• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Oli Encer Sebelum Waktunya? Kok Bisa? Mungkin Ini Penyebabnya, Gan!

abee.Avatar border
TS
abee.
Oli Encer Sebelum Waktunya? Kok Bisa? Mungkin Ini Penyebabnya, Gan!


Hai Gan/Sist~
emoticon-Ngaciremoticon-Ngacir emoticon-Ngacir

Untuk kita yang punya motor, pernah ngalamin oli mesin encer sebelum waktunya gak sih? Tapi mungkin kita gak selalu sadar soal tentang hal ini. Mungkin karena gak selalu cek oli mesin.



Nah, kali ini ane mau bahas tentang oli mesin yang encer sebelum waktunya. Oli mesin encer sebelum waktunya ini pasti ada penyebabnya, lho. Udah tau apa penyebabnya? Ini dia beberapa hal yang mungkin jadi penyebab oli mesin encer sebelum waktunya, Gan!



1. Mesin yang overheat/terlalu panas

Fungsi oli mesin selain melumasi ini kan juga berfungsi untuk mendinginkan mesin. Ketika mesin mengalami overheat, oli pun berusaha terus menerus untuk mendinginkan mesin. Kondisi ini bisa membuat oli mesin memburuk sehingga menjadi encer sebelum waktunya.



2. Kondisi jalan yang macet juga berpengaruh ke oli

Kok bisa? Yes, Bisa. Karena ketika macet, kita akan cenderung nge-gas lalu mgerem. Macet ini juga menyebabkan mesin bekerja terus menerus, padahal jarak yang ditempuh sama aja. Ketika mesin bekerja terus menerus, oli pun bekerja dengan melumasi dan mendinginkan terus menerus. Ini juga bisa membuat oli mesin jadi encer sebelum waktunya, Gan!



3. Kualitas Oli Mesin yang Kurang Baik


Kualitas oli juga berpengaruh pastinya, Gan! Karena, oli yang kualitasnya kurang baik bisa lebih cepat encer. Apalagi jika kita menggunakan motor setiap hari dan sering terjebak dalam kemacetan terus menerus. Gimana kita bisa tau soal kualitas oli? Kualitas oli ini bisa kita kenali dari bahan pembuat olinya. Oli yang cuku baik kualitasnya biasanya terbuat dari base oli pilihan dengan bahan additive khusus, bahan ini juga untuk mendapatkan efisiensi pembakaran bahan bakar dan tarikan motor yang enteng. Sejauh ini, yang ane tau oli yang terbuat dari base oli pilihan dengan additive khusus itu yang buat matic ada Eni Oil i-Ride 4T Matic. Dulu eni oil ini namanya Agip, sekarang jadi Eni Oil, Gan.



Itu dia beberapa hal yang mungkin bisa bikin oli motor kita jadi encer sebelum waktunya. Agan atau sista pernah ngalamin oli encer sebelum waktunya? Kalo udah pernah, coba share pengalamannya di komen dong. Terus, gimana cara menyelesaikan masalah ini juga? Share di komen ya, Gan!
emoticon-Big Grin

Diubah oleh abee. 06-02-2018 14:53
0
12.4K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.