Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
103
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a6aa76f92523361018b456e/kenali-langkah-penyembuhan-batu-ginjal-sejak-dini
Siapa sih yang tidak merasa risau jika menderita batu ginjal? Penyakit yang satu ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri yang hebat ketika Agan sedang buang air kecil,
Lapor Hansip
26-01-2018 10:58

Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini

Past Hot Thread
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini

Siapa sih yang tidak merasa risau jika menderita batu ginjal? Penyakit yang satu ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri yang hebat ketika Agan sedang buang air kecil, atau buang air besar. Bahkan, tidak jarang rasa nyeri ini kemudian merambat ke wilayah perut, pangkal paha, dan bagian kemaluan. Mengerikan sekali, bukan?

Awalnya, penyakit ini memang tidak menunjukkan gejala apapun, hingga rasa sakit kemudian datang karena batu di dalam ginjal tesebut bergerak. Setelah itu, barulah muncul beberapa gejala, seperti adanya darah di dalam urin, rasa nyeri yang menyerang bagian bawah rusuk, serta urin yang berbau busuk. Nah, jika mengalami masalah-masalah tersebut, Agan tak boleh panik. Segera ketahui langkah penyembuhan batu ginjal, serta apa saja pengobatannya, melalui penjelasan berikut ini!

Langkah penyembuhan batu ginjal pertama yang harus Agan lakukan adalah pergi ke dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis di bidang pencernaan. Biasanya, jika sudah didiagnosis terkena batu ginjal, dokter akan memeriksa stadium penyakit yang tengah Agan alami. Pengobatan juga akan diberikan dengan melihat ukuran batu ginjal yang Agan kandung. Jika besarnya kurang dari 5 mm, Agan boleh sedikit tenang. Sebab, biasanya dokter hanya akan meminta pasien untuk banyak-banyak minum air, guna memperlancar proses buang air kecil. Namun, jika ukurannya cukup besar dokter akan meminta pasien untuk menjalani terapi-terapi tertentu, seperti :

1. Gelombang kejut

Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini


Meskipun namanya gelombang kejut, namun sebenarnya dokter melakukan prosedur ini menggunakan gelombang suara guna menimbulkan getaran yang kuat untuk memecah batu ginjal. Prosedur ini disebut Extracorporeal Shock Wave Lithostripsy (ESWL) dan memakan waktu 45 – 60 menit untuk menjalankannya. Dengan cara ini, batu ginjal akan dipecah menjadi potongan-potongan kecil agar mudah dikeluarkan bersama urin. Efek sampingnya? Tentu ada, mulai dari rasa sakit saat batu ginjal akan keluar hingga terjadinya pendarahan di sekitar ginjal.

2. Pembedahan atau operasi

Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini

Langkah penyembuhan batu ginjal lainnya adalah dengan pembedahan atau operasi. Jika terapi dengan gelombang kejut tak kunjung berhasil, biasanya dokter akan menganjurkan Agan untuk melakukan pembedahan guna mengangkat batu ginjal. Prosedur pembedahan yang dikenal dengan nama percutaneous nephrolithotomy ini melibatkan teleskop kecil yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui torehan kecil di punggung Agan. Setelah operasi selesai dilaksanakan, Agan akan dianjurkan untuk dirawat selama beberapa hari untuk proses penyembuhan.

3. Hemodialisis

Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini


Langkah penyembuhan batu ginjal yang satu ini biasanya dilakukan jika penyakit batu ginjal sudah sangat parah sehingga ginjal tak mampu lagi menjalankan fungsinya. Peran hemodialisis adalah untuk menggantikan fungsi ginjal yang hilang. Proses terapi ini diawali dengan menukar berbagai zat yang terkandung dalam darah dengan cairan dialisat -serupa dengan cairan tubuh normal. Prosedur ini biasanya berlangsung selama 4 – 5 jam , dan harus rutin dijalani 2 – 3 kali dalam seminggu.

Nah, itu dia beberapa langkah penyembuhan batu ginjal. Jangan lupa, selama proses penyembuhan, hindari minuman bersoda, makanan yang mengandung garam, perbanyaklah minum air putih serta konsumsi makanan kaya serat. Semoga bermanfaat!


emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome

0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 21:38
Buat operasinya mahal sangat.

Kalau enggak dibantu asuransi kesehatan bisa-bisa kedodoran diongkos. emoticon-Takut
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 21:56
wih ngeri juga :sedih
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:01
Jangan kelamaan nahan kencing
Jangan lebanyakan minum soda dan manis manis (minuman yg kemasan banyak ygvmanis manis)
Ramuan ane biasanya
Minum daun kumis kucing dan daun kaca beling
Minum seminggu sekali buat jaga
Kalo sedang mengalami rasa sakit nya
Minum tiap hari sehari 2 x sampe 3 hari
Ketika kemih berasa sangat berat langsung hentiin minum itu insya allah barunya jadi pasir
Eia ketika buang air lencing usahakan airnya tampung dlu biar kita tau uda keluar apa belum batunya
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:01
nice info gan, memang kita mesti waspada sama ginjal ini. bahaya klo sudah kena.. semoga kita semua sehat walafiat.. amien
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:03
Naiz infonya ...
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:07
Ini sakit yg paling serem gan..
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:07
Bukannya ada ug alser jg ya?
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:09
Kok ngilu ya
Ga ada tips buat mencegah nya gitu?
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:12
kalo minum jamu KEJI BELING piye gan?
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:17
kuncinya minum air purih yang cukup...
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:25
Quote:Original Posted By godok.indonesia


Langkah penyembuhan batu ginjal yang satu ini biasanya dilakukan jika penyakit batu ginjal sudah sangat parah sehingga ginjal tak mampu lagi menjalankan fungsinya. Peran hemodialisis adalah untuk menggantikan fungsi ginjal yang hilang. Proses terapi ini diawali dengan menukar berbagai zat yang terkandung dalam darah dengan cairan dialisat -serupa dengan cairan tubuh normal. Prosedur ini biasanya berlangsung selama 4 – 5 jam , dan harus rutin dijalani 2 – 3 kali dalam seminggu.


Hal ini ane kurang setuju gan... kenapa? Penyakit ginjal yg disebabkan oleh batu ginjal atau penyakit lainnya apabila sudah dalam tahap ini sudah tidak bisa disembuhkan. Jadi dengan adanya hemodialisis penyakit ginjal tidak akan sembuh gan. Justru alat hemodialisis inilah pengganti ginjal. Ginjalnya mah tidak berfungsi,ngendon dalam tubuh tanpa adanya fungsi apapun. Jadi tidak bisa disembuhkan ya gan, kecuali agan cangkok ginjal, itu juga tidak menyembuhkan tp mengganti organ. Klo di tiongkok kalau gak salah ada metode stem cell buat yg gagal ginjal tanpa harus transpalasi alias tanpa cangkok dari organ org lain.

Oh iya klo udah hemodialisis,sekali hemo alias cuci darah paling murah 700rb. Klo bpjs gratis, tp amit amit deh biar gratispun.
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:35
nice info gan emoticon-Leh Uga
Diubah oleh ahmed16
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:42
Waktu itu bapak ane kena, setelah konsul sm dokter d putusin lah utk proses selanjutnya (operasi) trus wkt mau mutusin tgl operasinya bokap ane curhat lah sm tmnnya yg sblmnya pernah operasi serupa tp tmnnya blg klo efek pasca operasi bisa bla..bla..bla... nah jiper lah bokap ane trus dia mulai coba2 dah tuh pake pengobatan alternatif sm ahli alternatifnya d suruh minum kelapa muda dgn proses itu kelapa muda yg bnr2 metik dr pohonnya (ga boleh itu kelapa nyentuh tanah) trus itu buah kelapanya d bakar smp mendidih airnya d campur sm bahan2 tertentu (ane lupa) seminggu rutin minum itu kelapa. N alhamdulillah batunya keluar sendiri n bokap ane sembuh dehemoticon-Shakehand2
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:42
harus cuci darah nih
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:46
Dokter Oz saya mau tanya, penyebab batu ginjal itu apa?
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:47
aku coba kenali terlebih dahulu emoticon-Thinking
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 22:53
trit yg emejing bgt gan.....kapan yaa ane bisa bikin trit sebagus ts soal wawasannyaemoticon-Frownemoticon-Frown


emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 23:04
Wah serem banget batu ginjal, jadi takut ane
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 23:19
ane pernah ngeluarin kayak kristal dari saluran kencing gan. sakit banget disertai darah
0 0
0
Kenali Langkah Penyembuhan Batu Ginjal Sejak Dini
27-01-2018 23:45
Banyak minum air putih gan emoticon-Ngacir
0 0
0
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia