Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
212
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aab0f5b96bde62a5a8b4567/merokok-seperlunya-saja
Hari Senin kemarin saya sama sekali tidak ada ide untuk menulis, mungkin karena intensitas pekerjaan sedang cukup banyak. Di kantorpun teman-teman dari bagian pemeliharaan sedang sibuk melakukan perbaikan agar sistem kelistrikan di kota tempat saya tinggal kembali normal.
Lapor Hansip
16-03-2018 07:27

Merokok Seperlunya Saja

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Quote:
Hari Senin kemarin saya sama sekali tidak ada ide untuk menulis, mungkin karena intensitas pekerjaan sedang cukup banyak. Di kantorpun teman-teman dari bagian pemeliharaan sedang sibuk melakukan perbaikan agar sistem kelistrikan di kota tempat saya tinggal kembali normal. Bagi saya yang baru aktif menulis, salah satu kendala dalam menulis adalah menemukan ide untuk dituangkan dalam tulisan, apalagi jika sepulang kantor badan sudah terasa lelah dan perut sudah terisi oleh makan malam, finishingnya adalah tinggal tidur berharap mimpi indah untuk menyongsong esok supaya hari lebih menyenangkan.

Dari pagi cuaca sudah amat mendung dan sempat hujan deras, curah hujan memang sedang tidak bersahabat, bulan Maret di sini masih cukup sering disapa oleh hujan lebat. Bahkan tahun lalu, saya merasa saya tidak menemukan musim kemarau, hujan sepanjang tahun dari awal hingga akhir, bahkan hingga sekarang pada saat saya menulis hujan lebat menemani saya. Hujan selalu akrab dengan mie rebus, kopi, dan rokok. Iya rokok, mungkin bagi kalian semua kebanyakan sangat akrab dengan barang yang satu ini, tidak hanya untuk kaum adam namun tak jarang juga wanita membutuhkan barang yang terbuat dari tembakau ini.
Merokok Seperlunya Saja





Quote:Rokok Bukan Sekedar Pelarian

Banyak alasan kenapa orang-orang membutuhkan orang, mulai dari karena sudah terbiasa sampai untuk menghilangkan stress. Hal ini juga berlaku untuk saya, yap betul, saya juga termasuk ke dalam perokok aktif. Saya mulai kenal rokok dari zaman saya kuliah di semester tiga, tidak ada yang mengajari saya merokok, saya hanya mencoba dan mulai mahir merokok dengan sendirinya. Alasan yang menurut saya sepele, karena stress kuliah dengan tugas yang seabrek dan kegiatan di luar kuliah yang mengharuskan saya mengajar privat mulai anak SD sampai SMA, masalah finansial yang sering orang Indonesia harus hadapi kebanyakan.

Saat itu bagi saya merokok hanyalah sekedar pelarian, sugesti untuk mencari solusi dari masalah yang saya hadapi. Lagi-lagi itu hanyalah sugesti dan pelarian, dengan merokok sebenarnya tidak akan pernah memecahkan masalah, yang saya dapatkan rasa tenang dan nyaman yang mungkin juga karena sugesti dari diri saya sendiri. Masalah adalah hal yang harus dihadapi, menghindar hanyalah menunda waktu, memperpanjang nafas untuk kita yang tidak mau atau takut menghadapi kehidupan. Bahkan jika kita sedang tidak beruntung, dalam masa pelarian, akan timbul masalah baru. Ah, itu hanya kata si penulis, bocah ingusan yang baru kemarin sore tidak tahu apa-apa tentang hidup. Mungkin anggapan itu tidak sepenuhnya salah, setiap orang mempunyai cara sendiri dalam menghadapi masalah.

Merokok Seperlunya Saja

Pada saat saya kuliah dan banyak masalah atau sedang lelah, rokok adalah solusi jitu saya untuk membuat saya lebih tenang dan berpikir lebih jernih untuk berusaha tidak mengeluh. Nasib anak rantau kebanyakan yang jauh dari orang tua akan berpikir bahwa melempar masalah ke orang tua hanya akan memberikan beban dan membuat beliau khawatir. Bagi saya sendiri, menghabiskan dua sampai tiga batang rokok sudah lebih dari cukup untuk memberikan rasa lebih tenang ketika saya mendapatkan masalah. Dari dulu memang  merokok tidak saya jadikan kegiatan yang wajib, hanya ketika saya membutuhkan saya pasti akan mencarinya (tentu saya juga berkeluh kesah dengan tuhan, namun dalam tulisan kali ini saya tidak akan membahas masalah agama).

