Kaskus

Hobby

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nafisa599Avatar border
TS
nafisa599
Cara Mengurangi Mata Minus
  Ada cara agar minus mata benar-benar tidak bertambah lagi, yaitu dengan operasi lasik. Dengan lasik, bukan hanya menghentikan penambahan minus pada mata Anda, tapi juga menyembuhkan minus, sehingga mata Anda dapat melihat secara normal. Akan tetapi, harga yang dibutuhkan untuk melakukan lasik tergolong cukup ‘mewah’, bisa mencapai Rp 20 juta. Maka dari itu, Saya akan berbagi tips cara-cara mengurangi minus pada mata Anda. 

1. Gunakan kacamata sesuai kebutuhan
 Menggunakan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan Anda merupakan cara yang paling tepat agar minus tidak bertambah. Periksakan mata Anda ke rumah sakit, lalu buatlah kacamata sesuai dengan jumlah minus mata Anda. Jika Anda aktif menggunakan handphone atau komputer, sebaiknya gunakan kacamata dengan lensa anti radiasi. Selain minus, Anda juga sebaiknya memeriksakan silindris pada mata Anda, karena silindris juga sangat berpengaruh besar dalam penglihatan Anda.
 
2. Hilangkan kebiasaan buruk membaca terlalu dekat
 Mungkin secara tidak sadar Anda sering menunduk dan melihat handphone atau buku dengan jarak yang sangat dekat dengan mata, atau mungkin Anda membaca sambil tiduran atau dengan posisi duduk yang tidak benar, sehingga minus pada mata Anda dapat bertambah secara signifikan. Biasakanlah untuk membaca atau menonton dari jarak yang aman dan dengan posisi tubuh yang tegap. Layar ponsel, televisi, atau komputer pun bisa sedikit diredupkan atau hidupkan reader mode. 

3. Istirahatkan kontak mata dengan komputer
 Jika Anda adalah seseorang yang terbiasa bekerja dengan komputer, luangkanlah waktu minimal setiap dua puluh lima menit sekali untuk beranjak dari tempat duduk Anda. Mengistirahatkan mata, selain ditujukan untuk mengistirahatkan mata Anda, juga untuk menggerakkan badan Anda agar tidak kaku. Sambil mengistirahatkan mata, Anda dapat mengambil air minum, pergi ke kamar mandi, mengambil camilan, melihat-lihat pemandangan dari jendela, atau menghirup udara segar.

 4. Gunakan lilin Ada satu tips unik, yaitu dengan melakukan terapi lilin. 
Caranya cukup mudah! Siapkan sebuah lilin dan korek api atau geretan. Tahap selanjutnya adalah, Anda nyalakan lilin tersebut dan simpan di depan Anda. Tataplah lilin tersebut tanpa banyak berkedip hingga air mata mengalir dengan sendirinya dari mata Anda. Perlu diingat untuk tidak melakukan terapi ini terlalu lama. Jika air mata Anda sudah mengalir, hentikan terapi saat itu juga..

 5. Lakukan latihan simpel ini untuk mata Anda!
 Jangan gunakan kacamata saat dirasa kurang diperlukan, misalnya saat Anda berada di dalam rumah atau saat Anda tidak sedang bekerja. Kemudian, latihlah mata Anda dengan melihat suatu benda atau objek yang jauh seperti sawah, bukit, laut, dan tempat-tempat yang memiliki sudut pandang jauh lainnya tanpa menggunakan kacamata. Anda juga dapat melatih mata Anda dengan melihat benda yang bergerak, seperti orang-orang, kendaraan, atau mainan. Perhatikan setiap gerakan benda itu, fokuskan pandangan Anda hingga bayangan yang Anda lihat utuh dan tidak kabur/berbayang.  

 6. Konsumsi sawi putih dan seledri
 Alternatif pengobatan mata minus dengan herbal lainnya adalah dengan mengonsumsi sawi putih dan seledri. Kedua sayuran itu mengandung antioksidan dan vitamin A yang dapat membantu Anda mengurangi mata minus. Cara pengolahannya, kedua sayuran itu bisa dibuat menjadi jus. 

7. Menyembuhkan mata minus ala india dengan Triphala
 Triphala adalah tumbuhan yang berasal dari negara India. Triphala dipercaya dapat menguatkan otot-otot mata. Cara menggunakannya yaitu dengan membersihkan mata dengan air yang sudah dicampur herbal Triphala. Selain bermanfaat sebagai penguat otot mata, Triphala juga dapat mengobati iritasi mata merah. Sekiranya itulah ciri-ciri minus mata bertambah dan beberapa cara mengurangi dan mengobatinya yang dapat Bacaterus rangkum untuk para pembaca. Semoga bermanfaat.

0
1.2K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
KASKUS Official
24.9KThread11KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.