powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
SitKom, Acara Tivi Populer Yang Mulai Di Tinggalkan

HOT THREAD KE 127
*07 Februari 2018*





Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Beragam acara mewarnai program televisi kita saat ini. Mulai dari acara ringan seperti infotainment yang mengulik kehidupan pribadi para selebriti, hingga acara berat semacam berita yang mengulik kehidupan politik dan sosial negeri ini.

Berbagai tawaran acara ini bisa dengan bebas kita pilih, tergantung selera kita masing - masing. Kita lah yang punya kuasa penuh terhadap tontonan apa yang ingin kita saksikan. Tentu, televisi akan menyaring acara mana yang di gemari pemirsanya. Karena ini akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan televisi tersebut. Semakin tinggi rating acara - acara yang di tayangkannya, maka pemasukan dari iklan pun akan semakin besar.


Hingga saat ini, jenis acara yang masih sangat di gemari oleh pemirsa adalah jenis acara ringan, semacam infotainment dan hiburan seperti sinetron. Keduanya selalu mendapat rating yang tinggi jika di banding acara - acara berat seperti berita dan politik.

Selain infotainment dan sinetron, satu genre acara ringan yang dulu juga sempat populer adalah sitkom. Sitkom atau situasi komedi adalah salah satu acara bergenre komedi yang di sajikan dengan format seperti sinetron. Bedanya, sitkom biasanya di buat dengan latar di dalam studio yang di set seperti di dalam kantor atau di dalam rumah. Kekuatan utama sitkom juga terletak pada kelucuan yang tercipta karena sebuah situasi. Kelucuannya tidak melulu pada karakter pemainnya.

Selain itu, biasanya sitkom juga memberikan efek tertawa dari penonton, baik penonton sungguhan yang melihat di studio atau suara tertawa yang di tambahkan pasca produksi.


Di eranya, para televisi berlomba - lomba menayangkan jenis komedi ini, sebelum akhirnya jenis komedi Stand Up masuk ke Indonesia dan mengambil alih tahtanya. OB, salah satu sitkom populer yang menceritakan kehidupan di sebuah kantor stasiun televisi swasta, OKTV bisa di bilang sebagai pioneer di masanya. Dalam sitkom ini banyak pemain yang punya karakter kuat. Mail, Syasya, Sayuti, Odah dan banyak lagi karakter yang sukses membuat pemirsanya terpingkal - pingkal melihat aksi mereka.


Bajaj Bajuri juga merupkan salah satu sitkom yang juga sukses. Di bintangi oleh Mat Solar yang berperan sebagai tukang bajaj dan istrinya Oneng yang di perankan oleh Rieke Dyah Pitaloka, yang juga sukses memerankan karakter yang telmi (baca : telat mikir). Dengan segala problematika kehidupan dan situasi mirip dengan kehidupan sehari - hari para pemirsanya, membuat sitkom ini sangat menarik.


Belum lagi Suami - Suami Takut Istri yang bahkan hampir mencapai total 700 an episode. Membuktikan bahwa sitkom ini begitu mendapat tempat di hati pemirsanya. Tokoh Mas Karyo, Pak RT, Bang Tigor dan Uda Faisal, 4 laki - laki yang tinggal dalam 1 komplek namun mereka memiliki kesamaan dalam hal takut kepada istri - istri mereka, jadi kekuatan utama sitkom ini.

Dan tentu masih banyak lagi sitkom - sitkom lainnya yang pernah mewarnai jagad pertelevisian tanah air. Sebelum akhirnya Stand Up Comedy masuk ke tanah air dan menggeser kedigdayaan sitkom. Standar kelucuan yang sebelumnya ada pada situasi berubah menjadi kelucuan yang berdasar pada delivery, gesture, dan mimic para stand up comedian. Di luar itu, acara komedi yang kini tersisa hanyalah acara - acara gaje yang hanya mentertawakan hinaan dan bullyan terhadap fisik seseorang.

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star



Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur : Ini, Ini, dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Diubah oleh powerpunk 07-02-2018 08:38
0
18.9K
166
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.