fanssupersoccertvAvatar border
TS
fanssupersoccertv
Andres Iniesta, Satu dari Sekian Banyak Legenda dari La Masia
Barcelona. Sebuah raksasa La Liga yang bisa dikatakan menjadi salah satu tim terbaik di dunia sejak beberapa tahun terakhir. Berbicara Barcelona, tentu kita akan menyebut nama-nama tenar macam Ronaldinho, Xavi Hernandez, hingga Lionel Messi. Tapi ada satu nama yang seolah tak berhenti bersinar sejak musim 2004-05, yakni Andres Iniesta.



Sang gelandang adalah jebolan La Masia, meski sebelumnya pernah bermain untuk tim junior Albacete. Sejak berusia 12 tahun Iniesta sudah menjadi bagian dari Barcelona hingga kini menjadi salah satu legenda terbaik yang dimiliki klub asal Katalan tersebut.

Louis van Gaal menjadi pelatih yang memberikan Iniesta debut di tim senior Barcelona pada musim 2002-03, dimana saat itu Iniesta hanya terlibat dalam enam laga di La Liga. Semusim berikutnya menit bermain Iniesta mengalami peningkatan di bawah arahan Frank Rijkaard. Kemudian pada musim 2004-05, Iniesta menjadi pemain Barcelona yang paling banyak tampil di La Liga, dengan 37 penampilan, meskipun banyak laga dimana Iniesta masuk sebagai pemain pengganti.

Pada musim-musim selanjutnya, duet Iniesta dan Xavi di lini tengah El Barca menjadi yang paling menarik untuk disaksikan. Umpan pendek dari kaki ke kaki serta pergerakan tanpa bola yang begitu memikat, membuat permaian Iniesta benar-benar indah untuk dinikmati.



Iniesta memiliki perpaduan visi bermain serta skill yang sangat luar biasa. Hasilnya, tentu saja gelontoran trofi untuk tim yang bermarkas di Camp Nou tersebut. Total sudah ada 29 gelar yang berhasil disumbangkan Iniesta. Mulai dari La Liga, Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, hingga Piala Dunia Antar-klub.

Akan tetapi usia yang semakin menua sedikit banyak mulai memengaruhi Iniesta. Gelandang yang kini menjabat sebagai kapten Barcelona itu sudah menginjak usia 33 tahun. Serangkaian cedera dan kondisi fisik yang tak lagi sekuat dulu membuat menit bermain Iniesta perlahan berkurang.

Terlebih kini Barcelona memiliki Philippe Coutinho yang dibeli pada bursa transfer musim dingin lalu. Meski tak terlalu mirip dari segi posisi bermain, bukan tidak mungkin posisi Iniesta akan terancam oleh kehadiran Coutinho di kemudian hari.



Akan tetapi rasanya pos jenderal lapangan tengah masih akan menjadi milik Iniesta, paling tidak hingga akhir musim ini. Coutinho yang memiliki skill bermain tak kalah baik dari Iniesta masih harus beradaptasi dengan gaya bermain di klub barunya tersebut. Sementara untuk musim baru nanti, persaingan di lini tengah Barcelona sepertinya baru akan terasa sengit.

Andres Iniesta adalah salah satu pemain yang patut disebut sebagai “The Immortals”. Pada hari dimana dirinya akan gantung sepatu, kemampuan olah bola dan cara dia mengontrol permainan di lini tengah, tentu akan terus dikenang.



nona212
nona212 memberi reputasi
1
6K
31
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Soccer & Futsal Room
Soccer & Futsal Room
icon
5.5KThread8.7KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.