• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Beberapa tradisi yang dilakukan saat Imlek! (meski gak merayakan, Agan kudu tahu!)

rebbikaf
TS
rebbikaf
Beberapa tradisi yang dilakukan saat Imlek! (meski gak merayakan, Agan kudu tahu!)

Hai semuanyaaa!
emoticon-Angpauemoticon-Angpau emoticon-Angpau

Karena gak lama lagi udah mau imlek, kali ini gue mau bahas tentang tradiri yang sering kali di lakukan saat imlek tiba. Tradisi ini emang gak dirayakan sama semua orang, tapi masyarakat tionghoa yang merayakan imlek umumnya melakukan tradisi ini.

Sin Cia atau Imlek gak jauh berbeda dengan tahun baru masehi atau tahun baru Hijriah bagi umat Islam. Tahun baru Imlek adalah tahun baru Cina. Jadi yang merayakan Imlek ini kebanyakan adalah warga Tiongha. Kata Imlek (im=bulan, lek=penanggalan) berasal dari dialek Hokkian atau Bahasa Mandarin-nya Yin Li yang berarti kalender bulan (Lunar New year). Menurut sejarah, Sin Cia merupakan sebuah perayaan yang dilakukan oleh para petani di Tiongkok yang biasanya jatuh pada tanggal satu di bulan pertama di awal tahun baru.
Karena kita di Indonesia, gue mau bahas beberapa tradisi yang dilakukan saat imlek tiba!



1. Membersihkan Rumah

Saat imlek tiba, buat kita yang merayakannya pasti udah gak asing lagi untuk membersikan rumah. Menyapu rumah berarti juga membersihkan rumah ya, ini dilakukan supaya kotoran yang dianggap sebagai simbol kesialan disingkirkan, hingga tersedia ruang yang cukup untuk menampung keberuntungan. Setelah itu, kita yang merayakan ini akan menyingkirkan sapu dan sikat dari jangkauan. Lalu kita juga gak boleh menyapu rumah saat hari pertama tahun baru karena itu artinya mengusir keberuntungan yang sudah hadir di rumah.



2. Serba Warna Merah

Kalau warna ini pasti semua orang yang merayakan ataupun gak merayakan pasti tau deh, ciri khas dalam setiap perayaan Imlek adalah penggunaan warna merah di segala tempat. Warna merah melambangkan sesuatu yang kuat, sejahtera, dan membawa hoki. Gak cuma itu, warna merah juga dipercaya dapat mengusir “Nian” atau sejenis makhluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung yang keluar saat musim semi atau saat tahun baru Imlek. Nian sendiri dipercaya datang untuk mengganggu manusia terutama anak kecil. Itulah kenapa masyarakat Tionghoa menghias rumah, dan menggunakan pakaian, serta aksesoris berwarna merah pada saat Imlek.



3. Pagelaran Liong dan Barongsai

Kalo dalam kepercayaan tionghoa, Liong (naga) dan Barongsai ini jadi lambang kebahagiaan dan kesenangan. Tarian naga dan singa ini dipercaya merupakan pertunjukan yang dapat membawa keberuntungan serta salah satu cara mengusir roh-roh jahat yang akan mengganggu manusia. Maka tidak mengherankan pertunjukkan ini selalu ada dalam setiap perayaan Imlek.



4. Mengunjungi Sanak Saudara

Bukan cuma saat lebaran aja, saat Imlek juga menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi saudara. Momen ini digunakan masyarakat Tionghoa untuk mempererat tali persaudaraan. Jadi gak mengherankan, pada saat menjelang Imlek banyak warga Tionghoa yang pulang ke kampung halamannya untuk merayakan bersama keluarga mereka. Gue sendiri selalu mengunjungi rumah nenek (saudara tertua), biasanya selain mengunjungi kita bawa beberapa macam hadiah. Mulai dari makanan khas imlek sampe suplemen makanan kayak brand’s saripati ayam. Ini jadi tradisi baru di keluarga, tujuannya di tahun baru ini semua keluarga kesehatannya bisa lebih terjaga dan terpelihara dengan baik.



5. Bagi-bagi Angpao

Ini salah satu yang ditunggu-tunggu buat yang masih lajang. Karena Imlek berarti banjir uang, orang tua atau mereka yang sudah menikah diwajibkan memberikan angpao (amplop merah). Angpao ini biasanya diisi dengan sejumlah uang di dalamnya. Jumlahnya tidak harus besar kok, yang penting berupa uang kertas baru dan tidak berbentuk uang logam. Bagi-bagi angpao juga dipercaya makin memperlancar rejeki di kemudian hari.



Itu dia beberapa tradisi yang melekat banget saat imlek tiba. Kalian yang merayakan imlek, apa aja sih tradisi yang kalian lakukan juga? Atau untuk yang gak merayakan imlek, apa tradisi saat imlek tiba yang kalian hafal banget? Share di komen jawabannya ya! emoticon-Big Grin

emoticon-Angpau emoticon-Angpau emoticon-Angpau


anasabila4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
7.5K
88
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.