK , ORA NGAPAK DUPAK. jadi salahkah jika saya berbicara ngapak ??


Sumber Blog Saya
emoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Pleaseemoticon-No Sara Please


,
komen terpilih
Diubah oleh tendszoneblog
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 7
Kenapa Bahasa Ngapak kita Jadi Bahan Tertawaan Gan ?
12-03-2018 06:24
emang lucu gan malah seneng ane bisa ngakak guling2. emoticon-Big Grin kaya temen kuliah ane emoticon-Big Grin logat matraman kediri jg ada.. lucu banget ane aja terpingkal-pingkal emoticon-Ngakak
0 0
0
Kenapa Bahasa Ngapak kita Jadi Bahan Tertawaan Gan ?
21-03-2018 01:12
Nah itu yang aku bingung gan, padahal ya ngga aneh2 bgt koh yah, tapi deneng pada gemuyu yah gan,
0 0
0
Kenapa Bahasa Ngapak kita Jadi Bahan Tertawaan Gan ?
21-03-2018 01:48
gpp lah mas bro... jd identitas daerah...
0 0
0
Kenapa Bahasa Ngapak kita Jadi Bahan Tertawaan Gan ?
22-03-2018 07:45
ikut tertawa dulu gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Kenapa Bahasa Ngapak kita Jadi Bahan Tertawaan Gan ?
22-03-2018 22:37
emoticon-Wakaka

iya ta emoticon-Hammer2
0 0
0
Kenapa Bahasa Ngapak kita Jadi Bahan Tertawaan Gan ?
23-05-2018 12:49
rapapa gan malah dadi ibadahe gawe wong bungah
0 0
0
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia