jus_sirsakAvatar border
TS
jus_sirsak
All About Optical Networking (TDM, WDM, SDH, Sonet, Ethernet, Fiber Optic, etc)
OKE. Berawal dengan ketertarikan saya dengan dunia Networking khususnya Optical Networking dan saya melihat belum ada thread sejenis di Kaskus, oleh karena itu saya mencoba memfasilitasi teman2 semua yang ingin lebih mengenal dunia Optical Networking. Thread ini dimaksudkan sebagai sarana bertukar pikiran, share pengalaman, tanya jawab bagi orang2 yang memiliki urusan dengan optical networking.

Saya sendiri saat ini bekerja sebagai Network Engineer di salah satu perusahaan Content Provider. Job desk saya lebih banyak bermain pada perangkat2 metro transport, longhaul, IP Core Network. Pengalaman saya di dunia Optical Networking bisa dibilang baru sekitar 2 tahun. Kebanyakan saya berurusan dengan DWDM Technology, Ethernet, WAN PHY/LAN PHY, fiber optic, transceiver.

Perlu di ingat bahwa thread ini adalah thread yang bersifat edukatif dan professional. Bagi yang ingin berkontribusi atau mengikuti thread ini harus menjunjung kebebasan yang bertanggung jawab.

Rules:
- Dilarang Jualan/promosi/penyediaan jasa (berlaku pada signature).
- Dilarang Junk/chit chat.
- Wajib Baca dari Page 1. Pertanyaan berulang tidak akan dijawab. Jadi kalau ada yg bertanya dan tidak ada yg jawab silahkan browse dari page awal.
- Tidak ada istilah master, dewa atau newbie.
- Bertanya jawablah dengan sopan.
- No one liner yang gak penting.
- Thread ini diperuntukan demi kebaikan bersama jadi tolong saling menghargai. Lebih baik sedikit peminatnya tetapi berkualitas.
- Apabila anda tidak berminat, tidak tertarik atau tidak menyukai thread ini anda tidak diperlukan untuk comment dan tidak ada paksaan untuk stay, keluar saja!

Cakupan Topik:
- Optical Networking
- TDM (SDH & Sonet)
- WDM (CWDM & DWDM)
- Fiber Optic
- Optical Network Design
- BERT
- Dan lain-lain selama berhubungan dengan transmisi data menggunakan cahaya.

Beberapa space akan direserve untuk update materi, hanya saja mohon dimaklumi karena kesibukan yang tidak menentu menjadikan waktu agak terbatas. Bagi teman2 yang ingin berbagi atau menyumbang materi dipersilahkan dan akan saya fasilitasi.

"That is only the matter of light!"
1
10.7K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Internet Service & Networking
Internet Service & Networking
icon
21.2KThread3.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.