c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Excalibur, Nyata atau Mitos ?


Excalibur memang sebuah legenda cerita rakyat dari mulut ke mulut di Inggris yang fenomenal, Sebuah pedang yang punya kekuatan mistis di tangan raja Arthur. Tapi benarkah pedang itu ada atau hanya sebuah mitos ???



Foto : kumparan.com

Dalam legenda tersebut memang dikisahkan kalau siapapun yang mampu mencabut pedang excalibur yang tertancap pada batu kelak akan menjadi Raja Inggris. Dan ternyata Arthur yang mampu mencabut pedang legendaris yang juga dikenal dengan nama caliburn tersebut.

Secara logika hal ini tentu saja tidak mungkin, sama halnya dengan cerita rakyat di Indonesia. Yang secara nyata di luar nalar namun di percaya oleh nenek moyang terdahulu hingga sebuah cerita rakyat dianggap sebuah sejarah.

Bahkan khususnya excalibur sendiri ada dua pandangan, yang pertama prosa Merlin karya dari Robert de Boron (12th century-13th century). Dalam karyanya, Robert pun mengatakan bahwa pedang yang Arthur tarik dari sebuah batu tersebut merupakan pedang Excalibur. Kemudian yang kedua pandangan dari sebuah karya yang berjudul King Arthur and His Knights (1903), Maude L. Radford menyatakan bahwa pedang Excalibur diperoleh Raja Arthur dari Lady of the Lake. Yah Excalibur sendiri di dapat dari seorang wanita penunggu danau.



Foto : kumparan.com

Dari dua pandangan ini entah mana yang benar, belum lagi sang excalibur sendiri hingga kini tak diketahui dimana rimbanya.

Untuk mengetahui kebenarannya excalibur pedang yang sangat fenomenal, pastinya tak lepas dari sosok Arthur itu sendiri. Banyak orang yang sudah meneliti sampai kini, terutama para sejarawan.

Dari ungkapan para sejarawan yang menelitipun akhirnya setuju kisah Arthur sendiri bukanlah cerita dari wales, namun dari celtics karena menurut budaya celtics sendiri kata Art itu berarti beruang, nama Arthur sendiri terkesan asing di budaya wales.

Bahkan nama Arthur sendiri pertama kali muncul dalam puisi Y Gododdin yang berasal dari abad ke-7 M. Dalam puisi karya Aneirin ini, Arthur tidak terlalu banyak dibahas. Aneirin hanya menyebutkan Arthur sebagai orang perkasa yang “tidak dapat dibandingkan kehebatannya dengan orang lain sezamannya”.

Kemudian kisah tentang Arthur lainnya terdapat dalam Culhwch and Olwen dan Dream of Rhonabwy dari abad ke-11. Tetapi mungkin sumbernya lebih tua lagi umurnya.

Di luar tradisi Wales, nama Arthur sendiri dikenal pertama kali dalam De Excidio Britanniae karangan St. Gildas, seorang pendeta dari Inggris Utara pada pertengahan abad ke-6. Tetapi karangan ini lebih banyak menuturkan masa akhir kekuasaan Romawi di Inggris dan lahirnya raja-raja baru.



Foto : kumpaan.com

Bahkan Arthur dikisahkan lebih lengkap dalam Annales Cambriae. Buku yang menceritakan rentang sejarah Inggris dari tahun 447 sampai 957 M, buku ini menceritakan banyak kejadian penting tentang kehidupan Arthur. Dua kejadian paling penting yang diceritakannya adalah pertempuran Badon yang menewaskan 900 orang Anglo Saxon dan kematian Arthur dan Medrout (Mordred) dalam peperangan di Camlann. Namun, menurut Nennius, Arthur bukanlah seorang raja. Arthur hanyalah seorang Dux Bellorum atau panglima perang yang bekerja untuk Raja Britania Raya dalam peperangannya mengusir Bangsa Saxon.

Sulit sekali mencari jejak excalibur dan Arthur itu sendiri, sebab dalam cerita rakyat kisahnya banyak di bumbui dengan hal mistis dan hewan-hewan rekaan, seperti unicorn dan naga.

Bahkan sosok Arthur selalu dihubungkan dengan berbagai tempat di Inggris bagian Selatan. Berbagai lokasi seperti benteng Tintagel, Cadbury, Glastonbury dan hingga Stonehenge dianggap sebagai peninggalan Raja Arthur. Sayangnya bukti-bukti sejarah tidak mendukung teori ini.



Foto : google.com

Tapi yang pasti legenda excalibur masih tetap misteri hingga kini, walau legenda itu menjadi pemersatu inggris dikala para raja sedang goyah. Bahkan kisah yang ada hingga kini, adalah sebuah kisah gado-gado yang memasukkan tokoh merlin dan sebagainya yang mbuat cerita Arthur dan excalibur semakin jauh dari fakta nyata.

Kesimpulannya excalibur hanyalah sebuah mitos, namun sudah mendarah daging di telinga rakyat inggris.

Seruuppuutt dolo gan..

emoticon-coffee



Referensi

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Excalibur



0
28.4K
151
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.