• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Yuk Mengenal Calon Bupati Termiskin di Pilkada 2018, Hartanya Pun Minus

powerpunk
TS
powerpunk
Yuk Mengenal Calon Bupati Termiskin di Pilkada 2018, Hartanya Pun Minus

HOT THREAD KE 115
*27 Januari 2018*





Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Tak salah rasanya jika kita menyebut tahun ini dan tahun depan adalah tahun politik. Perhelatan pilkada serentak yang di jadwalkan akan di gelar 27 Juni 2018 ini adalah sebagai ajang pemanasan jelang perhelatan yang sesungguhnya tahun depan. Tahun depan merupakan kali pertama sepanjang sejarah republik ini berdiri, seorang kepala pemerintahan sekaligus kepala negara di pilih berbarengan dengan pemilihan wakil rakyat di Senayan.


Ya, tahun 2019 mendatang, seorang presiden akan dipilih bersamaan dengan pemilihan anggota parlemen. Hal ini sesuai dengan keputusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan judicial review yang di ajukan oleh salah satu tokoh politik sekaligus Ketua Umum Parta Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra beberapa waktu yang lalu.

Namun sebelum membahas mengenai pemilu tahun depan, kita kulik dulu pemilukada tahun ini. Pemilukada tahun 2018 ini akan di gelar di 171 daerah, terdiri dari 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. Di pulau Jawa sendiri yang merupakan pulau dengan populasi terpadat di Indonesia akan di gelar di 3 provinsi, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Di Jawa Timur, tahapan pemilukada kali ini di warnai dengan isu mahar politik yang menimpa salah satu bakal calon gubernur. Menurut pengakuannya, dia di peras oleh oknum salah satu petinggi partai politik untuk bisa mendapat dukungan sebagai salah satu syarat bisa mencalonkan diri menjadi cagub. Akibat kejadian ini, ia pun urung mencalonkan diri.


Terlepas dari benar atau tidaknya isu ini, namun seseorang yang ingin mencalonkan diri sebagai gubernur/ bupati sudah barang tentu harus merogoh kantong pribadinya. Baik untuk biaya pemenangan, biaya kampanye, maupun biaya - biaya lainnya yang tentu jumlahnya tak sedikit. Oleh karena itu, secara aturan tak tertulis, seseorang yang punya niatan untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah haruslah punya modal finansial yang kuat, selain elektabilitas dan popularitas yang tinggi pula tentunya.

Namun, ternyata di balik pandangan mayoritas masyarakat yang menganggap seorang calon kepala daerah adalah orang kaya, ada pula calon kepala daerah yang ternyata termasuk orang miskin. Bahkan saking miskinnya, dia tak punya harta sama sekali. Hal ini terungkap dari Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang di laporkan calon tersebut kepada KPK. Laporan ini sebagai salah satu syarat seseorang mencalonkan diri sebagai kepala daerah atau pejabat negara agar nanti jika menjadi seorang pejabat, kekayaannya tetap bisa di monitor oleh lembaga anti rasuah ini.


Dia adalah Syapuani, bakal calon bupati Murung Raya, sebuah kabupaten yang terletak di Kalimantan Tengah. Dia adalah bakal calon bupati yang maju dari jalur perseorangan di Pilkada 2018 ini. Syapuani tercatat memiliki harta minus. Utangnya lebih besar daripada aset yang dimiliki. Tercatat, dalam LHKPN, kekayaannya minus Rp 115.172.000. Menurut pernyatannya yang di kutip dari Kalteng Pos, dia adalah pensiunan PNS yang punya niat mengabdikan dirinya untuk masyarakat.

Pasangan Syapuani pun tak kalah miskin, jika untuk ukuran seorang calon kepala daerah. Dihasbi, sang bakal calon wakil bupati ini memiliki harta sejumlah Rp. 100 juta.

Ada pula calon kepala daerah yang hanya punya harta kekayaan sebesar Rp. 5 juta saja. Nursalam, bakal calon Wakil Walikota Bau - Bau Sulawesi Tenggara lah orangnya. Dia pun maju dari jalur perseorangan. Dan dia menduduki posisi ketiga calon kepala daerah dengan harta kekayaan terendah.

Untuk lebih lengkapnya, 5 calon kepala daerah yang memiliki harta paling rendah menurut data KPK sampai dengan tanggal 19 Januari kemarin, adalah sebagai berikut :

1. Syapuani Cabup Murung Raya -115.172.000

2. Sirajudin Paskalis Cawabup Manggarai Timur -94.780.996

3. Nur Salam Cawali Bau-Bau 5.000.000

4. Habib Said Abdul Saleh Cawabup Barito Timur 14.820.667

5. Martinus A. Cawabup Kubu Raya Rp 22.000.000


Semoga jika para calon pemimpin ini benar - benar menjadi pemimpin kelak, tujuan mulianya di awal, yang ingin memajukan daerahnya dapat benar - benar terwujud dan menjadi pemimpin yang amanah tanpa merasa punya hutang budi kepada parpol atau penyumbang dana manapun.


emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star



Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google





Diubah oleh powerpunk 27-01-2018 10:53
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
44.9K
277
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.