News
Batal
KATEGORI
link has been copied
332
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a9f3591c2cb17d72e8b4567/muhammadiyah-menentang-larangan-cadar-di-kampus-uin-yogya
Pelarangan mahasiswi mengenakan cadar di kampus Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga atau UIN Suka Yogyakarta mulai mendapat tentangan. "Pelarangan cadar di kampus ini sesuatu yang sangat dangkal, karena cadar itu kan hanya simbol-simbol saja," kata Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta Azman Latif, di Yogya pada Selasa 6 Maret 2018.
Lapor Hansip
07-03-2018 07:42

Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya

Past Hot Thread
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya


TEMPO.CO, Jakarta - Pelarangan mahasiswi mengenakan cadar di kampus Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga atau UIN Suka Yogyakarta mulai mendapat tentangan. "Pelarangan cadar di kampus ini sesuatu yang sangat dangkal, karena cadar itu kan hanya simbol-simbol saja," kata Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta Azman Latif, di Yogya pada Selasa 6 Maret 2018.

Azman menuturkan penggunaan cadar menurutnya hanya merupakan aktualisasi keyakinan yang bersangkutan atas ajaran agama yang dia pahami. Cara berpakaian ini tak lantas bisa dikaitkan langsung dengan pemahaman agama yang ia dalami apakah sudah benar atau belum.


“Meskipun kampus melarang penggunaan cadar seperti itu, belum tentu menjamin akan menghapus bibit radikalisme maupun intoleransi,” ujarnya.

Menghapus benih radikalisme, ujar Azman, tak bisa menggunakan cara yang sifatnya teknis seperti melarang penggunaan cadar. Melainkan dengan pemahaman pengertian kepada yang bersangkutan yang menyentuh hati dan pikirannya. Bukan soal pakaian yang digunakan.

“Kan bisa saja, di dalam kampus cadar dilepas, di luar dipakai lagi,” ujarnya.

Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama DI Yogyakarta Nizar Ali berpandangan berbeda. “Menurut kami tidak ada masalah pelarangan cadar itu karena kampus memiliki otonomi sebagai perguruan tinggi yang dilindungi undang- undang,” ujarnya.

Nizar juga mengatakan, bahwa pelarangan cadar seperti dalam kampus UIN itu juga merupakan hasil keputusan yang berbasis ijma’ (kesepakatan menetapkan suatu hukum hukum dalam agama berdasarkan Al-Qur'an dan Hadis) di lingkup senat universitas. Keputusan ini menjadi pedoman dalam berperilaku.

“Pelarangan cadar itu sudah sesuai dengan visi misi kampus itu yang mengajarkan Islam moderat sehingga jika ada paham atau simbol yang mengancam eksistensi visi misi tentu tidak diperbolehkan,” ujarnya.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta melarang mahasiswi menggunakan cadar di lingkungan kampus. Rektor UIN Suka Yudian Wahyudi mahasiswi dilarang menggunakan cadar selama aktivitas di kampus.

Ia mengancam akan mengeluarkan mahasiswi yang nekat menggunakan cadar jika sudah tujuh kali diperingatkan dan dibina.

“Ada 41 mahasiswi yang kami data, mereka menggunakan cadar dari berbagai fakuktas di kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta," kata dia, di Yogyakarta, Senin 5 Maret 2018. Mereka dipanggil dan dibina atau diberi konseling soal cadar.

Adapun Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir meminta pihak universitas tak mengganggu hak mahasiswi menggunakan cadar. Nasir menanggapi adanya larangan penggunaan cadar di kampus Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga atau UIN Suka, Yogyakarta.

https://www.google.co.id/amp/s/nasio...mpus-uin-yogya

Kok ada aturan larangan cadar di Indonesia, kalo di eropa atau amerika yg memang pemahaman tentang islam yg kurang, lahh ini di indo,kayak kurang hal yg perlu diatur aja nih,bikin gaduh emoticon-Wakaka
Diubah oleh kaskus.infoforum
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 18
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:33
Quote:Original Posted By slider88


Ini bukan soal cadarnya ini masalah fakta dilapangan karena orang cadar biasanya radikal dan vokal walau sedikit efeknya ke masyarakat bisa meresahkan karena mereka banyak yang radikal orang radikal tuh vokal banget


Gak semua radikal kok

0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:37
Quote:Original Posted By eggydurjana


bego ente terguncang berat
ngoahahaha


Ente yang bego.
Jilbab kewajiban.
Bukan budaya.

Peci hiasan.
Itu baru budaya
Jangan disamain dengan jilbab.


Blog guoblog
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:37
Quote:Original Posted By pnyx



pakai cadar tentunya hak dan harus dihormati
tp di lingkungan sosial atau situasi tertentu , hak kita bisa juga berbenturan dengan hak orang lain
contoh
jangankan cadar, agan pake helm ambil duid di mesin atm aja ga boleh
padahalkan pake helm itu hak agan

begitulah, semua orang punya hak, tp inget ini kita bukan hidup sendiri
hak kita tentu juga ada hak orang lain

hak agan mau menutup wajah, tp hak orang lain juga kalo berbicara menuntut mengenali wajah


klo ane lihat nya semoga pihak UIN juga bijak, kalau dilarang, di awal masuk kuliah sudah diumumkan
sehingga klo ada yg merasa hak nya terampas kalau tidak bercadar tidak masuk ke UIN



Dimana letak Pancasila yg "katanya" menjunjung tinggi HAM. Orang pake cadar aja di larang


0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:41
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya

Semoga pada bisa bahasa inggris ya.
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:41
Quote:Original Posted By AMARTAZ


Gak semua radikal kok



gak semua radikal itu orangnya namun memakai cadar sendiri sudah gaya yang extreme atau radikal buat nutup aurat sulit sekali jauh dari kesan radikal
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:41
Ya masing2 orang aja menurut gw mah emoticon-Traveller
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:41
berilmu dulu baru berucap emoticon-No Sara Please
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:42
Quote:Original Posted By AMARTAZ



Dimana letak Pancasila yg "katanya" menjunjung tinggi HAM. Orang pake cadar aja di larang




lah di indonesia toples atau bikini aja gak boleh dipantai lom bugil darimana hamnya
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:43
Quote:Original Posted By slider88


lah di indonesia toples atau bikini aja gak boleh dipantai lom bugil darimana hamnya


Ente kurang piknik kaya nya
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:44
Quote:Original Posted By AMARTAZ


Ente kurang piknik kaya nya


jangan loe samain ma bali ya. bali mah minoritas
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:46
Klo ga salah dulu cadar digunakan karena disana banyak pasir, gurun, debu, jadi fungsinya untuk menutup hidung mulut dan sekitarnya...

Ga tau deh, mungkin di kampus tsb banyak debu kali emoticon-Hammer

Cmiiw
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:47
Jangan pake cadar lah di universitas. Nanti ada modus ujiannya pake orang lain, khan ngak kenal dosen nya karena cuma keliatan matanya emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:47
“Kan bisa saja, di dalam kampus cadar dilepas, di luar dipakai lagi,” ujarnya.


Lha, bukannya emg yg dilarang itu pas yg dalem kampus yak? emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:47
Larangan Cadar tidak merusak akidah. jadi yaudah.
extreem kiri dan kanan gak perlu ribut emoticon-Smilie
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:48
Quote:Original Posted By AMARTAZ



Dimana letak Pancasila yg "katanya" menjunjung tinggi HAM. Orang pake cadar aja di larang




emang hak semua orang harus dituruti?
klo agan tinggal sendirian ya gpp
moso semuanya harus nurut sama agan
turus klo ga nurut teriak2 mana pancasilais kalian? koq rasis sih? koq ga toleran sih? emoticon-Leh Uga

0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:49
misal gua nih belajar bahasa inggris, gimna lecturer mau tau klo pronounciation mu bener or salah, klo pke cadar
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:49
Quote:Original Posted By human.brain


Kalo mnrt yg pakai cadar itu syar'i dan bagian dari beribadah kpd Allah, gmn..,mau ilangin hak asasi beribadahemoticon-Malu (S)


nah bisa ngomong gitu kan masalah cadar aja...soal pelarangan terhadap sekolah atau pembangunan rumah ibadah agama lain menurut ente ilangin hak azasi beribadah gak ??




0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:49
Quote:Original Posted By slider88


jangan loe samain ma bali ya. bali mah minoritas


Kalo bikini itu jelas di larang karena berbenturan dengan norma. Malah ada undang undang nya. (Porno grafi/porno aksi)
Itu pun di Bali di boleh kan. Karena bikini tidak dianggap merusak norma budaya serempat
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:52
Quote:Original Posted By AMARTAZ


Kalo bikini itu jelas di larang karena berbenturan dengan norma. Malah ada undang undang nya. (Porno grafi/porno aksi)
Itu pun di Bali di boleh kan. Karena bikini tidak dianggap merusak norma budaya serempat


indonesia itu dari dulunya seperti bali semua bahkan toples makanya arca arca semua pakaian indonesia itu gak ada tutup atasnya sejak ada ajaran padang pasir aja jadi anggepan begitu, gimana bisa disebut norma klo melangkahi budaya pribumi?
0 0
0
Muhammadiyah Menentang Larangan Cadar di Kampus UIN Yogya
07-03-2018 14:53
Terlepas dari hak siapapun untuk melarang identitas apapun di Indonesia, seharusnya kembali ke uud 45. Apa perlu diamandemen lagi agar sesuai dengan kepuasaan golongan moderat di Indonesia. Trus kalo ane atheis, mau dilarang juga atas nama moderat bisa khusuk di negeri ini?
0 0
0
Halaman 6 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia