alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e3ec701fd7191a7900001b/share-usaha-pembesaran-ikan-nila
Lapor Hansip
02-01-2013 15:14
[Share] Usaha Pembesaran Ikan Nila
Assalamualaikum...
Apa kabar gan ? gini gan, sudah satu tahun ane punya usaha pembesaran ikan nila, awalnya ane punya modal kurang lebih 30 jt.
model segitu udah ane belanjain semua kebutuhan untuk membesarkan ikan nila sebagai berikut :

1. Jaring Apung
2. Bibit Ikan 10.000 ekor
3. Pakan/pelet
4. Gaji Pekerja
5. Perawatan Kolam

Empat bulan kemudian usaha inipun merugi dan balik modalpun tidak, namun
saya tidak putus asa, usaha ini tetap saya jalankan dengan modal seadanya dan pakan seadanya. Setelah satu tahun masyarakat di sekitar sudah banyak yang tau tentang usaha ini dan merekapun membeli ikan nila dari saya dan hasilnya cuma untuk beli pakan lagi. emoticon-Sorry

bagi agan agan yang tertarik, baru mulai atau udah pengalaman bisa share juga suka duka waktu menjadi pemula dalam bisnis ini.
terima kasih sebelumnya gan...
Diubah oleh n4w112
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 3
04-10-2015 07:34
Quote:Original Posted By sambel.kacang
suhu-suhu yang punya ilmu nila turun dong emoticon-Frown


masalahnya apa gan ? sapa tau bisa dibantu
0
07-10-2015 11:00
Nyimek aja ane gan, ane juga lagi belajar usaha ikan hias air tawar ni
emoticon-Cool
0
07-10-2015 15:46
Quote:Original Posted By n4w112


masalahnya apa gan ? sapa tau bisa dibantu


udah selesai masalahnya gan, berkat searching2 emoticon-Shakehand2
0
09-10-2015 18:25
Untuk agak menghemat pakan coba di selingi dengan pemberian lumut segar gan.. (bisa lumut sawah atau lumut air yang lainya, lbih bagus lumut hasil budidaya sendiri)
0
02-11-2015 22:46
Quote:Original Posted By cakraedan
Untuk agak menghemat pakan coba di selingi dengan pemberian lumut segar gan.. (bisa lumut sawah atau lumut air yang lainya, lbih bagus lumut hasil budidaya sendiri)


Kalo ikannya sedikit mungkin bisa gan, cuma kalo ikan yang ditebar diatas 5000 bakalan susah ngedapatin lumutnya emoticon-Cape d... (S)

0
10-11-2015 01:03
Quote:Original Posted By cakraedan
Untuk agak menghemat pakan coba di selingi dengan pemberian lumut segar gan.. (bisa lumut sawah atau lumut air yang lainya, lbih bagus lumut hasil budidaya sendiri)


wah baru denger nih budidaya lumut untuk tambahan pakan ikan. Jelasin dong lebih detil
Sy pernah sukses nyoba azolla/ducweed.
0
03-02-2016 14:51
Quote:Original Posted By n4w112
Assalamualaikum...
Apa kabar gan ? gini gan, sudah satu tahun ane punya usaha pembesaran ikan nila, awalnya ane punya modal kurang lebih 30 jt.
model segitu udah ane belanjain semua kebutuhan untuk membesarkan ikan nila sebagai berikut :

1. Jaring Apung
2. Bibit Ikan 10.000 ekor
3. Pakan/pelet
4. Gaji Pekerja
5. Perawatan Kolam

Empat bulan kemudian usaha inipun merugi dan balik modalpun tidak, namun
saya tidak putus asa, usaha ini tetap saya jalankan dengan modal seadanya dan pakan seadanya. Setelah satu tahun masyarakat di sekitar sudah banyak yang tau tentang usaha ini dan merekapun membeli ikan nila dari saya dan hasilnya cuma untuk beli pakan lagi. emoticon-Sorry

bagi agan agan yang tertarik, baru mulai atau udah pengalaman bisa share juga suka duka waktu menjadi pemula dalam bisnis ini.
terima kasih sebelumnya gan...



permisi gan.. ? mau minta solisi ne. knp y penebaran benih ikan nila saya tiap hari pasti ad yg mati 5-10ekor. soal cuaca hujan itu apkah mjd penyebabny? mhon bantuan solusi utk penanganany gan? sy seorang pemula pemulai petani nila ne! area saya di solo (sragen)
0
13-06-2016 08:07
Up lagi dh...siapatau ada suhu-suhu nila disini mau sharing2...emoticon-Big Grin
0
05-07-2016 11:04
Quote:Original Posted By akiru666


permisi gan.. ? mau minta solisi ne. knp y penebaran benih ikan nila saya tiap hari pasti ad yg mati 5-10ekor. soal cuaca hujan itu apkah mjd penyebabny? mhon bantuan solusi utk penanganany gan? sy seorang pemula pemulai petani nila ne! area saya di solo (sragen)


Coba cek keasaman air di kolam agan, setau saya ikan nila adalah ikan yang daya tahannya paling bagus bahkan di air keru sekalipun pasti ada aja ikan nila yang hidup.

Soal cuaca menurut saya tidak begitu berpengaruh, saran saya buat ikan nila yang sudah mati agar dipisahkan atau di kubur ajah dan sirkulasi air harus baik, coba cek juga apakah ada ikan predator lain yang ada di dalam kolam bisa jadi ikan yang mati itu di serang sama ikan predator dan ikan predator bisa juga dari jenis nila itu sendiri, jadi sebaiknya kolam untuk benih ya untuk benih, jangan di campur-campur.

Buat pembudidaya ikan nila yang masih baru, sebaiknya di pelajari secara terus menerus kondisi kolam dan ikan.
0
02-10-2016 14:13
Salam kenal agan2 sekalian. Saya pembudidaya ikan nila dari lampung barat. Dari umur 19 tahun saya udah terjun ke dunia perikanan sampai sekarang umur saya sudah 26 tahun. Monggo siapa yang mau berbagi pengalaman khususnya ikan nila, klw ikan lain saya tidak tahu dan tidak mau tahu heehee
Atau mungkin agan2 sekalian mau tipsnya dalam usaha budidaya ikan nila, saya siap memberi masukan. Bukan mau menggurui, tapi saya cuma senang berbagi pengalaman. Terimakasih.
0
15-10-2016 19:08
Quote:Original Posted By kanakarut
Salam kenal agan2 sekalian. Saya pembudidaya ikan nila dari lampung barat. Dari umur 19 tahun saya udah terjun ke dunia perikanan sampai sekarang umur saya sudah 26 tahun. Monggo siapa yang mau berbagi pengalaman khususnya ikan nila, klw ikan lain saya tidak tahu dan tidak mau tahu heehee
Atau mungkin agan2 sekalian mau tipsnya dalam usaha budidaya ikan nila, saya siap memberi masukan. Bukan mau menggurui, tapi saya cuma senang berbagi pengalaman. Terimakasih.


salam kenal gan, ane dari jambi, nyoba-nyoba meliarah nila, kolamnya kecil sih,10 x 12, diisi 3500 nila, ane mau nanya,penjualannya lebih baik kemana ya ? terus panennya sebaiknya pas ukuran 0,5 kg atau sekilo 3 ikan ?
0
26-07-2017 10:01
Quote:Original Posted By n4w112


Kalo ikannya sedikit mungkin bisa gan, cuma kalo ikan yang ditebar diatas 5000 bakalan susah ngedapatin lumutnya emoticon-Cape d... (S)



Salam kenal gan, azola ini pernah kakak ipar pengen usahain buat pakan ternak bebek petelurnya, cuma ya kendalanya perlu siapin tempat lagi untuk banyakin si lumut.

Ane orang bogor, punya kolam beberapa (punya ortu sih), aernya ngalir terus karna pinggir sungai kecil, sebenernya tuh kolam ga dipake buat usaha, cuma hobi dan ikannya kalo panen dibagiin ke sodara aja tiap lebaran.
kalo ortu sih di tanah pinggiran kolam nanem pohon talas sente (yang ukurannya besar banget) sama nanem pohon singkong. jadi si daun talas yg besar itu dan si singkong kadang di potong buat pakan si ikan, selain itu ortu ngasih tau tetangga kalo ada nasi bekas di gantung di pager aja, nah tiap hari ane yg kumpulin nasi bekasnya terus dikasih ke ikan. yah cara pelihara orang dari kampung sih, moga membantu
Baru sekarang ane mau tanem bibit nila dan siapin pakan pelet, buat nambah2 penghasilan
Diubah oleh asudasa
0
12-02-2018 20:40
permisi gan, salam kenal..
kalau boleh tau sekarang usaha ikan nilanya bagaimana gan?
pengen belajar dari pengalamannya agan emoticon-Malu (S)
0
31-08-2018 10:19
Quote:Original Posted By h1stp
permisi gan, salam kenal..
kalau boleh tau sekarang usaha ikan nilanya bagaimana gan?
pengen belajar dari pengalamannya agan emoticon-Malu (S)


kalo saya, karena sudah pindah kerja di luar kota jadi kolam ikannya di sewakan dulu gan
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.