• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Windows Defender Akan Menghapus Program Pembersih Yang Menyesatkan.

primechiefAvatar border
TS
primechief
Windows Defender Akan Menghapus Program Pembersih Yang Menyesatkan.

Agandan Sista pernah pake aplikasi pembersih yang ngasih harapan palsu? Maksudnya, yang mendeteksi masalah tapi malah minta untuk upgrade atau beli versi pro-nya supaya bisa membersihkan registry atau sumber masalah tersebut. Kalau pernah, tentu sangat mengesalkan bukan?, dan tampaknya Microsoft tahu akan hal itu dan akan membantu pengguna untuk mengatasi masalah ini.

Mulai awal bulan maret, Windows Defender akan mulai mendeteksi dan menghapus aplikasi cleaner atau optimizer yang menggunakan pesan berisi masalah masalah pada komputer untuk menakut nakuti pengguna agar mereka mau mengupgrade atau membayar versi berbayar dari aplikasi tersebut. Aplikasi yang seperti itu biasanya menawarkan untuk melakukan scanning dan menemukan masalah masalah di komputer, namun ujung ujung meminta user untuk membayar agar masalahnya bisa diperbaiki.





Langkah ini dilakukan oleh Microsoft sebagai tanggapan terhadap semakin tingginya peningkatan jumlah aplikasi yang sepert ini, sehingga mereka terpaksa mengambil tindakan tegas dan mengupdate kriteria evaluasi Windows Defender mengharuskan aplikasi pembersih dan optimizer harus memberikan laporan terperinci tentang apa yang mereka klaim perlu diperbaiki, dimulai pada bulan Februari 2016.



Tujuannya adalah untuk mencegah aplikasi semacam itu dari sekadar menyatakan bahwa ada sejumlah kesalahan tanpa memberi informasi kepada pelanggan tentang apa yang dianggap salah. Apabila vendor tidak dapat menyanggupinya maka aplikasi akan diklasifikasikan sebagai "unwanted software" oleh Windows Defender.



Langkah ini sangat bagus meskipun sebenarnya agak terlambat. Jenis crippleware seperti ini telah ada selama puluhan tahun. Pelaku biasanya mengincar kepercayaan dan kurangnya pengetahuan pengguna Windows, mengeksploitasi ketakutan seputar keamanan dan stabilitas untuk menjual perangkat lunak yang paling tidak berguna. Yang paling buruk, aplikasi ini bukannya menyelesaikan masalah, malah menimbulkan masalah lebih banyak dengan menghapus entri registri yang diperlukan atau menghapus file yang berguna.

Jadi bagaimana menurut agan dan sista sekalian? Langkah yang bagus di saat yang tepat atau sebenarnya sudah "basi"? atau malah tidak pakai Windows Defender sama sekali emoticon-Wkwkwk? Feel Free to Comment, Share dan jangan lupa emoticon-Rate 5 Star , untuk yang sudah ISO boleh dongemoticon-Cendol Gan
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 108 suara
Apakah Anda Pake Windows Defender?
Ya, Sangat Bagus dan Akurat
79%
Tidak, Cacat Aplikasinya
21%
0
44K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.