Aboeyy
TS
Aboeyy
Kalo Mau Ngasih Saran, Pahami Dulu ini!


Bang-gas.blogspot.co.id

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah tulisan seorang netizen pada sebuah media online. Inti tulisan itu adalah mengungkapkan kekecewaan dan kekesalannya, karena menurutnya, kritik dan saran yang disampaikannya tidak digubris sama sekali oleh pihak yang bersangkutan. Sampai-sampai ia menuduh pihak tersebut sebagai anti kritik, anti perubahan, otoriter, dan tidak menghargai suara konsumen. Lalu katanya, untuk apa kotak layanan “Kritik dan Saran” yang disediakan, kalau apa yang disampaikan ternyata tak pernah ditanggapi?

Membaca tulisan tersebut, saya jadi berpikir, apakah semua saran dan kritik itu harus ditanggapi dan dituruti? Apakah kritik dan saran itu bersifat memaksakan kehendak?
*******
Jika Agan dan Sista semua juga berpikiran seperti itu, maka sungguh kita telah keliru. Tidak ada perusahaan, lembaga, badan hukum, atau perseorangan yang menolak saran dan kritik yang kita sampaikan. Apalagi kalau mereka sudah menyediakan kotak layanan “Kritik dan Saran”. Bahkan banyak perusahaan menjadi besar dan terus berkembang, karena kritik dan saran dari konsumen. Sebut saja PT. Unil*v*r, perusahaan ini secara khusus menyediakan layanan peduli konsumen melalui “Suara Konsumen” yang bebas pulsa bagi konsumen yang mau memberikan kritik dan saran. Hal ini karena mereka menyadari bahwa suara konsumen itu sangat besar pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen dan kemajuan perusahaan.

Jadi, jika saran dan kritik yang kita sampaikan tidak ditanggapi, itu bukan berarti tidak dihiraukan. Semua yang kita sampaikan pasti mereka baca. Dan jika sempat, pasti mereka balas, setidaknya berisi ucapan terimakasih atas saran dan masukan yang kita berikan.

Namun, apakah saran dan kritik itu pasti mereka laksanakan atau realisasikan? Untuk menjawab ini, perlu kita pahami dulu sifat dari kritik dan saran yang kita sampaikan, serta prosedur sebuah perusahaan untuk menerapkan sebuah kebijakan.


1. Kritik dan Saran Harus Logis


Intisari.grid.id

Sebelum memberikan kritik dan saran, perhatikan bahwa isinya itu untuk kebaikan dan kemajuan perusahaan dan semua konsumen. Jangan hanya untuk sepihak saja, misalnya demi keuntungan bagi sekelompok konsumen saja, atau bagi perusahaan saja.

Kemudian paparkan dengan uraian yang jelas dan logis, disertai dengan fakta-fakta yang kredibel. Jelaskan pula kelebihan dan kekurangan dari apa yang disarankan itu. Dan jangan lupa, sampaikan dengan bahasa yang halus dan sopan, sehingga tidak terkesan menggurui dan memaksakan kehendak.


2. Kritik dan Saran akan Diuji

Jika syarat nomor 1 di atas sudah terpenuhi, kemungkinan besar saran dan kritik Anda akan segera ditanggapi. Apa yang Anda sampaikan akan ditelaah lebih dalam. Jika berdasarkan hasil studi / kajian tersebut, saran Anda layak untuk direalisasikan, itu pun tidak langsung bisa diterapkan. Akan diadakan pengujian terlebih dahulu terhadap efektivitas dan efesiensinya. Pengujian ini tentu memelukan waktu berbulan-bulan, tergantung materinya. Misalnya kita menyarankan penggantian tawas dengan kaporit untuk membersihkan air, maka akan diuji kemampuan kaporit membersihkan air, serta besarnya biaya yang dikeluarkan, bila dibandingkan dengan tawas.


3. Realisasi Kritik dan Saran akan Dibahas

Jika berdasarkan hasil kajian dan uji coba memang terbukti lebih baik, maka isi saran itu pun tidak bisa langsung diterapkan. Hasil itu akan dibawa ke dalam Rapat Pimpinan, Direksi, Komisaris, dan atau Pemegang Saham perusahaan tersebut. Di sana akan dipaparkan dasar pemikiran, dan hasil uji coba. Lalu keputusan akan diserahkan kepada peserta rapat. Jika sebagian besar tidak menyetujui, ya apa boleh buat, saran dan kritik itu tetap tak bisa diterapkan dalam kebijakan perusahaan tersebut.
*****
Nah, dengan demikian, sebuah kritik dan saran memerlukan waktu yang lama untuk bisa direalisasikan. Jadi tidak serta merta, begitu diterima langsung bisa diterapkan. So, bersabarlah! Jangan menjadikan “kritik dan saran” sebagai upaya pemaksaan kehendak pribadi. Yang jelas, saran kita tetap mereka harapkan.
*****
Opini pribadi.

Quote:
Diubah oleh Aboeyy 15-11-2019 05:25
0
8K
59
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.