alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a993f93162ec266418b4567/darimana-asal-usul-budaya-ultah-disuruh-traktir-makan
Lapor Hansip
02-03-2018 19:12
Darimana asal usul budaya ultah disuruh traktir makan?
Darimana asal usul budaya ultah disuruh traktir makan?


Masyarakat indonesia, khususnya orang Jawa, tidak mengenal pencatatan tanggal lahir secara presisi. Selama beratus-ratus tahun, tidak dikenal budaya ulang tahun di Indonesia. Hingga Belanda datang dan melakukan invasi pemerintahan, ekonomi dan budaya. Untuk mempermudah administrasi, Belanda mewajibkan setiap rakyat di tanah jajahannya memiliki kartu pengenal, Passenstelsel. Nah, dari situ mulailah pencatatan tanggal lahir secara tepat.

Mengenai acara makan-makan,

Seperti Bangsawan Eropa pada umumnya, Bangsawan Belanda suka melakukan jamuan makan malam dan pesta dansa hingga bermalam-malam di negeri asli mereka. Budaya ini juga dibawa ke indonesia, tanah jajahannya.

Para pembesar Belanda dalam jamuan pesta ulang tahunnya, tak lupa turut mengundang para Bangsawan Jawa dan Saudagar Cina. Sedikit demi sedikit, budaya ini mulai tertular ke bangsawan Jawa dan Saudagar Cina. Seperti efek domino, ketika para sultan, regent, wedana dan para pangeran jawa mengadakan jamuan besar-besaran, mereka mengundang priyayi dan saudagar yang secara kasta ada dibawah mereka. Kebudayaan ini akhirnya terus berlanjut hingga Indonesia merdeka, dan masih terbawa sampai era modern ini.

Mulai dari Gubernur Jendral yang mengadakan acara jamuan makan malam dan pesta dansa di Paleis van Daendels, atau Kaum kaya raya Belanda yang mengadakan pesta ulang tahun di Weltevreden, hingga anak SMA yang minta temennya traktiran di KFC. Itulah hikayat traktiran ulang tahun di Indonesia.

-Credit-
berkahdalem
Diubah oleh _Hell_
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
02-03-2018 19:21
sepertinya giliran TS harus traktir makan nih emoticon-Leh Uga
0
02-03-2018 19:31
Yg lebih parah dibully rame² pula emoticon-Ngakak
Diubah oleh deep0309
0
02-03-2018 19:32
budaya orang kismin gan minta nya di traktir makan terus , btw ts ultah ya mending sini bagi game steam cod aja tuh cuma 200k harganya emoticon-Cool
0
02-03-2018 19:34
makan makan lah gan ts
0
02-03-2018 19:40
sekarang mah gak hanya ditodong traktir, tapi juga digaplokin telur busuk sama tepungemoticon-Leh Uga
entah BUDAYA TOLOL dari mana itu emoticon-Leh Uga
0
02-03-2018 19:45
nanti kan traktir balik
0
02-03-2018 21:18
Darimana asal usul budaya ultah disuruh traktir makan?
0
02-03-2018 21:52
Kalo ane sama temen² ane sih dibikin makan² di rumah yang lagi ultah gan, kayak slametan gitu hehe emoticon-Big Grin
Diubah oleh project.90
0
02-03-2018 22:45
Iya budaya tolol itu emoticon-Jempol



ready barcen +4
0
02-03-2018 22:58
hadeeeh ini dia, harusnya mah kita yg harus dibayarin bukan bayarin.
bukannya bahagia malah tekor emoticon-Hammer (S)
0
03-03-2018 08:25
turut berduka buat yang ultah emoticon-Leh Uga
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.