lollipop05Avatar border
TS
lollipop05
Mobil Legendaris dari Indonesia: Kijang "Buaya"
emoticon-Salam KenalWELCOME MY THREADemoticon-Salam Kenal


Ada yang masih ingat sama mobil satu ini enggak? Kalau ya, berarti ente seumuran dengan om ane gan, generasi zaman old. Mobil ini adalah mobil kijang pertama alias mobil generasi pertama dari kijang series hingga kini yang lebih kita kenal dengan sebutan kijang Innova.



Nama Kijang sendiri dikenal sebagai sebuah mobil memang bersejarah. Mobil yang pertama kali diperkenalkan pada 9 Juni 1977. Bentuknya sangat sederhana, masyarakat umum sering menyebut mobil itu dengan "Kijang Buaya".

Kenapa buaya? Ya mungkin karena mobil generasi pertama iniberbentuk kotak dan jika kap mesin yang dapat terbuka penuh, maka kap mesin terbuka mirip dengan buaya yang sedang membuka mulutnya.



Kijang Generasi 1 dengan kode KF10 ini menggunakan mesin tipe 3K berkapasitas 1.200 cc, sama seperti Corolla. Mesin dihubungkan dengan transmisi 4 percepatan.Engsel pintunya tampak dari sisi luar. Kaca spion menempel di bagian depan, bukan di pintu.


Dengan kelir oranye nya, jendela samping mobil ini tidak terbuat dari kaca, melainkan dari terpal dan plastik yang bisa digulung


Kijang Buaya ini mampu di luar perhitungan ternyata mampu merebut hati masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari angka penjualannya yang mencapai 26.806 unit pada masa itu, sehingga diluncurkan generasi selanjutnya. Pada waktu itu, era 1960-1970-an sudah lebih dulu akrab dengan mobil-mobil Eropa yang terkenal tangguh. Awalnya mobil-mobil lansiran Jepang sering dapat cibiran "kaleng kerupuk" itu mampu membetot peminat di Indonesia.


Pada saat itu pula, Toyota Kijang pikap generasi pertama dijual dengan banderol Rp 1.300.000. Artinya, dengan harga tersebut, Toyota Kijang lebih murah Rp 50.000 daripada pikap Suzuki dan lebih murah Rp 350.000 dibanding Mitsubishi Colt T120 pikap.

 


Quote:



Itulah sekilas tentang profil mobil legendaris ini. Share foto boleh lah, bila ente punya boil ini gan. Siapa tahu dulu orang tua ente pernah punya, atau jadi mobil pertama yang mereka beli.



Quote:




KALAO BOLEH 
emoticon-Blue Guy Cendol (L)DAN emoticon-Rate 5 Star
ASAL JANGAN 
emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
35.6K
303
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.