• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Elang Australia Sengaja Membakar Hutan Untuk Mendapatkan Santapannya

rumevsAvatar border
TS
rumevs
Elang Australia Sengaja Membakar Hutan Untuk Mendapatkan Santapannya
Spoiler for :


Beberapa burung pemangsa telah belajar mengendalikan api, sebuah keterampilan yang sebelumnya dianggap unik bagi manusia. Burung-burung tersebut tampaknya sengaja menyebarkan kebakaran hutan untuk menghalau mangsa.

Temuan ini menunjukkan bahwa burung mungkin telah mengalahkan kita dalam penggunaan api.

Ada banyak anekdot tentang burung pemangsa Australia yang memanfaatkan api, menurut ahli ornitologi Bob Gosford di Central Land Council di Alice Springs, Northern Territory. Sebagian besar berasal dari suku Aborigin yang mengelola kebakaran secara alami di padang rumput tropis Australia utara , yang berada di atas Queensland, Northern Territory dan Western Australia.

Ketiga spesies tersebut adalah Elang paria ( Milvus migrans ), Elang siul ( Haliastur sphenurus ) dan Alap-alap coklat
( Falco berigora ).
Spoiler for :


Klaimnya adalah bahwa burung-burung itu mengambil ranting-ranting yang telah terbakar dari api yang ada dan menjatuhkannya ke tempat lain untuk menyalakan api baru. Ini akan memaksa mangsa yang tersembunyi di semak-semak.

Kini telah terbukti bahwa burung pemangsa di Australia tidak hanya bertanggung jawab atas penyebaran kebakaran hutan, tapi juga melakukannya dengan sengaja . Ini berarti bahwa manusia tidak unik dalam memanfaatkan api dan bahkan mungkin dikalahkan oleh unggas pembakar ini.

Ini bukan pertama kalinya bukti bahwa raptor mungkin telah memanfaatkan bunga merah untuk mereka gunakan untuk kepentingan sendiri. Tapi banyak pakar lain yang skeptis terhadap kebiasaan burung tersebut.

Spoiler for :


Tampaknya jelas bahwa burung-burung itu benar-benar menyebarkan api , hanya saja beberapa orang tidak percaya bahwa ada maksud di balik pembakaran tersebut dan bahwa itu tidak lebih dari kebetulan atas nama kepentingan raptor.

Sebagai tanggapan atas kritik tersebut, Gosford berani bertaruh, menghabiskan tahun lalu untuk mengumpulkan lebih banyak laporan saksi mata burung pemangsa yang sengaja membawa ranting dan bara api untuk membakar habis padang rumput lainnya.

Dalam makalah terbarunya, yang diterbitkan dalam Journal of Ethnobiology , Gosford memerinci 20 laporan saksi mata lainnya mengenai perilaku ini, dan juga menambahkan Elang siul ke dalam kelompok burung pencetus kebakaran pilihan.

Diperkirakan burung-burung memanfaatkan sambaran petir yang memicu kebakaran hutan di Australia utara. Ini adalah proses alami yang sering terjadi, tanaman dan bentang alam tersulut dengan kobaran api dengan cepat yang merusak daerah tersebut.

Spoiler for :


Para raptor telah diobservasi dengan memungut ranting-ranting yang terbakar dari api dan kemudian terbang sejauh 50 meter menuju permukaan padang rumput dan hutan yang belun terbakar, di mana mereka dengan sengaja menjatuhkannya, menyebarkan api.

Selanjutnya, burung-burung kemudian akan duduk di ujung kobaran api, dan menunggu mamalia kecil, reptil, amfibi, dan serangga yang melarikan diri dari api, menyambar makhluk tak berdaya saat mereka berusaha menyelamatkan diri.

Makalah terbaru ini telah mengumpulkan keseluruhan laporan terbaru. Salah satu laporan tersebut berasal dari seorang mantan pemadam kebakaran Dick Eussen, yang sedang bertarung melawan api di dekat Kakadu, di Northern Territory.

Spoiler for :


Dia menceritakan bagaimana saat mereka menangani sebuah kebakaran, mereka menyadari ada yang menyebar di sisi lain jalan dan menemukan seekor Elang siul bertengger pada sebuah pohon sambil memegangi ranting berasap. Selama menjalankan tugas tersebut, petugas pemadam kebakaran harus memadamkan total tujuh kebakaran baru yang dimulai oleh burung-burung tersebut.

Perilaku ini bisa menjelaskan mengapa kebakaran tiba-tiba tampak melonjak, dan para periset sekarang meminta laporan serupa dari belahan dunia lain, seperti Afrika dan Amerika, untuk memajukan pemahaman kita tentang hubungan manusia dengan api, dan sejarah penyebaran padang rumput yang luas.





emoticon-Toast


Diubah oleh rumevs 30-01-2018 17:14
0
34.4K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.