iman.merdeka
TS
iman.merdeka
Peneliti Medsos Sebut MCA Muncul karena Umat Islam Diganggu


jpnn.com, YOGYAKARTA - Pemerhati media sosial dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Iswandi Syahfutra mengatakan, kelompok Muslim Cyber Army (MCA) terbentuk karena didasari identitas religius. Berdasar penelitiannya, kelompok yanggetol menebar hoaks dan ujaran kebencian itu muncul sebagai reaksi lantaran umat Islam diganggu, terutama saat kasus penodaan Alquran oleh Basuki T Purnama alias Ahok.

"Ada identitas religius yang terganggu melalui kasus Almaidah 51, dari situlah MCA muncul. Muslim Cyber Army muncul karena umat Islam sering diganggu" ujar Iswandi seperti diberitakan JawaPos.com, Minggu (4/3).

Hasil penelitian Iswandi juga menepis anggapan bahwa MCA sudah ada bertahun-tahun silam. Sebab, kasus penistaan Alquran yang menyeret Ahok baru ramapi pada 2017.

Hanya saja, Iswandi memang mengalami kendala saat meneliti MCA. Pasalnya, kelompok itu tidak memiliki struktur organisasi sehingga sangat sulit untuk mendapat informasi.

Namun, Iswandi menegaskan bahwa sebagian besar responden penelitiannya mengaku bagian dari MCA. Tapi, responden penelitian Iswandi mengatakan bahwa MCA hanyalah sebutan untuk mengategorikan mereka di medsos.

Selain itu, Iswandi juga menepis tuduhan bahwa MCA terbentuk karena kepentingan politik. "MCA muncul bukan karena panggilan politik," imbuh Iswandi.(sat/JPC)

https://www.jpnn.com/news/peneliti-medsos-sebut-mca-muncul-karena-umat-islam-diganggu

segala kekacauan karena di mulai oleh ahok,
tapi sekarang anjing anjing ingin mengiring menjadi kesalahan umat Islam emoticon-Tai
begitulah dengan fitnah mereka ingin menghancurkan Islam

Islam agama yang lembut, tapi jangan berpikir karena kita lembut, kita berarti pengecut dan akan berdiam diri.
0
3.4K
67
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.