reza53Avatar border
TS
reza53
Ingin mempertahankan karyawan terbaik yang Anda miliki?
Mungkin Anda berpikir cara terbaik untuk mempertahankannya adalah dengan memberinya kenaikan gaji. Nyatanya, pepatah lama - Uang tidak dapat membeli kebahagiaan – mungkin ada benarnya.

Bonus, fasilitas perusahaan, dan gaji selama cuti tidak cukup untuk membahagiakan karyawan. Apresiasi, rasa hormat, dan penghargaan dari perusahaan kepada karyawan secara pribadilah yang dapat membahagiakan karyawan.

Ada juga beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan agar karyawan tetap bahagia dan bekerja keras.


1. Target dan visi bisnis yang jelas




– Menurut psikolog, target yang didefinisikan dengan jelas dapat meningkatkan kedisiplinan ketika bekerja. Dengan target yang jelas, karyawan memiliki tujuan yang harus dicapai. Selain itu, target tersebut juga memungkinkan karyawan memahami bahwa pekerjaan yang mereka lakukan turut berkontribusi dalam pembuatan produk atau layanan perusahaan.

2. Transparansi



– Selain target dan visi yang jelas, Anda juga harus transparan terkait kondisi perusahaan. Rumor tentang pemutusan hubungan kerja (PHK) atau kekhawatiran terkait pelemahan ekonomi hanya akan merusak konsentrasi kerja karyawan. Bahkan, jika Anda memilki kabar buruk yang harus diutarakan, katakan sejujurnya kepada karyawan.

3. Kurangi rapat –





Meskipun rapat sebagai sarana komunikasi dan bertukar pikiran adalah bagian penting dari suatu organisasi, terlalu banyak mengadakan rapat atau menggelar rapat tanpa tujuan yang jelas dapat memperburuk hari kerja dan membuang waktu. Anda harus mampu memilah mana rapat yang penting dan tidak penting atau yang harus dilakukan dan opsional. Dalam beberapa kasus, penggunaan memo sederhana atau update email dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berkomunikasi.

4. Dorong komunikasi –






Bisnis harus memberi ruang kepada atasan untuk berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan mudah. Percakapan santai di ruang istirahat dapat menjadi percakapan yang kolaboratif. Oleh karena itu, buatlah ruang istirahat yang menarik dan efektif dengan furnitur yang bagus, meja, serta makanan ringan dan minuman.

5. Akui dan hargai karyawan –








Penghargaan dan pengakuan adalah motivator terbaik bagi karyawan. Jika karyawan berani mengambil resiko, berikan reward. Anda dapat memberikan gift card untuk makan malam, 1 hari cuti tambahan, tiket ke berbagai pertunjukan, dan lain-lain. Hal-hal yang Anda anggap kecil pun berarti bagi mereka.
Diubah oleh reza53 25-01-2018 08:33
0
18.7K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.