News
Batal
KATEGORI
link has been copied
78
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a845bd4902cfe4c2c8b4568/quottak-ada-warga-yang-menolong-saya-mereka-hanya-merekamquot
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..." Ridwan Aji Pitoko Kompas.com - 14/02/2018, 14:42 WIB TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Ada sekelumit kisah memilukan dalam kecelakaan bus maut di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat, Sabtu (10/2/2018) pekan lalu. Kecelakaan bus ini menewaskan 27 anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Permata, Ciputat, Tangerang Selatan. Seorang angg
Lapor Hansip
14-02-2018 22:55

"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."

"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 14/02/2018, 14:42 WIB


TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Ada sekelumit kisah memilukan dalam kecelakaan bus maut di Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat, Sabtu (10/2/2018) pekan lalu.

Kecelakaan bus ini menewaskan 27 anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Permata, Ciputat, Tangerang Selatan.

Seorang anggota KSP Permata yang selamat dalam kecelakaan, Karmila (44), bercerita bahwa ketika bus terjatuh, terguling, kemudian berhenti, tidak ada warga sekitar yang menolong.

"Enggak ada warga sekitar yang mau menolong saya dan teman-teman lainnya, mereka cuma ngerekam," kata Karmila saat ditemui di rumahnya, Jalan Lurah Disah RT 002 RW 001, Pisangan, Ciputat, Rabu (14/2/2018).

Karmila yang berusaha keluar dari bus dengan susah payah itu meminta tolong kepada warga sekitar. Namun, kata dia, tidak ada warga yang bergerak menolong.

"Di situ saya langsung kesal, saya coba pinjam handphone karena tas saya masih di dalam bus buat telepon, tetapi orang-orang di sana enggak ada yang mau meminjamkan," ujar Karmila.

Warga sekitar, kata dia, beralasan tidak punya pulsa atau baterai ponsel habis. Namun, warga sekitar terus merekam kecelakaan itu.

Setelah itu, Karmila yang lemas karena harus berjuang keluar dari bus bergegas mencoba menyelamatkan rekan-rekannya yang masih bisa diselamatkan di dalam bus.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...-hanya-merekam


bah, pinjamkan hape buat nelpon pertolongan saja ngak mau, warga panasbung memang parahemoticon-Blue Guy Bata (L)
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:18
cuma demi jempol atau love aja sampe segitunya emoticon-Smilie
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:21
Kalo ada kecelakaan fatal, orang sipil biasa emang ga dianjurkan untuk bertindak. Ane pernah belajar cara menangani korban kecelakaan, disitu kita ga boleh main seret aja, salah2 korban makin parah cederanya. Kalo ga ngerti prosedur penyelamatan jangan sok tau. Ada SOP untuk penanganan korban cedera. Tapi situasi di tkp kadang mengharuskan kita berpacu dgn waktu karna mungkin ada korban yang koma dan butuh pertolongan secepat mungkin. Sebelum menggotong korban, perhatikan fisik korban dari ujung rambut sampai telapak kaki. Tulang ekor, leher dan pinggul paling rawan. Wah ribet lah pokoknya... Makanya mulai sekarang belajar lah situ cara menangani korban cedera.. di google banyak caranya. Minimal ga bego2 banget lah kita, niat mau nolong bukan malah bikin cedera orang makin parah. Di jalanan banyak orang sotoy main seret aja nolongin korban lakalantas. Kalo korban masih sadar tapi ada bagian tulang yang patah lebih baik tunggu tim medis datang. Ingat!! JANGAN SOTOY.
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:24
Bani goa peminum kencing onta memang begitu.
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:26
Dilema ya... mau nolong takut nya knp2.
Takut yg ditolong makin parah...
Takut ujung2nya terlibat, disangka macem2...
Ada brg ilang ntr disangka kita yg nolong yg nyolong
tp medis ama polisi lama dtg
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:27
lifestyle
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:31
Panastak nih kelakuannya parah... mengharap imbalan. Bener2 dah
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:33
Padahal seiman
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:36
Pasti korban disangka kafir makanya ga mau ditolongin. Ajg emg
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:38
urusan sama polisi ribet
nnti disuruh jadi saksi ikut kesana kemari orang kita gak mau repot tp kepo
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:39
klau org minta tolong ya harus ditolong. apalagi itu mobil dlm posisi terbalik pasti ada yg terjepit. setidaknya liat kondisi para korban posisiny ada dimana, apakah terjepit, dlm posisi yg sangat membahayakan dsbny. kemudian melakukan pertolongan darurat sebelum petugas medis & kepolisian datang. btw, susah klau org goblog di kasih tekhnology canggih, lebih banyak mudharatny drpd manfaatnya emoticon-Cape d...
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:40
Quote:Original Posted By SCHWANDORF
Dilema ya... mau nolong takut nya knp2.
Takut yg ditolong makin parah...
Takut ujung2nya terlibat, disangka macem2...
Ada brg ilang ntr disangka kita yg nolong yg nyolong
tp medis ama polisi lama dtg


mending pidioin ya gann kalau udah gitu emoticon-Embarrassment
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:47
antum jangan meremehkan kekuatan klik like dan ketik amin di medsos, emoticon-Mad
korban luka pun bisa sembuh dengan sendirinya bila like mencapai jumlah yang diinginkan emoticon-Mad
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:49
nolong diwawancara plokis, sama kalau salah malah bikin cedera orang tambah parah.....cuma ya keterlaluan juga minta pinjem hape aja ga boleh, pake rekam2 segala pula...emoticon-Cape d...

