• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Lebih Dari 700 Kali Digilir Tetap Tegar, Apa Rahasia Pheasant Island?

no.erAvatar border
TS
no.er
Lebih Dari 700 Kali Digilir Tetap Tegar, Apa Rahasia Pheasant Island?

Setiap orang selalu ingin memiliki secara penuh apapun itu, tapi apa daya kalau dilsin pihsk tak menyambut dengan tangan terbuka apa yang kita inginkan. Apalagi para jomblo ngenes (Jones) yang merana karena terlalu berharap hingga rela digilir cinta, sakitnya tuh disini kalau bertepuk sebelah tangan. Pengennya tuh hajar pemiliknya yang sekarang, ya ngak gan and sis?
Ehhh malah curhat, tapi di thread ini ada hubungannya sih. Jadi ayo pada belajar tegar meskipun sedang digilir cinta, seperti pulau cantik ini yang tetap tegar berdiri tak bergeming. Padahal sudah lebih dari 3,5 abad digilir oleh dua negara akibat letaknya berada tepat di garis perbatasan. Padahal perbatasan menjadi penentu wilayah kedaulatan sebuah negara. Sehingga tak dapat dipungkiri lagi, hal ini menjadi masalah klasik pemicu konflik berkepanjangan bahkan tak jarang menjadi perang terbuka.

Pulau cantik ini bernama Pheasant Island, letak pulau ini tepat di tengah sungai Bodasia. Sungai Bodasia sendiri menjadi batas negara antara Perancis dan Spanyol. Keberadaannya sulit ditentukan menjadi wilayah kedaulatan negara yang mana, sehingga selalu diperebutkan siapa yang paling berhak memiliki sekaligus menjaga gengsi. Tak khayal terjadi perang di pulau cantik ini.
Konflik memperebutkan pulau Pheasant terjadi hingga 30 tahun, sebelum kedua negara membuat sebuah kesepakatan damai di bulan Juni 1659. Sebagai simbol perdamaian dilakukan pernikahan antara kedua pewaris kerajaan yang memimpin 2 negara. Pernikahan itu dijalani oleh Raja Perancis Louis XIV dengan Theresa putri dari Raja Spanyol Philippe IV.
Kesepakatan 2 negara tersebut isinya membuat pulau cantik menawan ini harus digilir cinta tiap 6 bulan sekali. Biasanya untuk memperoleh keadilan kita cenderung membagi sesuatu menjadi sama besar supaya seimbang. Namun tidak dengan pulau Pheasant, ia tidak dibagi melainkan semua bagian dimiliki bersama atau menjadi sebuah condominium.
Dengan kerelaan Pheasant Island di jadikan condominium membuatnya menjadi sebuah kenangan terindah yang tak terlupakan dalam sejarah, sebagai condominium tertua dan paling mini di dunia. Bahkan ada yang lebih unik, karena hak milik Pheasant Island tidak berlaku dalam periode yang sama. Sedangkan di beberapa negara lain sebuah condominium hak miliknya berlaku dalam waktu yang sama.

Hak milik pulau dalam lingkup yang lebih kecil berada di tangan Walikota Hendaye (Perancis) dan Walikota Irun (Spanyol). Setiap awal bulan februari dan Agustus dilakukan sebuah upacara serah terima kepemilikan (kekuasaan) Pheasant Island. Pada tanggal 1 Februari sampai 31 Agustus menjadi milik Spanyol, sedangkan tanggal 1 Agustus sampai 31 Januari menjadi milik Perancis. Bisa kalian bayangkan bagaimana capeknya digilir sejak tahun 1659 sampai sekarang, jika dihitung sudah lebih dari 700 kali. Tapi pulau pheasan tetap tegar menerima semua giliran tersebut, karena ia akan selalu menjadi kenangan terindah sepanjang sejarah.
Bahkan lebih trenyuh lagi saat mengetahui fakta bahwa ia hanya menjadi saksi bisu pertemuan pasangan para pewaris kedua kerajaan. Seperti tahun 1615 Raja Perancis Louis XIII bertemu dengan istrinya Anna dari keturunan kerajaan Spanyol. Bahkan disaat yang sama adiknya Anna yaitu Philip IV bertemu dengan istrinya Elisabeth yang tidak lain adalah adik dari Raja Perancis Louis XIII.

Cantiknya pulau Pheasant tak dapak dinikmati dari dekat oleh para wisatawan, sebab ditetapkan sebagai tempat terlarang bagi turis. Para turis dapat menikmati keindahan pulau dari sebrang sungai, jika ingin lebih jelas bisa menaiki gedung tinggi di sekitarnya. Bahkan warga sekitarpun tidak diperbolehkan menghuninya, sehingga satu-satunya penghuni pulau ini hanya sebuah monumen perdamaian. Kebesaran hati Pheasant Island tak berhenti disitu, dari awalnya yang memiliki luas sekitar 1,6 hektar kini menyusut sampai kurang dari satu hektar akibat faktor alam. Apakah tak coba dilindungi pulau yang dengan tegarnya menjadi kenangan terindah kedua pihak yang menggilirnya? Entahlah, yang pasti Pheasant Island tetap selalu tegar menjadi bagian dari perjalanan mereka.
Bagaimana para Jones yang mengalami pahitnya digilir cinta, siapkah kalian setegar Pheasant Island mengahadapi kenyataan yang ada?
Quote:


Referensi:
hype.idntimes.com/viral
pixnio.com
cosmotales.com
sebagai newbe kritik dan saran untuk thread slalu ane harapkan. semoga bermanfaat jangan lupa emoticon-Rate 5 Star atau kasihemoticon-Cendol Gan ane ngak pernah nolak gan and sisemoticon-2 Jempol.
0
20.9K
181
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.