alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5aa24c8514088d9b778b4578/sukses-itu-kalau-punya-tambak-udang-gudang-garam-dan-hektaran-sawah
Lapor Hansip
09-03-2018 15:57
SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH
SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH

Ada seorang sosok yang menurut ane bisa dikatakan sukses dan bisa dijadikan panutan ihwal tentang indikator arti kesuksesan. Ini tak lantas pendapat ane pribadi saja, buat warga lain pun ane yakin sekali akan setuju.

Dulu banget, ane lupa tahun berapa tepatnya. Saat itu ane kira-kira bocah kelas 3-4 sekolah dasar, mungkin 98-an. Menurut warga sosok ini dikelola supel, ramah, ulet, ga pelit ilmu dan berbaur. Ane juga meng-aamiin-inya (pikiran bocah jaman dulu yang 'iya aja' deh emoticon-Big Grin)

Geografis daerah ane itu dekat dengan pantai/laut (orang sini nyebutnya: segara)
SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH
credit: perumahanbekasi.com

Jadi tak heran kalau di desa ini dijadikan salah satu sentra penghasil garam selama musim panas dan budidaya udang/ikan tambak selama musim penghujan.

Sosok ini ane kurang tau awalnya gimana, entah udah tajir dari bawaan atau memang dari titik nol. (dari cerita warga sih, dari nol). Beliau (yang ane tau) memiliki lebih dari lima kolam/empang pembesaran budidaya udang windu (udang belang/macan)
SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH
credit: infoikan.com

Yang bisa menghasilkan puluhan kwintal udang windu sekali panen tiap kolamnya
SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH
credit: birdbody.blogspot.com
. Bayangkan saja, setiap hari satu kolam dipanen dengan harga perkilo udang windu saat itu bernilai tinggi dipasaran. Warga sekitar pun ikut dipekerjakan beliau, termasuk bapak ane emoticon-Malu (S)Ya, bapak ane saat itu ikut mengelola mulai dari benih hingga panen raya. Bukan cuma pekerja saja yang bisa menikmati hasil dari udang belang ini, warga lokal juga boleh mengikuti panen tersebut dengan catatan: kolam sudah dipanen oleh pemilik dan pemilik mempersilakan warga untuk mengais, mencari sisa-sisa udang yang tertinggal atau bersembunyi di balik lumpur
SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH
credit: youtube.com
emoticon-Kaskus Radio (ada udang dibalik... Nananana) emoticon-Ngakak

Oke, kita tinggalkan tentang perudangannya. Sekarang beralih ke musim berikutnya yaitu: musim panas (orang sini nyebutnya: ketiga emoticon-Big Grin), entahlah mungkin ada kaitannya dengan angka tiga setelah rendeng (musim penghujan) -> paceklik -> ketiga (musim panas) emoticon-Leh Uga

Kolam-kolam ini beralih fungsi pada selama musim panas, digarap dan dimodifikasi menjadi petak-petak penghasil garam (orang sini nyebutnya: balong emoticon-Big Grin) di tengah dasar kolam
SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH
credit: prfmnews.com
. Karena kolam sangat besar, maka ukuran petaknya pun tak kalah lebar dan banyak (dua kali ukuran balong pada umumnya milik warga sekitar). Dari sini bisa pastikan dengan size XL dapat menghasilkan garam yang lebih banyak pula. O iya, FYI: tiap satu balong dikelola oleh satu pekerja (lagi-lagi masih bapak ane dan bapak-bapak pekerja lainnya yang dikontrak beliau emoticon-Big Grin). Ane juga ikut bantuin, sore setelah pulang sekolah ngangkutin garem kalo panen (orang sini nyebutnya: ngerok; kerok emoticon-Big Grinlucu ya?)
SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH
credit: industri.bisnis.com
. Sistemnya bagi hasil antara pemilik dan pengelola, jadi kalau pengelola hari itu dapat satu ton garam maka harga satu ton itu dibagi dua. Nah, dijualnya kemana? Pengelola menjualnya ke pemilik (merangkap pengepul) dan tidak diperkenankan menjualnya ke pengepul lain. Terus gimana dong harganya? Harganya sama seperti harga pengepul yang lain. Dengan hal ini pekerja/pengelola sangat diuntungkan, selain membuka lapangan pekerjaan juga membantu meningkatkan penghasilan. emoticon-Jempol. Makanya banyak warga lain yang ingin masuk kesitu. Beruntungnya bapak ane emoticon-Malu (S)
Hasil panen ditimbang dan disimpan dalam gudang yang tak jauh dari balong, tujuannya supaya lebih dekat dengan sumber.
SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH
credit: kabarseputarmuria.com


Kita ganti topik lagi, ya? Tapi masih dengan usaha sosok yang sama tentunya emoticon-Jempol

Anggaplah ketiga (musim panas) berakhir, dan sekarang musim penghujan kembali. Beliau juga memiliki hamparan hektar sawah, ada yang khusus untuk padi dan ada lainnya untuk budidaya bawang merah. Sebelumnya ane mohon maaf gansis, karena ane lagi-lagi harus memasukkan bapak ane di sini emoticon-Peace Ya, selain bapak ane ada juga bapak-bapak lain yang (dikontrak) dipercaya untuk mengelola budidaya bawang merah (dengan arahan pemilik tentunya). Sistemnya harian, jadi dibayar per-hari. Selain lebih tinggi, ada saja jajanan (jaburan) yang selalu bisa untuk dibawa pulang.

Yaaah, udah mau abis aja emoticon-Mewek

Sekarang sosok tersebut sudah dipanggil Yang Maha Kuasa beberapa tahun silam, meninggalkan rumah mewah dan segenap usaha. Sampai saat ini usahanya dilanjutkan oleh anak-anaknya, tetapi bedanya usaha budidaya udang windu sudah tak lagi diteruskan dan hanya menyisakan tambak yang dijadikan pundi-pundi garam setiap tahun dan hektaran sawah semusim penghujan.

-TAMAT -

nb : bapak ane sudah ga di situ lagi setelah sepeninggal sang sosok.

Nah, itulah arti sukses menurut ane bersama tokoh inspiratif di desa ane. Ya walaupun arti sukses itu beda-beda menurut tolak ukurnya. Kalo arti sukses menurut agan sista gimana?

Sumber: pemikiran sendiri
Diubah oleh rambutdawa
-1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
09-03-2018 16:08
ente org eretan ya? emoticon-Embarrassment
0
09-03-2018 16:09
ternak lele emoticon-Cool
0
09-03-2018 16:17
Quote:Original Posted By Vandisk
ente org eretan ya? emoticon-Embarrassment


Bukan gan emoticon-Ngakak btw makasih udah komeng. Pertamax pula emoticon-Selamat
0
09-03-2018 16:18
Quote:Original Posted By sapson
ternak lele emoticon-Cool


Itu juga bisa gan untuk mencapai sukses emoticon-shakehand
0
09-03-2018 16:22
Quote:Original Posted By rambutdawa
Bukan gan emoticon-Ngakak btw makasih udah komeng. Pertamax pula emoticon-Selamat


tp daerah pantura kan?
emoticon-Bingung
0
09-03-2018 16:26
Quote:Original Posted By Vandisk


tp daerah pantura kan?
emoticon-Bingung


iya gan, tapi bukan eretan emoticon-Big Grin
0
09-03-2018 16:29
Quote:Original Posted By rambutdawa
iya gan, tapi bukan eretan emoticon-Big Grin


SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH

gpp ane keknya tau kok emoticon-Big Grin
0
09-03-2018 16:30
Quote:Original Posted By rambutdawa


Itu juga bisa gan untuk mencapai sukses emoticon-shakehand


ntap sekali bree emoticon-Cool
0
09-03-2018 16:31
Quote:Original Posted By Vandisk


SUKSES ITU KALAU PUNYA TAMBAK UDANG, GUDANG GARAM dan HEKTARAN SAWAH

gpp ane keknya tau kok emoticon-Big Grin


kalo tau jangan bilang2 ya gan emoticon-Big Grin
0
09-03-2018 16:32
Intinya, orang sukses itu adalah orang yg bisa menghidupi kehidupan org lain..
0
09-03-2018 16:34
Quote:Original Posted By sapson


ntap sekali bree emoticon-Cool


penting halal bre emoticon-Jempol
0
09-03-2018 16:36
Quote:Original Posted By anuku.berdarah
Intinya, orang sukses itu adalah orang yg bisa menghidupi kehidupan org lain..


setuju gan, selain untuk diri sendiri juga untuk orang lain emoticon-thumbsup
0
09-03-2018 16:47
tetap bersyukur emoticon-Malu
0
09-03-2018 17:06
Quote:Original Posted By rindudihati
tetap bersyukur emoticon-Malu


bersyukur apapun pemberian Tuhan emoticon-Jempol, nrimo ing pandum (bener ga ya emoticon-Big Grin)
0
09-03-2018 17:12
Quote:Original Posted By rambutdawa


iya gan, tapi bukan eretan emoticon-Big Grin


itu di daerah pantura ya, ane pas pulkam sering lewat yang daerahnya semerbak banget sampe jalan raya bau amis, bau asin gitu, itu udangnya di olah buat terasi ya?
0
09-03-2018 18:04
Quote:Original Posted By ujang.anto91


itu di daerah pantura ya, ane pas pulkam sering lewat yang daerahnya semerbak banget sampe jalan raya bau amis, bau asin gitu, itu udangnya di olah buat terasi ya?


iya gan di pantura, wah tepatnya di daerah mana ya itu yg bau semerbak emoticon-Big Grin memang ada beberapa titik yg ada bau semerbaknya. Pertama pabrik terasi setelah pintu tol kanci, kedua pasar gebang (pasar ikan) tepat dibawah jalan layang. Sebelum dan setelahnya ga ada, kalo daerah pantura indramayu ane kurang tau gan emoticon-Big Grin
0
09-03-2018 18:24
Ane blom sukses bre
Orang kismin ane emoticon-Berduka (S)
0
09-03-2018 19:28
Quote:Original Posted By mahooham2023
Ane blom sukses bre
Orang kismin ane emoticon-Berduka (S)


jangan patah arang gan, orang kaya belum tentu sukses emoticon-shakehand semangat menjalani hidup jg kesuksesan
0
08-09-2018 09:52
Quote:Original Posted By anuku.berdarah
Intinya, orang sukses itu adalah orang yg bisa menghidupi kehidupan org lain..


emoticon-Cendol Gan
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.