gurusejarahAvatar border
TS
gurusejarah
Korps kebanggaan Ratu Belanda, Marsose
Assalamualaikum WR WB





dalam sebuah kesatuan tentara, lazim dijumpai beberapa unit yang di bentuk untuk tujuan khusus. Pada masa Pemerintah kolonial Belanda di Hindia Belanda, mereka membentuk sebuah kesatuan militer yang bernama KNIL. KNIL adalah kesatuan tentara reguler milik Pemerintah Kolonial Belanda yang bertugas mempertahankan daerah jajahan dari ancaman luar maupun dalam. Tentara KNIL berasal dari berbagai suku bangsa, awalnya Belanda menggunakan tentara bayaran dari Eropa dan Afrika namun pada ahir abad 18 mereka banyak menggunakan tentara dari Ambon dan Jawa. Dalam berbagai kesempatan tentara KNIL juga turut serta dalam peperangan melawan pemberontakan yang dilakukan masyarakat lokal. namun ujian terbesar pasukan KNIL adalah saat mereka melakukan kampanye mereka di Kesultanan Aceh pada tahun 1873.



Tujuan Pemerintah Kolonial Melakukan invasi tersebut adalah untuk mengurangi pengaruh Aceh di semenanjung Sumatra. mereka menganggap Aceh sebagai saingan perdagangan selain itu juga kapal Belanda dilarang untuk berlabuh di pelabuhan kesultanan Aceh. perang Aceh berlangsun 1904. Perang ini merupakan perlawanan paling dahsyat setelah perang Jawa yang merenggut korban jiwa yang sangat besar terutama warga sipil. setelah menyerahnya Aceh pada Januari 1904 pemeritah Belanda masih harus menghadapi serangan gerilyawan diluar wilayah penguasaannya. hal itu beralasan karena Belanda hanya bisa mengontrol kawasan seluas 74 km atau hanya mampu menguasai kota Raja (Keraton) dan Masjid Raya Aceh saja. selain itu, kampanye Belanda di Aceh menyebabkan kerugian sebesar 115 juta florin akibat tidak sebandingnya hasil yang didapat dengan biaya yang dikeluarkan.



untuk tetap mempertahankan wilayah dan menghadapi para gerilyawan dibentuk Korps pasukan khusus atas prakarsa dari Teuku Muhamad Arif, seorang Jaksa Kepala di Kutaraja, Aceh yang setia terhadap Belanda. Ia memberikan usulannya tersebut pada Gubernur Militer Belanda di Aceh, Jenderal van Teijn dan juga kepada Kepala Staf Militer J.B. van Heutsz.akhirnya dibentuk sebuah pasukan elit bernama pasukan Marsose atau dikenal pula dengan sebutan Korps Mareschausse yang didirikan pada tanggal 2 April 1890 dan tercatat dalam sebuah surat keputusan yang ditandatangani Ratu Belanda yang berjudul “Staatsblad Van Nederlandsch Indie”. Korps Marsose adalah sebuah unit-unit tempur kecil infanteri yang memiliki mobilitas tinggi. Pasukan ini tentunya pasukan anti gerilya. Pembentukan pasukan ini tidaklah sulit, tahun 1889,Komando Tentara Belanda di Aceh sudah menyusun dua detasemen pengawalan mobil yang memiliki kemampuan antigerilya. pasukan ini adalah pasukan pilihan dari berbagai kesatuan KNIL baik pribumi maupun Eropa.



Setiap unit Marsose terdiri dari 20 orang dengan dipimpin seorang sersan Belanda yang dibantu seorang kopral pribumi.Setiap pasukan biasanya terdiri dari satu peleton yang terdiri dari 40 orang dan dipimpin seorang Letnan Belanda. Secara keseluruhan, korps Marsose terdiri dari 1.200 orang—dariberbagai bangsa. Pasukan ini, selain dipersenjatai karaben, juga dipersenjatai dengan senjata tradisional seperti klewang, rencong dan sebagainya. mereka memakai seragam warna hijau dengan tanda garis bengkok warna merah pada lengan dan leher terdapat gari merah. Marsose terdiri orang-orang Belanda, Perancis, Swiss, Belgia, Afrika, Ambon, Ambon, Menado, Jawa, juga beberapa orang Nias dan Timor. mereka sebagai pasukan khusus juga memiliki persenjataan khusus antara lain senapan karaben yang pendek dan juga senjata berupa klewang untuk pertempuran jarak dekat. istilah jaman sekarang mereka adalah pasukan kontra gerilya.



selain menghadapi gerilyawan Aceh mereka juga turut andil dalam penumpasan Sisingamangaraja XII, Raja Batak. Sisisngamangaraja berhasil ditembak mati oleh seorang tentara asal Alfuru, Senegal bernama Hamisi. setelah ditumpas, senjata Piso Gaja Dompak, pedang pusaka yang biasa dibawa bertempur oleh Sisingamangaraja XII lalu diserahkan ke Gubernur Jenderal Hindia Belanda sebagai bukti penaklukan. selanjutnya pasukan Marsose ditingkatkan setingkat Brigade. salah satu unit yang terkenal di dalam brigade marsose adalah Kolone Macan yang dipimpin oleh Christoffel. Kolone Macan adalah sekumpulan pasukan marsose yang lebih terlatih dan lebih kejam karena mempraktikan hukuman tembak di tempat. mereka bermarkas di Cimahi yang sebelum diterjunkan menjalani pelatihan supaya lebih efektif dalam melumpuhkan sasaran. mereka diterjunkan di Aceh untuk membasmi gerilyawan. pada Januari 1905 dibawah pimpinan Hans Christoffel, Benteng Manawing diduduki setelah sebelumnya menumpas perlawanan Sultan Muhammad Seman, Sultan Banjar ini tertembak dan dia gugur sebagai kesuma bangsa.



seanjutnya pasca perang Aceh dan penaklukan tanah Batak pasukan Marsose semakin dikenal bahkan namanya sampai ke Eropa. mereka terkenal karena berhasil menaklukan daerah yang sangat sulit untuk ditaklukan oleh pasukan reguler. mereka dikenal karena keuletannya dalam menumpas gerilyawan dan melakukan perang kontra gerilya. bahkan, disebut-sebut pasukan Marsose mendapatkan perhatian khusus dari Ratu Belanda, melalui pemerintah Kolonial Hindia Belanda memberikan Bintang Jasa Militair Willemsorde kelas IV kepada korps Marsose. pada tahun 1930 pasukan Marsose di Indonesia resmi dibubarkan. Belum jelas kemana saja para pasukan ini menyebar.

Tapi, yang pasti mereka benar-benar telah memberikan sejarah kelam dalam dunia militer di Nusantara. Korps ini bukan sembarang korps. Melainkan sebuah tentara bayaran berdarah dingin yang anggotanya merupakan pribumi. Hanya pimpinannya saja yang berdarah Belanda. Keunggulan yang ditawarkan oleh pasukan ini adalah karena mereka pribumi yang dilatih khusus, mereka akan lebih mengenal musih mereka yakni sesama pribumi. Artinya, bisa dikatakan, korps Marsose ini ditugaskan untuk membunuh saudara mereka sendiri. Dengan peralatan canggih di zamannya dan gaji besar, pasukan Marsose dikenal sebagai pasukan elit berdarah dingin

JAS MERAH

Mohon Rate bila berkenan emoticon-Rate 5 Star
Mengharapkan Cendol dan Bata emoticon-Toast
ditunggu komen cerdas dan bijaknya emoticon-Ultah

SUMBER 1
SUMBER 2
SUMBER 3
Diubah oleh gurusejarah 03-03-2018 17:26
rony25
scorpiolama
saputraxx
saputraxx dan 4 lainnya memberi reputasi
5
37.6K
204
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.