losbanditos99
TS
losbanditos99
Teko Penawar Racun Buatan Anak Negri Ini Bikin Jokowi Penasaran
Quote:


Apa yang terpikir diotak kita saat mendengar kata TEKO? Jadul, unik , antik, mmm pokoknya mengingatkan kita ke jaman old dehh. Para pemakaianya adalah para orangtua, kakek nenek. Dengan teko yang semakin tebal meka (kerak di dalam)-nya, konon semakin lezat itu minuman teh.

Di tangan Okti Nurhidayah, siswi kelas XII SMAN 1 Sampang Kabupaten Cilacap, teko bukan sekedar tempat minum masa lalu, tapi juga menjadi tempat cairan pengusir dahaga sekaligus penawar racun. Bentuk memang nyaris sama, terkesan lebih kasar, tapi khasiatnya wow ……AJAIB brosist yupss

Quote:


Sebelumnya pada tahun 2016 lalu ia sukses membuat Teko yang dapat "menyulap" air laut menjadi air layak minum. Air laut yang keruh dengan seketika bisa menjadi bening setelah masuk ke dalam teko ini. Bahkan air laut itu menjadi air minum yang jernih dan siap minum. Teknologi teko ini pun tampil dengan harga yang amat terjangkau. Gak percaya?? Cek aja brosist cekidotttt
Quote:


Ajang Rembuknas Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) yang dihelat di Pusdiklat Kemendikbud 5-8 Februari 2018 lalu ternyata memberikan sebuah pengalaman yang sangat berkesan di hati siswi berprestasi ini brosist. Pasalnya, dia memiliki kesempatan langka untuk bisa memamerkan hasil karya inovasinya yakni Teko Penawar Racun kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Teko penawar racun buatan Okti tidak hanya dibuat dari tanah liat saja, tetapi juga telah dicampur dengan zat-zat penawar racun.

Beberapa ujicoba telah dilakukan, seperti uji kemampuan meningkatkan kualitas air dengan memasukkan air berwarna keruh, dimana teko mampu menjernihkan air. Uji aktivitas antibakteri tersebut membuktikan bahwa teko mampu membunuh 1300-1500 bakteri e colli per jam.

Hasil karyanya itu, berhasil menarik perhatian Presiden Jokowi serta pemimpin-pemimpin lainya ditingkat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mampir ke stand-nya.

Melalui sambungan telepon Okti mengatakan bahwa dirinya senang bisa diberi kesempatan membuka stand dalam acara RNPK 2018 untuk memamerkan karya inovasinya. Apalagi kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

“Rasanya seneng banget bisa ketemu Pak Jokowi. Terus memperlihatkan teko penawar racun dan menjelaskan. Sempat juga ditanya tanya, rasanya deg-degan dan tidak menyangka,” katanya.

Okti yang menyandang juara kelas tersebut berharap, teko penawar racun yang ia buat bisa bermanfaat bagi orang banyak.

“Semoga bisa bermanfaat bagi orang banyak. Terus bisa diproduksi banyak dan dijual. Saya juga tidak akan berhenti berkarya,” ujarnya.

Quote:


Satu set teko penawar racun buatan Okti yang terdiri dari 1 wadah/piring, 1 teko dan 3 cangkir, harganya cuma Rp 250.000. Harga tersebut sangat terjangkau dan sangat kompetitif dibandingkan dengan khasiat dan manfaat yang dimiliki teko tersebut.

Ini bukan sulap, bukan sihir, ini adalah inovasi pelajar jaman now brosist. Penemuan Okti ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Cilacap, sehingga dilibatkan dalam Pameran Produk Inovasi (PPI) Provinsi Jawa Tengah. Apresiasi juga dating dari pakar keramik Indonesia Arsam Sunaryanto, dan diliput oleh berbagai media seperti: Kompas TV, Solopos TV, CNN Indonesia, Tempo, Hai, Koran Wawasan, Koran Jakarta, LIPI media.

Referensi : satelitpost.com & itjen.kemdikbud.go.id

Read More Bukan Jarak Yang Membuat Pisah, Tapi Waktu Yang Merubah Kisah
Diubah oleh losbanditos99 11-02-2018 13:37
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
13.4K
103
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.