thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Hal yang Paling Dikangenin Saat Naik Kereta Ekonomi

Foto: Wikipedia

Komuter Jabodetabek sejati pasti pernah naik KRL ekonomi!

Naik kereta ekonomi ini jadi salah satu kenangan saya waktu jaman kuliah. Demi menghemat uang jajan, saya rela berjejalan naik kereta ekonomi non-AC yang cuma ada di jam-jam tertentu. Dari Manggarai ke Depok, saya hanya perlu bayar Rp1500,- sangat jauh dibanding tiket commuter line di harga Rp7000,- sekali jalan. 1 tiket comuter line bisa untuk 2 hari PP naik kereta ekonomi. Hemat banget kan?

Selain faktor harga tiket murah yang bikin saya bisa makan dan belanja online lebih banyak pas jaman kuliah, ada beberapa hal yang bikin saya (lumayan) kangen dengan KRL ekonomi non-AC. Kalau kata anak jaman sekarang, benci tapi rindu gitu.

Makan jajan di atas kereta


Foto: Flickr

Ibu saya selalu bahagia ketika saya pulang membawa berbagai jajanan dan makanan yang sering saya jumpai di atas KRL ekonomi. Mulai dari buah-buahan, cangcimen (kacang kuaci permen), dan favorit saya, tahu Sumedang yang didorong (nggak lupa lontongnya). Seinget saya, saya pernah beli salak, apel, mangga, duku dan bahkan melon + semangka. Kadang saya suka geli sendiri, kok bisa ya saya nenteng-nenteng melon besar gitu di kereta sampai ke rumah? (Untungnya melonnya manis!) Bukan cuma itu, jelang naik-naikan kelas, tukang musiman pun bermunculan; yes jualan buku tulis berbagai merek, plus sampul cokelat dan sampul plastik pun ada. Lengkap. Harga boleh diadu!

Hal-hal di luar logika kadang suka ada di atas KRL ekonomi



KRL itu ibarat harta karun, segalanya ada, bahkan topeng monyet pun ada! Salah satu pengalaman ane adalah ada orang bawa kurungan ayam dan ayamnya, terus ada juga yang bawa ayam warna warni plus burung kecil-kecil yang udah diwarnain juga (mungkin buat dijual) naik KRL ekonomi. Pokoknya macem-macem ada deh!

Banyak pengamen kreatif dan niat


Foto: Kompas Regional

Naik KRL itu harus siap-siap recehan di kantong Gan, bakalan banyak tukang minta-minta berbagai gaya plus pengamen! Tapi meski kadang pengamennya nggak modal, yang cuma nyanyi doang gak pake alat musik, sering kali ada pengamen yang keren dan niat. Pernah pas saya naik ada rombongan pengamen musik lengkap banget alatnya. Dari gitar, organ, harmonika, sampai cello gesek dan biola. Wah udah gitu suara penyanyinya bagus, jadi hiburan LIVE juga kan.

Nggak bakalan kehabisan casing HP


Foto: Rak Minimarket

Jaman dulu kan gonta ganti casing HP itu suatu hal yang bisa meningkatkan gengsi ya. Kalo tiap hari naik KRL ekonomi, pasti banget deh nemu tukang casing HP yang bisa aja nyelip meski kereta penuh. Saya lumayan sering juga beli casing HP di atas kereta, harganya murah terus modelnya macam-macam. Buat sista, selain tukang casing HP, tukang aksesoris rambut kayak jepitan dan kunciran juga selalu bolak balik. Perfect!


Foto: Detik

Meski banyak hal-hal ngangenin, tapi banyak juga hal-hal yang rasanya bikin males buat naik KRL waktu dulu itu. Pertama dari faktor keamanan, KRL ini nggak punya pintu plus banyak copet. Duh urusan copet sih ini kayaknya ladang deh. Udah gitu kalo abis ujan, kadang ada yang bocor, terus lantainya jadi becek lumpur plus bau. Belom lagi banyak yang sering buang sampah sembarangan, nggak ada yang bersihin. Eh kadang ada sih yang tukang minta-minta bawa sapu lidi gitu buat bersihin sampah tapi nggak bersih-bersih amat. Lebih combo lagi, kalo malem ada gerbong yang lampunya mati dan jadi gelap banget. Ngeri abis.

Agan punya pengalaman nggak terlupakan naik KRL ekonomi? Komeng di mari ya!

:welcome

Spoiler for BONUSSSS:


Baca thread ane yang lain di sini
0
20.5K
191
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.