0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:51
Yg penting viralkan jadi orang pertama yg merekam emoticon-Leh Uga
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:52
kan lumayan itu videox dijual ke stasiun TV
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:53
Quote:Original Posted By primaz
Kalo ada kecelakaan fatal, orang sipil biasa emang ga dianjurkan untuk bertindak. Ane pernah belajar cara menangani korban kecelakaan, disitu kita ga boleh main seret aja, salah2 korban makin parah cederanya. Kalo ga ngerti prosedur penyelamatan jangan sok tau. Ada SOP untuk penanganan korban cedera. Tapi situasi di tkp kadang mengharuskan kita berpacu dgn waktu karna mungkin ada korban yang koma dan butuh pertolongan secepat mungkin. Sebelum menggotong korban, perhatikan fisik korban dari ujung rambut sampai telapak kaki. Tulang ekor, leher dan pinggul paling rawan. Wah ribet lah pokoknya... Makanya mulai sekarang belajar lah situ cara menangani korban cedera.. di google banyak caranya. Minimal ga bego2 banget lah kita, niat mau nolong bukan malah bikin cedera orang makin parah. Di jalanan banyak orang sotoy main seret aja nolongin korban lakalantas. Kalo korban masih sadar tapi ada bagian tulang yang patah lebih baik tunggu tim medis datang. Ingat!! JANGAN SOTOY.



nolong itu gak harus ngeluarin korban dari mobil atau sebagainya .. nolong itu mungkin aja minimal tau dulu kondisi korban .. telp yg berwajib .. atau apakah korban bisa ditolong oleh kita atau tidak .. kalau bisa ya tolong aja sebisanya .. kemudian pastikan semua baik2 saja ..

kayaknya itu aja udah cukup



Quote:Original Posted By giokmurah
klau org minta tolong ya harus ditolong. apalagi itu mobil dlm posisi terbalik pasti ada yg terjepit. setidaknya liat kondisi para korban posisiny ada dimana, apakah terjepit, dlm posisi yg sangat membahayakan dsbny. kemudian melakukan pertolongan darurat sebelum petugas medis & kepolisian datang. btw, susah klau org goblog di kasih tekhnology canggih, lebih banyak mudharatny drpd manfaatnya emoticon-Cape d...


jadi ingat ada kecelakaan pas di depan gw .. mobil minibus di kanan gw tiba2 lari kencang dan nabrak tiang lampu sehingga tiangnya jatuh menghalangi jalan .. mobilnya kebalik

gw turun dan mobil depan vw juga turun .. eh supir mobil depan ngomong ke ane .. "ayo pindahin tiangnya " .. gw bingung dan langsung bilang "mending bantu dulu yg kecelakaan" sambil lari ke arah mobil yg kebalik .. supirnya cewe sendirian ..

untungnya supir mobil gpp karena pake seatbelt.. dan ada orang lain yg segera minjamkan hp nya untuk nelepon polisi dan saudara supir yg kecelakaan

0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
14-02-2018 23:58
nasbung tod jabar ama sesamanya aj gitu.gmn ama tapirun emoticon-Ngakak
Diubah oleh langitnyabiru
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
15-02-2018 00:08
Quote:Original Posted By rootbeergroovy
nolong itu gak harus ngeluarin korban dari mobil atau sebagainya .. nolong itu mungkin aja minimal tau dulu kondisi korban .. telp yg berwajib .. atau apakah korban bisa ditolong oleh kita atau tidak .. kalau bisa ya tolong aja sebisanya .. kemudian pastikan semua baik2 saja ..

kayaknya itu aja udah cukup


Dari sekian banyak orang yang ada di tkp pasti ada yang menghubungi pihak berwajib. Korban ga perlu nyuruh2 pun informasi pasti sampai ke polisi dan pihak2 yang terkait. Korban juga belum tentu tau disisi lain bus mungkin ada warga yang lagi sibuk membantu, bus itu ukurannya besar ditambah korban masih shock mana mungkin dia bisa tau sikon di tkp. Kalo satu korban bilang ga ada satupun yang bantu waktu bus baru aja terbalik bisa aja nyakitin hati orang2 tertentu yang udah berupaya ngebantu diawal kejadian sebelum bantuan datang. Yang sibuk merekam ane yakin hanya segelintir orang aja. Kalo yang masalah ada korban pinjem hp untuk ngabarin ke keluarga trus ga dipinjemin ya pasti miris dengernya.
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
15-02-2018 00:12
gak ngeti sama yg komen di sini
0 0
0
"Tak Ada Warga yang Menolong Saya, Mereka Hanya Merekam..."
15-02-2018 00:23
Itu masih mendingan. Daripada di ketawain massal. emoticon-Ngakak
Itu warganya emang udah kga punya hati apa ya? emoticon-Bingung
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia