News
Batal
KATEGORI
link has been copied
147
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a693fa19a095146758b4567/31-januari-2018-nanti-bulan-biru-akan-berwarna-merah
Tanggal 31 Januari tinggal menghitung hari nih. Belakangan ini, sebagian dari GanSis pasti sudah pernah baca informasi kalau di tanggal itu akan terjadi peristiwa Blue Moon alias
Lapor Hansip
25-01-2018 09:23

31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Selamat Datang di Trit Ane emoticon-Malu (S)

Quote:
Quote:
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!

Quote:
Ilustrasi. Kredit: Science.nasa.gov


Tanggal 31 Januari tinggal menghitung hari nih. Belakangan ini, sebagian dari GanSis pasti sudah pernah baca informasi kalau di tanggal itu akan terjadi peristiwa Blue Moon alias Bulan Biru. Tapi, apa Bulan akan bener-bener berwarna biru?

Quote:
Menurut info yang ane baca di InfoAstronomy.org, fenomena Bulan Biru pada 31 Januari 2018 gak bakal bikin Bulan berwarna biru, melainkan justru akan berwarna merah.

Lah, Bulan Biru kok berwarna merah? Mengherankan bukan? emoticon-Takut (S)

Kita kenalan dulu dah dengan Bulan Biru:

Quote:
Usut punya usut, ternyata Bulan Biru awalnya merupakan julukan untuk fase Bulan purnama ketiga dalam satu musim yang memiliki empat fase Bulan purnama. Bulan Biru pada definisi ini akan terjadi sekitar setiap dua setengah tahun sekali. Tapi, rupanya dalam dua dekade terakhir, definisi Bulan Biru telah berubah lho GanSis!

Julukan Bulan Biru juga bisa diberikan ke fase Bulan purnama kedua yang muncul dalam satu bulan kalender. Menurut definisi baru ini, Bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan kalender Masehi akan dijuluki sebagai Bulan Biru. Pada Januari 2018 ini, Bulan purnama sudah terjadi di tanggal 2 kemarin, dan pada tanggal 31 Januari akan terjadi Bulan purnama lagi, sehingga Bulan purnama kedua di Januari ini bisa dijuluki sebagai Bulan Biru.

Kenapa satu bulan kalender bisa ada dua Bulan purnama? Ini pasti ada apa-apanya!

Quote:
Eits, tenang dulu GanSis. Sebelum bikin teori konspirasi tentang Bulan Biru, ada baiknya kita tabayun cari tau sebenernya kenapa ini bisa terjadi ya kan.

Jadi, dua Bulan purnama yang terjadi dua kali ini hanya terjadi di penanggalan Masehi (yang berbasis Matahari), sementara penanggalan yang berbasis Bulan seperti Hijriah tetep punya satu Bulan purnama tiap tengah bulannya (tanggal 15 hijriah). Perlu diketahui, penanggalan Masehi tidak berdasarkan pada periode orbital Bulan. Terjadinya fenomena Bulan Biru terkait erat dengan jumlah hari dalam kalender matahari (Masehi) dan kalender bulan (Hijriah) ini lho GanSis.

Kalender Masehi memiliki 365 hari dalam setahun, sementara kalender Hijriah hanya memiliki total 354 hari. Akibat perbedaan 11 hari itu, akan ada fase Bulan purnama yang muncul pada waktu yang "tidak seharusnya", yaitu dua kali dalam satu bulan kalender Masehi yang sama. Bila biasanya setiap tahun dalam penanggalan Masehi hanya mempunyai dua belas kali fenomena Bulan purnama, karena perbedaan jumlah hari tadi, maka setiap dua atau tiga tahun sekali (pada kalender Masehi) akan mempunyai tambahan Bulan purnama.

Tambahan Bulan purnama itulah yang biasa dijuluki sebagai Bulan Biru. Biasanya, Bulan Biru terjadi pada bulan Januari dan Maret. Bulan Biru Januari terjadi menjelang akhir bulan, sementara Bulan Biru pada Maret terjadi di awal bulan.

Quote:
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!

Sampai di sini, kayaknya sudah cukup jelas ya tentang apa itu Bulan Biru. Lalu, kenapa Bulan Biru tanggal 31 Januari 2018 justru berwarna merah? Jawabannya: ada peristiwa Gerhana Bulan Total.

Quote:
Walaupun kayaknya sudah sering banget informasi Gerhana Bulan Total muncul di Kaskus,
di sini ane mau ngingetin aja. emoticon-Big Grin

Bulan Biru 31 Januari 2018 akan berwarna merah karena akan digerhanai oleh Bumi. Yak, bukannya gelap, Bulan justru akan berwarna kemerahan. Cahaya Matahari terdiri dari berbagai frekuensi warna. Saat cahaya Matahari menerobos atmosfer Bumi kita, cahaya berfrekuensi tinggi seperti hijau, biru, dan ungu lebih mudah dihamburkan molekul atmosfer Bumi dibandingkan cahaya berfrekuensi rendah seperti cahaya kuning, oranye dan merah. Penghamburan cahaya berfrekuensi tinggi ini menyebabkan langit berwarna biru di kala siang.

Dengan begitu, cahaya kuning, oranye, dan merah akan dengan mudah melewati atmosfer dengan jalur yang lurus dan hampir tidak akan memantul jika berinteraksi dengan molekul di atmosfer Bumi kita. Pembiasan atmosfer akan mengubah arah cahaya tersebut ke arah umbra Bumi, atau bayangan gelap Bumi.

Jika ada objek langit di umbra, seperti Bulan saat gerhana total misalnya, maka cahaya yang terbiaskan akan menyinari Bulan dan dipantulkan menuju sisi malam Bumi (lokasi pengamatan kita). Ketika kita mengamatinya, kita akan melihat warna merah pada Bulan.

Pengin lihat Bulan Merahnya GanSis? Catet nih jam-jam pentingnya!

Quote:
Mumpung seluruh Indonesia kebagian buat ngamat peristiwa Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018, nih ane kasih jam-jam pentingnya yang ane kutip dari InfoAstronomy.org:

Awal Gerhana Penumbra: 17.51 WIB (18.51 WITA, 19.51 WIT)
Awal Gerhana Parsial/Sebagian: 18.48 WIB (19.48 WITA, 20.48 WIT)
Awal Gerhana Total: 19.51 WIB (20.51 WITA, 21.51 WIT)
Puncak Gerhana Total: 20.29 WIB (21.29 WITA, 22.29 WIT)
Akhir Gerhana Total: 21.07 WIB (22.07 WITA, 23.07 WIT)
Akhir Gerhana Parsial/Sebagian: 22.11 WIB (23.11 WITA, 00.11 WIT [1 Februari 2018])
Akhir Gerhana Penumbra: 23.08 WIB (00.08 WITA, 01.08 WIT [1 Februari 2018])



Nah, GanSis. Itu dia sedikit penjelasan tentang Bulan Biru yang akan berwarna merah pada 31 Januari 2018 nanti. Semoga cuaca bersahabat yak. Bagi yang muslim, jangan lupa sholat khusuf gerhana.

Ane gak nolak cendol atau bantuan rate.
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star

Quote:
Diubah oleh rizamuharram
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 4 dari 8
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:08
Dilihatnya dari mana gan?
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:13
duh liat di youtube aja deh lebih gampang
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:27
Quote:Original Posted By david_newcastle
bulan merah artinya tanggal tua bree blon gajian emoticon-Frown


anjrot emoticon-Ngakak
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:39
Quote:Original Posted By ggmu423
Izin komen gan
kalo menurut ane sih bulan itu memiliki cahaya sendiri, karen kalo cahaya matahari itu kan jauh, dalam ilmu fisika semakin jauh cahaya maka akan semakin membesar, bukan semakin mengecil,jadi intinya bulan itu punya cahaya tersendiri, dan bersifat dingin, dan kalo ada orang yg percaya bahwa pernah ada orang yg pergi ke bulan itu hoax, baca aja wikipedia kalo neil amstrong itu gk pernah ke bulan, itu hanya konspirasi yg di buat oleh nasa 😂😂😂


abis nonton video bumi datar di yutub bre? jadi lebih pinter gitu yak? selamat melawan elit global dah emoticon-Wakaka
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:41
Quote:Original Posted By rozije
mugen tsukiyomi emoticon-Sundul Up


madara akan datang bre emoticon-Leh Uga
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:42
Quote:Original Posted By ggmu423
Izin komen gan
kalo menurut ane sih bulan itu memiliki cahaya sendiri, karen kalo cahaya matahari itu kan jauh, dalam ilmu fisika semakin jauh cahaya maka akan semakin membesar, bukan semakin mengecil,jadi intinya bulan itu punya cahaya tersendiri, dan bersifat dingin, dan kalo ada orang yg percaya bahwa pernah ada orang yg pergi ke bulan itu hoax, baca aja wikipedia kalo neil amstrong itu gk pernah ke bulan, itu hanya konspirasi yg di buat oleh nasa 😂😂😂


flat earth detected.....hehehehe
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:42
Quote:Original Posted By rizamuharram
abis nonton video bumi datar di yutub bre? jadi lebih pinter gitu yak? selamat melawan elit global dah emoticon-Wakaka


emang agan percaya neil amstrong ke bulan, orang benderanya aja kelihatan berkibar2, katanya kan di bulan gk ada angin, coba tonton deh video nya, itu di bulan asli atau hanya syutingemoticon-Sundul Up
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:47
Quote:Original Posted By ggmu423
emang agan percaya neil amstrong ke bulan, orang benderanya aja kelihatan berkibar2, katanya kan di bulan gk ada angin, coba tonton deh video nya, itu di bulan asli atau hanya syutingemoticon-Sundul Up


Setau ane sih benderanya gak berkibar. Tapi karena tiang benderanya berbentuk L terbalik. Di bulan juga gak ada udara, jadi kerutan di bendera akan kaku terus.

Coba liat foto ini. Gabungan dari dua foto, astronot bergerak tapi benderanya kagak:

bendera


Lagian kenapa jadi bahas pendaratan di bulan dah, orang ini trit gerhana. Kalo gak percaya gerhana juga, nanti ngamat dan buktiin sendiri aja tanggal 31 Januari. Jamnya dah ada di trit. emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rizamuharram
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:47
Quote:Original Posted By doelstac
flat earth detected.....hehehehe


Ane enggak milih fe/manapun ,ane nyadar aja kalo gk ada yg pernah bisa pergi ke luar angkasa, buktinya konspirasi pendaratan di bulan itu udah terbongkaremoticon-Sundul Up
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:49
masih mesti menunggu beberapa hari lagi emoticon-linux2
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:50
Quote:Original Posted By rizamuharram
Setau ane sih benderanya gak berkibar. Tapi karena tiang benderanya berbentuk L terbalik. Di bulan juga gak ada udara, jadi kerutan di bendera akan kaku terus.

Coba liat foto ini. Gabungan dari dua foto, astronot bergerak tapi bulannya kagak:

bendera


Lagian kenapa jadi bahas pendaratan di bulan dah, orang ini trit gerhana. Kalo gak percaya gerhana juga, nanti ngamat dan buktiin sendiri aja tanggal 31 Januari. Jamnya dah ada di trit. emoticon-Leh Uga


gk pernah baca wikipedia ya gan, setelah 50 tahun terbongkar, orang itu foto agan palsu, setau ane tahun 50an videobitu hitam putih gk ada warnanya download yg asli, bendera berkibar terus tali astronaut buat loncat2 keliatan emoticon-Sundul Up
Diubah oleh ggmu423
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:51
Quote:Original Posted By ggmu423
gk pernah baca wikipedia ya gan, setelah 50 tahun terbongkar, orang itu foto agan palsu, download yg asli, bendera berkibar terus tali astronaut buat loncat2 keliatan emoticon-Sundul Up


mana coba video atau fotonya gan ane mau liat.. linknya aja bagi emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh rizamuharram
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:52
Quote:Original Posted By ggmu423
Ane enggak milih fe/manapun ,ane nyadar aja kalo gk ada yg pernah bisa pergi ke luar angkasa, buktinya konspirasi pendaratan di bulan itu udah terbongkaremoticon-Sundul Up


Pernyataan ente yang bilang bulan punya cahaya sendiri.....itu bre....bukan masalah pendaratan di Bulan bre.....lagian skrg udah pada tau klo itu bohong.....bahkan Astronotnya yg ngaku sendiri kok....
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:56
Quote:Original Posted By rizamuharram
mana coba video atau fotonya gan ane mau liat.. linknya aja bagi emoticon-Ngakak (S)


ini salah satunya bang
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 22:57
harus nonton nih....
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 23:01
Quote:Original Posted By doelstac
Pernyataan ente yang bilang bulan punya cahaya sendiri.....itu bre....bukan masalah pendaratan di Bulan bre.....lagian skrg udah pada tau klo itu bohong.....bahkan Astronotnya yg ngaku sendiri kok....


gini aja ya
ente pernah baca Al- qur'an kan? kan di jelaskan di Al-qur'an itu bulan dan matahari itu sesuatu yg berbeda satu sama lain, dan diciptakan sesuai manfaatnya masing2 matahari keluar di siang hari sedangkan bulan keliar di malam hari, pada intinya mereka punya kelebihan masing2,berarti mereka punya cahaya masing2 dongemoticon-Sundul Up
Coba search aja bang ayat yg menerangkan tentang matahari dan bulan supaya bisa menambah wawasan.dan open mindedemoticon-Sundul Up
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 23:02
Quote:Original Posted By udhieabdul
harus nonton nih....


banyak bang di youtube itu hanya salah satu
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 23:02
mangstap ganemoticon-2 Jempol
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 23:04
mesti nyari spot bagus nih ......
0 0
0
31 Januari 2018 Nanti, Bulan Biru akan Berwarna Merah!
27-01-2018 23:04
Quote:Original Posted By ggmu423
ini salah satunya bang


oke bre ane udah nonton. Terus hubungannya sama bulan memancarkan cahaya apaan? emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia