• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 22 Film Dengan Banyak Nominasi Oscar Namun Tidak Memenangkan Satupun Penghargaan

theoneta
TS
theoneta
22 Film Dengan Banyak Nominasi Oscar Namun Tidak Memenangkan Satupun Penghargaan



 
 
 
 

 
Perhelatan Academy Awardske-90 akan kembali di gelar bulan Maret mendatang masing-masing nominasi sudah diumumkan untuk beberapa film terbaik yang rilis di tahun 2017. Ada sebagian film mendapat banyak nominasi Oscar dan ada pula yang hanya mendapat 1 nominasi saja. Film dengan banyak nominasi Oscar tentu saja memiliki kesempatan untuk memenangkan banyak piala Oscar. Tapi apa jadinya jika ada film dengan banyak nominasi Oscar malah tidak memenangkan satupun penghargaan padahal jumlah kategori nominasi yang diberikan lebih dari satu. Berikut daftar film yang masuk nominasi Oscar dengan banyak kategori nominasi namun tidak memenangkan satupun penghargaan Academy Awards.

 

 
 
 
 
 
1.  The Color Purple (1985)



 
Film yang diarahkan oleh sutradara berpengalaman, Steven Spielberg ini diperankan oleh artis-artis ternama hollywood antara lain Whoopi Goldberg, Danny Glover, Oprah Winfrey, dan Margaret Avery.Bersetting di tahun 1900 sampai 1940-an, film ini menceritakan kisah kehidupan Cellie sebagai pembantu di rumahnya sendiri namun digambarkan dengan sangat bagus, hingga Cellie bertemu beberapa orang yang bersedia membantunya seperti Sofie dan Shug.
 
Film ini bukan bercerita tentang kehidupan orang negro yang ditindas oleh orang kulit putih, melainkan perjuangan seorang wanita negro untuk memperoleh kebebasan di rumahnya sendiri. Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Alice Walker ini berhasil meraih 1 Golden Globe untuk kategori Pemeran Aktris Film Terbaik kepada Whoopi Goldberg. Sedangkan untuk Academy Awards film berdurasi 2 jam lebih ini mendapatkan 11 nominasi Oscar antara lain :
 
1. Film Terbaik untuk diberikan kepada Steven Spielberg, Kathleen Kennedy, Frank Marshall dan Quincy Jones,
2. Aktris Pemeran Utama Terbaik untuk Whoopi Goldberg,
3. Aktris Pendukung Terbaik untuk Margaret Avery,
4. Aktris dengan Peran Pendukung Terbaik untuk Oprah Winfrey,
5. Penulis Naskah Film Adaptasi Terbaik untuk Menno Meyjes,
6. Sinematografi Terbaik untuk Allen Daviau,
7. Pengaturan Seni dan Dekorasi Terbaik untuk J. Michael Riva, Bo Welch, dan Linda DeScenna,
8. Perancang Busana Terbaik untuk Aggie Guerard Rodgers,
9. Musik Orisinil Film Terbaik untuk Quincy Jones, Rod Temperton, Lionel Richie untuk Lagu "Miss Celie's Blues (Sister)".
10.Musik Latar Orisinil Terbaik untuk Quincy Jones, Jeremy Lubbock, Rod Temperton, Caiphus Semenya, Andraé Crouch, Chris Boardman, Jorge  Calandrelli, Joel Rosenbaum, Fred Steiner, Jack Hayes, Jerry Hey, dan Randy Kerber,
11.Perias Artis Film Terbaik untuk Ken Chase.
 
Film The Color Purple dengan 11 nominasi tadinya diperkirakan akan membawa pulang banyak piala Oscar akan tetapi ketika penghargaan Academy Awards di gelar tahun 1986, Film ini tidak memenangkan satupun kategori nominasi.


 



 
 
 

2.  The Turning Point (1977)




 

Film The Turning Point terinsipirasi dari kisah nyata dari beberapa teman sutradara, Herbert Ross dan mantan istrinya yang merupakan seorang balerina, Nora Kaye. Mereka dikaruniai empat anak. Naskah film ini ditulis oleh Arthur Laurents. Film The Turning Point sukses memenangkan 2 penghargaan Golden Globeuntuk kategori Film Drama Terbaik, dan Sutradara Film Terbaik untuk sutradara Herbert Ross.
 
Mengantongi kemenangan dalam penghargaan Golden Globe, film ini mendapat 11 Nominasi Academy Awards. Kategori nominasi yang berhasil diraih oleh film ini antara lain :
 
1. Film Terbaik
untuk Herbert Ross Arthur Laurents,
2. Aktris Pemeran Utama Terbaik
untuk Anne Bancroft,
3. Aktris Pemeran Utama Terbaik
untuk Shirley MacLaine,
4. Aktor Pemeran Pendukung Terbaik
untuk Mikhail Baryshnikov,
5. Aktris dengan Peran Pendukung Terbaik
untuk Leslie Browne,
6. Penulis Naskah Film Adaptasi Terbaik
untuk Arthur Laurents,
7. Sinematografi Terbaik
untuk Robert Surtees,
8. Pengaturan Seni dan Dekorasi Terbaik
untuk Albert Brenner dan Marvin March,
9. Penata Suara Terbaik
untuk Theodore Soderberg, Paul Wells, dan Douglas O. Williams,
10.Sutradara Terbaik
untuk Sutradara Herbert Ross,
11.Editor Film Terbaik
untuk William Reynolds.
 
Film dengan durasi 2 jam ini tidak memenangkan satupun piala Academy Awards
dari 11 kategori nominasi yang diterimanya.


 



 
 
 

3. Gangs of New York (2002)




 

Berlatar keadaan di tahun 1800an, New York masih belum menjadi kota yang bersahabat seperti sekarang ini. New York dulunya adalah kota yang brutal dan ganas. Sering terjadi pertikaian disana. Pada tahun 1846 terjadi perang antar kelompok. Di wilayah Five Pointsterjadi perang antara penduduk asli Amerika yang menamakan dirinya "The Natives" yang dipimpin oleh William "Bill Sang Penjagal" (diperankan oleh Daniel Day-Lewis) melawan kelompok pendatang asal Irlandia yang dipimpin oleh Pendeta Vallon (Liam Neeson). Setelah melalui pertumpahan darah, Bill Sang Penjagal berhasil menghabisi Vallon. Tragisnya, hal itu terjadi didepan putra Vallon, Amsterdam. Amsterdam kemudian diasuh di panti asuhan. Setelah 16 tahun, Amsterdam yang telah dewasa (diperankan oleh Leonardo DiCaprio) kembali ke New York. Tujuannya adalah membunuh Bill. Tapi ia mendapati banyak anak buah yang dulu merupakan bawahan ayahnya malah menjadi pelayan dan bawahan Bill. Amsterdam lalu meminta bantuan kerabat lamanya Johnny untuk menyelinap dan menjadi anak buah Bill. Amsterdam lalu menjadi orang kepercayaan Bill sambil menunggu kesempatan untuk membunuh Bill. Selain itu, Amsterdam ternyata sedang menjalin hubungan dengan seorang pencopet wanita bernama Jenny Everdeane diperankan oleh Cameron Diaz yang ternyata juga mempunyai kedekatan dengan Bill.
 
 
Film Gangs of New York arahan sutradara Martin Scorsese berhasil memenangkan 2 piala Golden Globe untuk kategori Sutradara Film Terbaik untuk Martin Scorsese, dan Lagu Orisinil Film Terbaik untuk Bono, The Edge, Adam Clayton, Larry Mullen Jr. dengan lagu yang berjudul "The Hands That Built America".
 
Berlanjut ke ajang penghargaan Oscar, film Gangs of New York meraih 10 nominasi, dengan kategori sebagai berikut :
1. Film Terbaik untuk Alberto Grimaldi dan Harvey Weinstein,
2. Aktor Pemeran Utama Terbaik untuk Daniel Day-Lewis,
3. Perancang Busana Terbaik untuk Sandy Powell,
4. Lagu Orisinil Film Terbaik untuk Bono, The Edge, Adam Clayton, Larry Mullen Jr. dengan lagu
yang berjudul "The Hands That Built America".
5. Penulis Naskah Film Orisinil Terbaik untuk Jay Cocks, Steven Zaillian, dan Kenneth Lonergan,
6. Sinematografi Terbaik untuk Michael Ballhaus,
7. Pengaturan Seni dan Dekorasi Terbaik untuk Dante Ferretti dan Francesca Lo Schiavo,
8. Penata Suara Terbaik untuk Tom Fleischman, Eugene Gearty, dan Ivan Sharrock,
9. Sutradara Terbaik untuk Sutradara Martin Scorsese,
10.Editor Film Terbaik untuk Thelma Schoonmaker.
 
10 nominasi tidak membuat film arahan sutradara Martin Scorsese berhasil membawa satupun piala Oscar dari sekian banyaknya kategori nominasi yang diterima.


 



 
 
 

4. True Grit (2010)




 

Film True Grit diadaptasi dari novelberjudul sama True Grit. Sebelumnya pada tahun 1969 "True Grit" pernah dibuat filmnya. Lagi-lagi arahan Coen Bersaudara berhasil menyatukan pemeran tokoh yang menarik dalam film ini. 2 aktor yang sebelumnya pernah sekali bekerja sama dengan mereka, Jeff Bridges dan Josh Brolin berperan dalam film ini. Selain mereka berdua, Matt Damon ikut meramaikan daftar aktor ternama yang membintangi film ini. Seorang aktris muda, Hailee Steinfeld juga turut ambil bagian dalam perannya. Film ini bercerita tentang Mattie Ross yang menyimpan dendam terhadap Tom Chaney seorang pria yang telah membunuh ayahnya. Hal itu membuat gadis yang baru berusia 14 tahun tersebut berniat untuk mencari sang pembunuh, hidup atau mati. Mattie lalu mencari orang yang bisa membantunya mencari Chaney. Pilihan jatuh kepada seorang Marinir Amerika bernama Rooster Cogburn. Rooster merupakan tentara yang unik berumur tua, suka tidur, dan mabuk-mabukkan akhirnya menerima pekerjaan ini lalu mereka berdua mulai melakukan perjalanan mencari Tom Chaney. Ditengah perjalanan mereka bertemu dengan seorang Ksatria Texas bernama LaBoeuf yang ternyata juga mencari Chaney karena terlibat kasus pembunuhan di Texas. Walaupun sering berbeda argumen, akhirnya mereka bertiga justru berjalan bersama untuk mencari Chaney.
 
Film True Grit sama sekali tidak mendapat nominasi Golden Globe. Namun, bukan berarti film ini tidak mendapatkan nominasi untuk Academy Awards. Terbukti dengan 10 nominasi yang diterimanya, kategori nominasi untuk film True Grit (2010) antara lain:
 
1. Film Terbaik untuk Ethan Coen, Joel Coen, dan Scott Rudin,
2. Aktor Pemeran Utama Terbaik untuk Jeff Bridges,
3. Perancang Busana Terbaik untuk Mary Zophres,
4. Aktris Pemeran Pendukung Terbaik untuk Hailee Steinfeld,
5. Penulis Naskah Film Adaptasi Terbaik untuk Joel Coen dan Ethan Coen,
6. Sinematografi Terbaik untuk Roger Deakins,
7. Pengaturan Seni dan Dekorasi Terbaik untuk Jess Gonchor dan Nancy Haigh,
8. Penata Suara Terbaik untuk Skip Lievsay, Craig Berkey, dan Greg Orloff, dan Peter F. Kurland,
9. Sutradara Terbaik untuk Ethan Coen dan Joel Coen,
10.Editor Suara Terbaik untuk Skip Lievsay dan Craig Berkey.
 
Film True Grit menyusul film Gangs of New York yang sama-sama mendapat 10 nominasi Oscar namun tidak memenangkan satupun penghargaan Oscar.


 



 
 
 
 

5. American Hustle (2013)




 

Film American Hustle Terinspirasi dari operasi FBI “Abscam” pada tahun 1970an, American Hustle berkisah tentang sepasang penipu, Irving Rosenfeld yang diperankan oleh Christian Baledan Sydney Prosser Amy Adams yang sukses besar setelah menipu banyak orang agar memberi uang muka sebesar 5000 dolar untuk uang pinjaman yang tidak pernah ada dan membeli lukisan-lukisan palsu yang mereka pasang dengan harga mahal. Tapi sepak terjang Irving dan Sydney ini tercium oleh seorang agen FBI, Richie DiMaso  yang diperankan oleh Bradley Cooper, dengan maksud menggunakan bantuan mereka untuk menipu para pejabat korup agar masuk dalam jebakannya. Sebagai imbalan, nama Irving dan Sydney akan dibersihkan dari catatan kriminal dan semua kasus penipuan yang telah mereka lakukan dianggap tidak ada. Namun rencana Richie ini tidak berjalan lancar ketika jebakan yang telah dibuatnya ternyata menarik perhatian para mafia kelas kakap yang telah berteman akrab dengan para pejabat korup.
 
Film arahan sutradara David O. Russel ini berhasil memenangkan 3 piala Golden Globe setelah Film American Hustle menjadi Film Drama Komedi Musikal Terbaik, Amy Adams yang memenangkan Kategori Aktris Pemeran Utama Terbaik dan Jennifer Lawrence memenangkan Kategori Aktris Pemeran Pendukung Terbaik. Keberhasilan film ini sepertinya berlanjut setelah mendapatkan  10 nominasi untuk ajang penghargaan Academy Awards. Kategori yang diperoleh antara lain :
 
1. Film Terbaik untuk Charles Roven, Richard Suckle, Megan Ellison dan Jonathan Gordon,
2. Aktor Pemeran Utama Terbaik untuk Christian Bale,
3. Perancang Busana Terbaik untuk Michael Wilkinson,
4. Aktris Pemeran Pendukung Terbaik untuk Jennifer Lawrence,
5. Penulis Naskah Film Orisinil Terbaik untuk Eric Warren Singer dan David O. Russell,
6. Aktor dengan Pemeran Pendukung Terbaik untuk Bradley Cooper,
7. Pengaturan Seni dan Dekorasi Terbaik untuk Judy Becker dan Heather Loeffler,
8. Aktris Pemeran UtamaTerbaik untuk Amy Adams,
9. Sutradara Terbaik untuk David O. Russell,
10.Editor Film Terbaik untuk Jay Cassidy, Crispin Struthers, dan Alan Baumgarten.
 