Saya memang bisa dibilang kecanduan dengan rokok, setiap ada masalah saya selalu mencarinya walau cukup dengan dua sampai tiga batang, setelah itu sisanya hanya akan diam di meja kosan sampai si empunya membutuhkannya lagi. 




Quote:Ketika Berhenti Merokok Bukanlah Sebuah Pilihan

Jujur saya tidak termasuk dengan orang yang dapat terpengaruh dengan lingkungan saya, dapat dengan mudah ikut dengan trendsetter yang sedang in. Saat saya kuliah, saya memutuskan merokok bukan karena teman sekosan saya merokok, teman sekosan saya tidak ada yang merokok. Setelah pindah kosan dan memutuskan untuk hidup bersama dua teman saya dalam satu atap kontrakan juga saya tetap merokok walau mereka berdua tidak ada yang merokok. Saya merokok juga bukan karena teman kuliah saya yang suka merokok, mereka memang menjadikan kegiatan merokok sebagai hobi ketika di kantin. Namun saat itu saya hanyalah mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang yang jarang nongkrong, alhasil saya lebih memilih merokok sendiri di kosan atau rumah kontrakan. Bagi saya merokok sendiri adalah kenikmatan tersendiri, rasanya lebih bebas dibanding merokok di depan umum.

Merokok Seperlunya Saja

Saat saya kuliah di semester delapan menuju Sembilan saya sudah mulai menjauh dari rokok, saya lebih terfokus ke kegiatan skripsi dan berjualan bersama dengan teman saya. Pertengahan tahun 2014 saya bisa dibilang vakum dari kegiatan merokok demi masuk ke perusahaan tempat saya bekerja sekarang. Bahkan saya rela jogging tiap pagi sejauh hampir tiga kilometer hanya untuk memastikan nantinya saya bisa lolos di tes kesehatan yang menjadi momok kebanyakan peserta tes.
Saya bisa dibilang vakum dari rokok mulai dari tahun 2015 sampai 2017, waktu yang mungkin bisa dibilang cukup lama. Namun di 2017 pertengahan saya akhirnya menyerah dan mulai menikmati lagi kegiatan yang sudah saya tinggalkan sampai sekarang. Dengan porsi yang sedikit berbeda, satu bungkus rokok untuk satu minggu. Jika rokok yang saya konsumsi berisi 20, maka rata-rata saya menghisap dua rokok dalam satu hari, kecuali weekend karena saya libur mungkin saya bisa mengkonsumsi sampai tiga batang.



Quote:Membatasi Merokok

Saya merasa harus membatasi diri dari merokok yang berlebihan karena ada dua alasan, finansial dan ketergantungan. Masalah pertama jelas, ketika saya harus menghabiskan satu bungkus rokok satu hari, maka saya akan bisa mengeluarkan uang hingga enam ratus ribu sebulan dari gaji saya, jumlah yang saya rasa cukup besar. Alasan kedua, ketergantungan, seperti dalam menjalani hubungan yang belum jelas nanti ujungnya seperti apa seharusnya saya tidak perlu terlalu sayang, karena bisa saja hubungan itu berakhir kapanpun. Walau sepertinya analoginya kurang pas, ketergantungan adalah hal yang kurang baik.

Merokok Seperlunya Saja

Ada satu alasan lagi sebenernya yang pasti menjadi kontroversi, bahkan untuk diri saya sendiri. Alasan kesehatan, bagi saya yang belum bekeluarga, saya tidak merasa ada yang perlu dikhawatirkan.  Bahkan kejadian yang aneh tapi nyata, ketika saya tidak merokok atau sempat vakum merokok pada saat saya mau menghadapi sidang skripsi saya harus jatuh sakit typhus. Begitu juga saat saya kerja dan saya tidak merokok, hampir bisa dipastikan saya pasti akan sakit dalam satu bulan. Kejadian aneh tapi nyata, semenjak saya menjadi perokok aktif lagi, saya berangsur jarang sakit. Mungkin ini hanya sugesti, jangan jadikan hidup saya sebagai acuan atau pembenaran bagi kalian yang sudah ketergantungan dengan rokok. Berbeda kondisi ketika nanti mungkin saya akan berkeluarga dan mempunyai anak, saya pasti akan berpikir dua sampai tiga kali apakah saya akan melanjutkan kegiatan ini, bukan untuk kesehatan saya, tapi kesehatan anak saya nantinya (mulai dari dia ada di kandungan, bahkan jauh sebelum itu, ketika saya sudah mempunyai istri).

Merokok Seperlunya Saja

Faktor kebiasaan dan tidak adanya kegiatan adalah faktor kunci mengapa orang kecanduan merokok. Bagi saya sendiri, dua hal tersebut sudah mulai harus saya hilangkan, saya mencari kegiatan yang lebih bermanfaat ketika saya sedang tidak ada kegiatan seperti menulis atau bermain futsal bersama teman.  Kadang saya juga membaca artikel, bermain game console atau handphone, menonton film, atau menonton youtube. Faktor kebiasaan juga pasti masih bisa dirubah, kemauan dari diri sendiri untuk berubah adalah kuncinya. Jangan pernah terpengaruh dengan kondisi lingkungan sekitar kita, ambil yang baiknya saja, jangan hanya karena teman kita merokok kita jadi terpengaruh untuk ikut-ikutan merokok.




Quote:Walau berhenti merokok bukanlah pilihan , merokoklah seperlunya saja.




Quote:sumber ide tulisan dari pengalaman saya sendiri
sumber gambar dari google
ditulis selasa sore diiringi derasnya hujan, 13 Maret 2018





Quote:

Mampir gan ke blog ane yaa gan Blog Curhat Ane terimakasihh
Diubah oleh dragonfly1212
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 11
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 12:46
Quote:Original Posted By goonerettekw2
Semoga sukses gan emoticon-Matabelo
Cheerrrsss


Bahkan disini ekke dapat walik emoticon-Embarrassment
Off dulu deh emoticon-Ngacir
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 12:47
Quote:Original Posted By goonerettekw2


Semoga sukses gan emoticon-Matabelo
Cheerrrsss


siappp makasi bro emoticon-Matabelo
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 12:48
gw juga kalo lagi suntuk baru rokok an
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 12:50
Quote:Original Posted By caken
Naek motor ngrokok, abu disentil kena mata pengendara belakangnya, puntung dibuang di jalan.
Ditegur malah ngajak duel, dengan dalih melanggar hak asasi dia untuk ngerokok.


emoticon-Mad
Pernah nih ane kena bara api rokok pas naik motor. Mata pedih banget gila, malah lagi di jalan besar ga ada trotoar buat berhenti.
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 12:58
Ane ngerokok 1 hari 2 bungkus gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:03
Quote:Original Posted By caken
Naek motor ngrokok, abu disentil kena mata pengendara belakangnya, puntung dibuang di jalan.
Ditegur malah ngajak duel, dengan dalih melanggar hak asasi dia untuk ngerokok.


Ya, begitulah, Gan emoticon-Cape d... (S)
Berlindung di balik "hak asasi", tapi mereka sendiri mencuri hak asasi orang lain.
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:04
emang perlu ya merokok...??😂
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:09
Gak suka ngerokok gan, gak bisa caranya emoticon-Big Grin




KPP832
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:09
Quote:Original Posted By goonerettekw2


Km masih nubie aja
Ke EF yuk emoticon-Malu


Katanya irvine gak boleh dipake buat godain orang emoticon-Wink
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:09
kalo ane sih nge vape gan emoticon-Cool
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:10
merokok membuat awet muda.Pasti
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:16
Merokok...miras and drugs semua emang paling enak pas kena di jaman kuliah...👍
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:17
wkwkwkw udah pensi sejak lama, terakhir pas awal kuliah, kira2 hampir 4 tahun yg lalu

ya kalo niat berhenti sih pasti bisa bray, ane sama TS sih cuma pelarian dll, ga terlalu aktif, maka dari itu bisa berhenti lama dengan mudah



emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:17
gue perokok berat, susah berentiny bre
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:18
Belum pernah ngerokok dari lahiremoticon-Ngakak
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:20
ane dulu bukan perokok. trus ane ikut2an temen ngerokok. tp sempat berhenti ngerokok slama setahunan. stlah itu ngerokok lagi. sekarang libur lg ngerokoknya. dah 2 bulan gak bau asap rokok. memang sulit berhenti ngerokok...
Diubah oleh adeirawanp
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:25
pengennya sambil minum...wkwkwkwkw
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:26
alhamdulillah saya bukan perokok lagi
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:32
Smoga ane bisa berhenti merokok :belumtidur
0 0
0
Merokok Seperlunya Saja
19-03-2018 13:33
sebungkus sehari ane bre. abis baca ni trit dan mau berusaha ngurangin bre.
0 0
0
Halaman 7 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia