komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Tips Canggih Menabung Untuk Biaya Travelling


Kata sebuah pepatah bijak yang saya kutip intinya saja, travelling ibaratnya sebuah buku. Mereka yang tak pernah pergi kemanapun hanya membaca halaman pertamanya saja. Sayangnya, buku tersebut (baca: travelling) terkadang membutuhkan dana yang tak sedikit. Berwisatanya sih asyik, tapi budgetnya dari mana? Saya rasa itulah kalimat yang paling sering dilontarkan oleh mereka yang menganggap jika travelling itu mahal.

 


Ya, berwisata memang menyenangkan. Namun tentu saja untuk bisa berwisata, membutuhkan dana yang besarnya tentu saja tak sedikit. Pertanyaannya, jika kondisi keuangan termasuk pas-pasan, kira-kira bagaimana ya caranya mengumpulkan dana untuk travelling tanpa harus jaga lilin (u know what I mean lah, haha). Nah, berikut ini beberapa tips jitu menabung untuk berwisata (yang sebetulnya bisa diterapkan juga untuk berbagai tujuan lainnya) yang saya rangkum dari berbagai sumber. Semoga bisa membantu teman-teman yang sedang bingung cara terbaik menabung untuk travelling.


 


1. Tentukan tujuan wisata dan targetnya


 


Daripada melakukan angan-angan yang abstrak (seperti pengen ke Jepang ah), langkah awal menuju mengumpulkan dana untuk travelling dimulai dengan menentukan tujuan wisata yang pasti. Katakan dengan tegas destinasi wisata kalian, dan tentukan target waktunya. Misalnya saja, Saya mau ke Jepang 2 tahun lagi!. Dengan menentukan destinasi wisata yang jelas dan targetnya, akan memudahkan untuk masuk ke langkah selanjutnya. Jangan lupa untuk sekaligus menghitung berapa anggaran kasar yang diperlukan sesuai dengan tipe wisata yang diinginkan (budget/backpacker/dan lain-lain).


 


Tips lain untuk tahap ini, bersikaplah realistis dengan planning wisata kalian yah. Kalau budget masih dimulai dari nol, sebaiknya jangan menetapkan target waktu terlalu dekat (seperti: pergi ke Jepang tahun depan), kecuali siap dengan konsekuensinya yaitu bekerja ekstra keras untuk mengumpulkan dana sesuai target.


 


2. Buat rencana tabungan harian, mingguan, bulanan


 


Coba lihat lagi target waktu wisata kalian. Jika ditarik garis mundur, berapa hari yang tersisa menuju ke hari H? Jika dibuat gambaran budget wisata kasarnya, dan dibagi dengan jumlah hari tersebut, kira-kira berapa rupiah yang harus ditabung per-hari/per-minggu/per-bulan untuk mencapai target budget wisata? Realistis nggak dengan kondisi keuangan saat ini?


 


3. Buat rekening tabungan


 


Setelah menentukan berapa banyak dana yang harus disiapkan, buatlah rekening khusus untuk wisata. Saya menyarankan untuk membuka rekening dengan jumlah setoran tertentu setiap bulannya (semacam tabungan berjangka atau tabunan pendidikan). Tujuannya agar kita terpacu untuk disiplin menabung sejumlah yang dibutuhkan. Alternatif lainnya, bisa juga dengan mengikuti arisan karena prinsip arisan sebetulnya sama saja dengan menabung. Hanya saja, pilih-pilih juga arisannya ya. Jika setiap kali pengocokan nama dilakukan di resto papan atas, yang ada uang tabungan justru tergerus oleh biaya bersosialisasi.


 


4. Cari dana tambahan


 


Gaji atau uang saku nggak mencukupi untuk mengisi tabungan wisata? Mencari pekerjaan tambahan bisa jadi solusi jitu. Coba petakan dulu potensi diri kalian, kira-kira ada yang bisa dijual nggak? Misalnya saja bagi mahasiswa, jika kalian termasuk berprestasi, bisa mencari dana tambahan dengan membuka les privat untuk murid di tingkat bawah (seperti SD/SMP/SMA) atau dengan memberi les pada teman sekelas yang membutuhkan. Atau jika mahir bermain musik, manfaatkan dengan memberikan les musik maupun menjadi band café. Intinya, dimana ada kemauan, disitu ada jalan.


 


5. Ubah gaya hidup dan hemat, hemat, hemat!


 


Coba lihat lagi ke diri sendiri, kira-kira adakah gaya hidup kalian yang bisa dirubah untuk menambah pundi tabungan wisata? Misalnya saja, jika selama ini setiap harinya hobi nongkrong di coffee shop yang telah memiliki jaringan internasional (St*rbuck, maksud saya), coba kurangi intensitasnya atau malah dihentikan sementara waktu. Atau jika sebelumnya hobi pergi ke salon seminggu sekali, coba diubah menjadi 2 minggu sekali. Kalian akan terkejut mengetahui berapa banyak uang yang bisa dikumpulkan dengan berhenti minum beberapa gelas kopi maupun dengan menunda 1-2x kunjungan ke salon.


 


Jika sudah terbiasa dengan penghematan seperti itu, saatnya melangkah ke arah yang lebih ekstrim. Potong semua anggaran yang bisa dipotong! Hentikan layanan TV kabel! Pilih paket internet yang lebih murah, dan anggaplah turunnya kecepatan koneksi sebagai ujian untuk kesabaran. Bawa bekal makan siang dari rumah (sehingga nggak makan siang di restoran)! Tak masalah dibilang pelit asal tabungan wisata cepat penuh.


 


6. Jual barang yang tak terpakai


 


Coba lihat lemari pakaian, atau mungkin isi rumah kalian. Mungkin saja ada harta karun yang bisa dijual untuk menambah pundi tabungan wisata. Gitar tua yang sudah lama tak dimainkan, atau mungkin buku komik lama, mungkin saja bisa menambah isi tabungan kalian sehingga bisa lebih cepat mencapai target.


 


7. Kumpulkan uang receh


 


Walau terlihat sepele, namun uang receh jika dikumpulkan juga bisa menjadi bukit lho. Coba deh siapkan celengan khusus untuk menampung uang hasil kembalian belanja di minimarket, uang kembalian parkir, uang sisa belanja di pasar, dan lain-lain. Dengan konsistensi tingkat dewa, recehan-recehan tersebut suatu waktu bisa menjadi salah satu faktor penambah pundi tabungan wisata.


 


8. Rutin untuk melihat kembali tujuan awal menabung


 


Biasanya, ada kalanya kita merasa jenuh dengan segala aktifitas menabung ini dan akhirnya tergoda untuk mengambil tabungan yang telah terkumpul sedikit demi sedikit. Karenanya, perlu lho sesekali untuk melihat kembali ke tujuan awal mengapa harus mulai tabungan wisata. Coba rutinlah mengumpulkan foto-foto tempat wisata yang ingin dikunjungi dan melihat lagi catatan aktifitas yang ingin dikerjakan. Mudah-mudahan bisa meneguhkan kembali semangat untuk menabung dan tetap konsisten dengan target awal.


 


Semoga bermanfaat! 




0
9.3K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.