Film American Hustle menyusul Film Gangs of New York dan Film True Grit yang tidak berhasil memenangkan Piala Academy Awards meski mendapatkan 10 kategori nominasi.


 



 
 
 

6. The Remains of the Day (1993)




 

The Remains of the Day adalah sebuah film drama campuran Inggris-Amerika tahun 1993 yang diadaptasi dari noveltahun 1989 berjudul sama karya Kazuo Ishiguro. Film The Remains of The Day diarahkan oleh Sutradara James Ivory dan diproduksi oleh Ismail Merchant, Mike Nichols dan John Calley. Film ini diperankan oleh Aktor berpengalaman Anthony Hopkins sebagai Stevens dan Aktris Emma Thompson sebagai Nona Kenton bersama dengan James Fox, Christopher Reeve, Hugh Grant dan Ben Chaplin.
 
Film ini mendapat 5 nominasi Golden Globe dan 8 Nominasi Penghargaan Oscar. Delapan kategori nominasi Oscar yang diperoleh antara lain :
 
1. Film Terbaik untuk Mike Nichols, John Calley, dan Ismail Merchant,
2. Aktor Pemeran Utama Terbaik untuk Anthony Hopkins,
3. Perancang Busana Terbaik untuk Jenny Beavan dan John Bright,
4. Musik Orisinil Film Terbaik untuk Richard Robbins,
5. Penulis Naskah Film Adaptasi Terbaik untuk Ruth Prawer Jhabvala,
6. Pengaturan Seni dan Dekorasi Terbaik untuk Luciana Arrighi dan Ian Whittaker,
7. Aktris Pemeran UtamaTerbaik untuk Emma Thompson,
8. Sutradara Terbaik untuk James Ivory.
 
5 nominasi Golden Globe dan 8 Nominasi Penghargaan Oscar hanyalah sekedar nominasi yang melekat pada film ini, karena baik penghargaan Golden Globe maupun Academy Awards, film ini hanya mendapat banyak nominasi namun tidak memenangkan satupun kategori yang dinominasikan.


 



 
 
 

7.  The Elephant Man (1980)




 

The Elephant Man adalah film adaptasi dari novelThe Elephant Man and Other Reminiscences  dan The Elephant Man: A Study in Human Dignity. Kisah yang diangkat berdasarkan kisah nyata tentang seorang pria bernama Joseph Merrick yang memiliki kelainan fisik dimana kepalanya mempunyai bentuk yang menyerupai seekor gajah sehingga disebut Si Manusia Gajah. Perolehan pendapatan dari penayangan film ini meraih kesuksesan sekitar lebih dari 26 juta dolar dari modal produksi filmnya yang hanya 5 juta dolar dan menjadi film David Lynch yang paling untung hingga kini.
 
Mendapat 4 nominasi Golden Globe, film The Elephant Man justru lebih banyak lagi meraih nominasi Oscar yakni 8 kategori nominasi antara lain :
 
1. Film Terbaik untuk Jonathan engasr,
2. Aktor Pemeran Utama Terbaik untuk John Hurt,
3. Perancang Busana Terbaik untuk Patricia Norris,
4. Editor Film Terbaik untuk Anne V. Coates,
5. Penulis Naskah Film Adaptasi Terbaik untuk Christopher De Vore, Eric Bergren dan David Lynch,
6. Pengaturan Seni dan Dekorasi Terbaik untuk Stuart Craig, Robert Cartwright, dan Hugh Scaife,
7. Musik Scoring Terbaik untuk John Morris,
8. Sutradara Terbaik untuk David Lynch.
 
Film arahan sutradara David Lynch ini tidak memenangkan satupun penghargaan dari nominasi yang diperolehnya, baik itu dalam penghargaan Golden Globe maupun dalam perhelatan Academy Awards.


 

HOT THREAD #24


Diubah oleh theoneta 22-03-2018 19:53
abram945joselitob3polychromos
polychromos dan 14 lainnya memberi reputasi
15
315.9K
768
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.