Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
142
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a8d4938925233905c8b456d/apakah-agan-mengalami-mythomania-yuk-kenali-cirinya
Nah kali ini ane mau bahas tentang MYTHOMANIA. Hayo udah pada tau belum apa itu MYTHOMANIA? Atau jangan-jangan agan ini ternyata mengidap MYTHOMANIA nih Mau tau kan lebih jelasnya? Yuk simakkk
Lapor Hansip
21-02-2018 17:26

Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hallo gan sist
emoticon-rainbow Kembali lagi di thread sederhana Milaemoticon-rainbow


Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya

Nah kali ini ane mau bahas tentang MYTHOMANIA
Hayo udah pada tau belum apa itu MYTHOMANIA? Atau jangan-jangan agan ini ternyata mengidap MYTHOMANIA nih
Mau tau kan lebih jelasnya?
Yuk simakkk cusssemoticon-Ngacir


Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya

Quote:
"Aku besok mau keliling Eropa nih sist"
"Wuih serius loh? enak ya sering keluar negeri"
"Iya dong, biasalah orang sibuk"
"Tapi kok di IG kamu gak ada foto lagi di LN ya"
"Ehhmm... aku jarang foto-foto sist. Sibuk terus"
"Ah masa sih gak ada satu dua foto gitu"
"Gak suka pamer aku sist, down to earth"



Diatas adalah salah satu gambaran gerak-gerik mencurigakan dari pengidap MYTHOMANIA. Mungkin dalam kehidupan agan atau sista pernah menemukan teman, keluarga, atau saudara yang mengidap MYTHOMANIA nih. Bisa juga ternyata agan yang mengidap MYTHOMANIA, waduhhhh serem yaemoticon-Takut (S)


Quote:
Emang apasih Mythomania itu?


Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya

Yaitu gangguan psikologis yang membuat pelakunya melakukan KEBOHONGAN tanpa henti, bersifat luar biasa dan fantastis. Selain itu perilaku tersebut juga disebut sebagai Pseudologia Fantastica/Pathological Lying.

Kebohongan yang dilakukan biasanya bersifat AGRESIF karena biasanya bersifat menuduh atau membuat pengakuan palsu. Hayoooo siapa disini yang suka ngarang dan ngaku-ngaku?emoticon-Betty (S)



Quote:
Tujuan dari Mythomania ini apasih ?


Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya

Nah tujuan orang MYTHOMANIA berbohong adalah untuk menarik perhatian, memudahkan kepentingan pribadi, atau menghindarkan hal yang tidak menyenangkan gan. Kebohongan yang dilakukan mulai dari menciptakan identitas baru dan rantai kebohongan yang rumit. Didorong karena merasa membutuhkan pengakuan dan agar diterima dalam lingkup atau lingkungan tertentuemoticon-Bingung (S)



Quote:
Kenali cirinya


Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya

1.Membesar-besarkan permasalahan ataupun kisah hidupnya

Hihihii ngakuuuu siapa yang suka lebih-lebihin omongan? punya fantasi tersendiri dan semuanya fana wkwkwk
Hal ini biasanya bertujuan untuk mencari perhatian dan ingin terlihat wah didepan lingkungan. Bisa didepan teman, keluarga atau bahkan pacar sekalipun. Dia akan melebar-lebarkan kebohongannya menjadi seolah-olah sebuah kebenaran. Cerita yang dia utarakan tidak semuanya mustahil, kadang ada bagian-bagian ceritanya adalah benar. Bukan suatu bentuk halusinasi (delusi) atau seperti tipe gangguan jiwa lainnya. Jika ditanya lebih jauh, ia kadang mengakui jika ceritanya bohongemoticon-Bata (S)


2.Membuat sebuah cerita atau kisah dimana ia sebagai seorang korban (broken home, seringkali disiksa, hingga sakit parah dan lain sebagainya) atau dikenal play victim

Kalau yang ini lebih ingin diperhatikan dan diberi belas kasihan. Biasanya orang yang sering seperti ini memiliki kisah kelam dalam kehidupannya tapi kebanyakan dilebih-lebihkan agar orang yang mendengarkannya merasa simpati dan belas kasihan dengannya. Jadi dengan adanya simpati, dia berharap dapat diterima dalam lingkungan tersebut. Haduhhhh gimana sihemoticon-Hammer (S)


3.Meyembunyikan dirinya, tak memperkenankan orang lain untuk melihat identitas diri, bahkan tak mau untuk memperkenalkan teman ataupun keluarganya.

Hal ini dilakukan agar kebohongan dan fantasinya berjalan lancar. Karena biasanya kehidupan keluarganya tidak sesuai dengan yang dia ungkapkan kepada kita nih gan. Misal ngaku anak orang kaya tapi rumahnya ngontrak, nah gak sinkron kan? jadi ditutup rapat-rapat dan biar dunia tahu dia seperti apa yang dia ucapkanemoticon-Bata (S)




Quote:
Jenis-jenis Mythomania ada 2 nih gan :


Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya

1. Vain mythomania, ditandai dengan kebohongan yang cenderung membesar-besarkan seperti kesuksesan, kekayaan, atau perbuatan baik. Banyak nih yang sering ngaku-ngakuemoticon-Hammer (S)

2. Mythomania yang meyimpang, pada kondisi ini kebohongan disertai kebutuhan untuk menyakiti orang lain, seperti tuduhan palsu atau fitnah. wah kalau yang ini sih jelas menyusahkan yahemoticon-Betty (S)



Quote:
Hmm ternyata ini penyebabnya


Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab seseorang mengalami mythomania. Namun, ada dugaan bahwa orang yang mengalami mythomania memiliki kondisi keluarga yang kacau dan kehilangan sosok Ayah. Selain itu, mereka adalah orang yang rendah diri dan memiliki perasaan rapuh. Mereka juga berhasrat untuk meninggalkan citra buruk dirinya sendiri. Semakin orang lain percaya pada kebohongan yang di buatnya, maka ia akan semakin terbantu untuk melepaskan image nyata tentang dirinya yang mana ia sendiri sulit menerima hal tersebutemoticon-Cendol (S)

Sebenarnya, perilaku bohong yang dilakukan seorang mythomania masih sulit dibedakan dengan halusinasi. Perilaku bohong yang dilakukan seorang mythomania antara fakta dan khayalan bercampur jadi satu. Selain itu, perilaku bohong mythomania sampai melibatkan proses berkhayalemoticon-rainbow



Quote:
Lalu, ngobatinnya gimana tuh?


Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya

Untuk mengobati gangguan ini bisa melakukan konseling terlebih dahulu. Psikolog atau psikiater akan mengevaluasi orang tersebut dengan tujuan untuk mengetahui jenis gangguan yang dialami. Pasien mungkin tidak sadar akan kondisinya atau bahkan menipu dokter, tetapi keluarga atau orang terdekat bisa membantu banyak soal riwayat kesehatan. Setelah itu, bisa dilakukan terapi kognitif, termasuk tindakan, latihan atau aktivitas yang membantu pasien menemukan asal rendahnya harga dirinya. Ketidakamanan dan harga diri yang rendah adalah penyebab utama dalam terjadinya kebohongan pada mythomania. Mengobati mythomania sebenarnya tergantung pada seberapa parah kondisinya. Ini adalah pekerjaan jangka menengah dan panjang, karena harus mengubah persepsi mengenai realitas. Kesabaran, kasih sayang dan keuletan merupakan bahan dasar bagi mereka yang ingin membantu orang mythomaniaemoticon-shakehand

Penderita Mythomania biasanya merupakan seseorang yang memiliki ketidakbahagian didalam hidupnya. Bisa jadi ia disakiti oleh pacarnya, dibully oleh teman-temannya, dilecehkan oleh lingkungannya dan memiliki kekurangan lain yang menghambatnya secara psikis.
Ketika ia beraksi dia akan melarikan dari kenyataan aslinya, kenyataan yang tidak bahagia didalam hidupnya. Yang ia lakukan hanya ingin mendapat pengakuan dari sekelilingnya. Jadi penderita Mythomania hidup bersembunyi di balik imajinasi yang ia buat sendiri.


Semoga kita semua terhindar dari gangguan seperti ini ya gan sist, dan apabila agan merasakan jika mengalami gangguan seperti ini mungkin bisa langsung pergi dan konsultasi ke psikiater. Jangan takut, ini semua demi kebaikan agan dan sekitar agan.

Sekian thread dari ane, kurang lebihnya mohon maaf.
Sampai jumpa di thread ane berikutnya, babayyyyemoticon-Kiss (S)
Diubah oleh kamilaawl
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 8
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:19
gitu ya gan
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:20
Kelainan jiwa. Coba cek ke psikolog
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:21
iya bener.
pembohong
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:23
itu yg di ig fail bgt ketauan
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:23
amit amit emoticon-Ngakak
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:23
Quote:Original Posted By dimaswkurniawan
gitu ya gan


Iya gan, ente suka gt gak
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:24
Kenalin Bray...
Ane pemilik pulau Jawa
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:25
kek sahabat lu dong mil emoticon-Ngakak
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:27
gembel pengen eksis emoticon-Ngakak
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:27
Temen gue ada nih yang punya gangguan kejiwaan gini dulu. Bohong udah kaya kaga bohong. Ga ada rasa bersalah pas ketauan bohong. Dan biasanya akan menutupi kebohongan itu dengan berbagai macam.alasan.
Diubah oleh greengeckoijo1
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:28
kang tipu
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:28
cipiters tuh mythomania, tertulis di DNA mereka
ga bisa berhenti berbohong seumur hidup
emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:28
pengakuan memang dasar dari segala penyakit psikis emoticon-Cool pergilah tidur dan bermimpilah segalanya dan jangan pernah bangun lagi
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:29
kok baca yg no. 2 kesel ya, ngarep dapet belas kasihan orang sampe harus ngarang cerita.
justru ane malu kali klo dikasihanin orang lain, berasa hidupnya menderita banget.
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:30
bisa juga dibilang tukang nga-gull
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:31
ane punya temen kaya gitu; apa yang diomongi diambil dari baca di google kayanya, jadi dulu pas lagi heboh2nya film 5 cm, dia ngaku juga habis naik ke semeru, cerita A to Z segala macem lah pokoknya, gimana capeknya, dinginnya, sampe dia cerita gendongin temennya juga. Eh...begitu dimintain foto, dia bilang waktu itu dia ngambek karena sebel sama temennya, jadi ga ikutan foto. Ane kejar terus karena bilangnya kan rame2, ane bilang pengen tau foto temen2nya aja deh, eh....bilangnya nggak minta. Wkwkwkwk...dalam hati ngakak so hard ane. Hari gini dimana hengpon jadul aja ada kameranya, dia gak punya foto sebiji pun? hoax bgt dah hidupnya.....
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:32
Si Vickynisasi included ga ya?
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:33
Kalo di kampung ane namanya "Tukang Kemprus". emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:34
cuma kebohongan belaka emoticon-Cool
0 0
0
Apakah Agan Mengalami Mythomania? Yuk Kenali Cirinya
22-02-2018 08:34
mungkin yg sering bikin2 kabar hoax pd ngidap mythomania ya bre..emoticon-Hoax emoticon-Bingung
0 0
0
Halaman 2 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia