• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Cuma Tutut, ini Deretan Olahan Keong Super Lezat dari Berbagai Negara

wenyindAvatar border
TS
wenyind
Bukan Cuma Tutut, ini Deretan Olahan Keong Super Lezat dari Berbagai Negara


SPORTOURISM -Keong tidak semuanya beracun. Hewan ini juga banyak yang mengonsumsinya. Di Jawa Barat misalnya, ada tutut yaitu keong sawah. Biasa, diolah dengan bumbu kuning, sehingga rasanya nikmat dan segar.

Ternyata, di beberapa daerah lainnya pun terdapat masakan serupa yang berbahan dasar keong. Bahkan, beberapa sajian berikut ini jadi makanan cukup berkelas, lho di negaranya. Apa saja?

Escargot



Escargot, olahan keong satu ini berasal dari Prancis. Biasanya, dijadikan hidangan pembuka sebelum menyantap makanan lainnya. Dalam bahasa Prancis, escargot berarti siput. Hewan ini paling popular diolah dengan nama Escargots ala Bourguignonne. Bumbu yang dibutuhkannya adalah perteseli, bawag merah, bawang putih, dan menggunakan sedikit campuran alkohol.

Ginataang Kuhol



Olahan keong satu ini berasal dari Filipina, dengan cita rasa pedas. Ginataang Kuhol menggunaan jahe dan santan sebagai kuahnya, warna cokelat mirip karena berasal dari keongnya. Keong yang digunakan untuk masakan ini adalan menggunakan keong emas.

Snail Stew



Selanjutnya ada Snail Stew atau semur siput, berasal dari Nigeria. Ukuran siputnya sagat besar, kemudian keluarkan dagingnya dari cangkang dipotong-potong dan dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, bumbu kari, lada bubuk dan tomat.

Babbouche



Lalu ada Babbouche yang berasal dari Maroko. Sebelumnya, keong ini direbus terlebih dahulu dalam kuah kaldu yang memiliki rasa sedikit manis. Yakni terbuat dari akar manis, thyme, lada, daun mint dan getah akasia. Sahabat Sporto jika berkunjung negara ini, bisa mendapatkannya di pedagang kaki lima. Karena makanan ini termasuk street food dari Timur Tengah.

0
11.8K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.