c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Pohon Afrika, Yang Berumur Panjang




Pohon adalah tumbuhan hijau yang membuat banyak manfaat, baik dari fungsi dan kebutuhannya. Bahkan untuk ekosistem pada binatang, adalah tempat bernaung mereka. Tak hanya itu manusia pun sangat membutuhkan jasa sebuah pohon, entah itu untuk penghijauan maupun untuk menanggulangi banjir, dan bencana alam lainnya.



Nah saya kutip dari wikipedia Pohon atau juga pokok ialah tumbuhan yang berkayu, dan terbagi menjadi dua kelompok tumbuhan :

Pertama kelompok pohon berakar tunjang (dikotil) terdiri dari batang pohon merupakan batang utama yang tumbuh tegak tajuk pohon, akar, dan akar tunjang berfungsi untuk memperkokoh berdirinya pohon. Batang pohon merupakan bagian utama pohon, dan menjadi penghubung utama dengan bagian akar sebagai penyerap air, dan mineral, Cabang adalah juga batang, tetapi berukuran lebih kecil dari berfungsi memperluas ruang bagi pertumbuhan daun sehingga mendapat lebih banyak cahaya matahari dan juga menekan tumbuhan pesaing di sekitarnya. Batang dibalut dengan kulit yang melindungi batang dari kerusakan, dan cabang yang lebih kecil ialah ranting, dan daun untuk ber fotosintesis.

Kedua kelompok pohon berakar serabut (monokotil) terdiri dari pohon, akar, pelepah, dan daun, pohon berakar serabut tidak bercabang contoh pohon kelapa.

Sedangkan pohon pisang bukanlah kategori pohon, tapi bahasa sehari-hari yang menyebutkan batang itu menjadi sebuah "pohon".



Tapi yang perlu kalian ketahui ada sebuah pohon yang berumur sangat panjang, umurnya bisa mencapai 150 tahun lebih bila ia tumbuh dengan baik. Tak hanya itu bahkan pohon ini akan berbuah setelah umurnya mencapai 50 tahun.

Pohon ini berasal dari Afrika, yang disebut pohon Baobab namun bila dinegeri ini disebut pohon ki tambleg. Dan umur pohon ini tergolong tua asalanya dari masa kolonial yang ditanam di daerah Subang.

Baobab atau ki tambleg adalah nama umum dari sebuah genus (Adansonia) yang terdiri dari delapan spesies pohon asli Madagaskar, Afrika daratan dan Australia.



Bentuknya yang unik, seakan sejenis sayur "Brokoli" membuat pohon ini layak menjadi pohon hias, mirip seperti bonsai namun berukuran raksasa, tak hanya itu harga untuk bibit pohon ini sangatlah tinggi dan menjadi keuntungan tersendiri untuk petani. Tapi di Afrika sendiri pohon ini banyak tumbuh disana dan menjadi tempat swafoto yang menarik.

Itulah pohon unik yang kini banyak dikembangkan menjadi pohon hias, terutama untuk daerah subang bibit pohon ini dibudidayakan. Bagaimana tanggapanmu kawan ?? Monggo serupuutt dolo.

emoticon-coffee



By c4punk@2018

Referensi

http://baobab-subang.blogspot.co.id/2013/12/ki-tableg-pohon-langka-khas-subang.html?m=1

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pohon



0
35.1K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.