• Beranda
  • ...
  • Health
  • Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini


Siapa sih yang tidak merasa risau jika menderita batu ginjal? Penyakit yang satu ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri yang hebat ketika Agan sedang buang air kecil, atau buang air besar. Bahkan, tidak jarang rasa nyeri ini kemudian merambat ke wilayah perut, pangkal paha, dan bagian kemaluan. Mengerikan sekali, bukan?

Awalnya, penyakit ini memang tidak menunjukkan gejala apapun, hingga rasa sakit kemudian datang karena batu di dalam ginjal tesebut bergerak. Setelah itu, barulah muncul beberapa gejala, seperti adanya darah di dalam urin, rasa nyeri yang menyerang bagian bawah rusuk, serta urin yang berbau busuk. Nah, jika mengalami masalah-masalah tersebut, Agan tak boleh panik. Segera ketahui langkah penyembuhan batu ginjal, serta apa saja pengobatannya, melalui penjelasan berikut ini!

Langkah penyembuhan batu ginjal pertama yang harus Agan lakukan adalah pergi ke dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis di bidang pencernaan. Biasanya, jika sudah didiagnosis terkena batu ginjal, dokter akan memeriksa stadium penyakit yang tengah Agan alami. Pengobatan juga akan diberikan dengan melihat ukuran batu ginjal yang Agan kandung. Jika besarnya kurang dari 5 mm, Agan boleh sedikit tenang. Sebab, biasanya dokter hanya akan meminta pasien untuk banyak-banyak minum air, guna memperlancar proses buang air kecil. Namun, jika ukurannya cukup besar dokter akan meminta pasien untuk menjalani terapi-terapi tertentu, seperti :

1. Gelombang kejut



Meskipun namanya gelombang kejut, namun sebenarnya dokter melakukan prosedur ini menggunakan gelombang suara guna menimbulkan getaran yang kuat untuk memecah batu ginjal. Prosedur ini disebut Extracorporeal Shock Wave Lithostripsy (ESWL) dan memakan waktu 45 – 60 menit untuk menjalankannya. Dengan cara ini, batu ginjal akan dipecah menjadi potongan-potongan kecil agar mudah dikeluarkan bersama urin. Efek sampingnya? Tentu ada, mulai dari rasa sakit saat batu ginjal akan keluar hingga terjadinya pendarahan di sekitar ginjal.

2. Pembedahan atau operasi



Langkah penyembuhan batu ginjal lainnya adalah dengan pembedahan atau operasi. Jika terapi dengan gelombang kejut tak kunjung berhasil, biasanya dokter akan menganjurkan Agan untuk melakukan pembedahan guna mengangkat batu ginjal. Prosedur pembedahan yang dikenal dengan nama percutaneous nephrolithotomy ini melibatkan teleskop kecil yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui torehan kecil di punggung Agan. Setelah operasi selesai dilaksanakan, Agan akan dianjurkan untuk dirawat selama beberapa hari untuk proses penyembuhan.

3. Hemodialisis



Langkah penyembuhan batu ginjal yang satu ini biasanya dilakukan jika penyakit batu ginjal sudah sangat parah sehingga ginjal tak mampu lagi menjalankan fungsinya. Peran hemodialisis adalah untuk menggantikan fungsi ginjal yang hilang. Proses terapi ini diawali dengan menukar berbagai zat yang terkandung dalam darah dengan cairan dialisat -serupa dengan cairan tubuh normal. Prosedur ini biasanya berlangsung selama 4 – 5 jam , dan harus rutin dijalani 2 – 3 kali dalam seminggu.

Nah, itu dia beberapa langkah penyembuhan batu ginjal. Jangan lupa, selama proses penyembuhan, hindari minuman bersoda, makanan yang mengandung garam, perbanyaklah minum air putih serta konsumsi makanan kaya serat. Semoga bermanfaat!


emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome

0
20K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.