jatafest.juniorAvatar border
TS
jatafest.junior
Jack Ma: Ubah Pendidikan agar Bersaing dengan Robot
Agustina MelaniAgustina Melani
25 Jan 2018, 13:04 WIB

Kisah CEO Alibaba Jack Ma, Dari Guru Miskin Kini Miliarder
Jack Ma pernah menjadi seorang guru Bahasa Inggris dengan bayaran hanya sekitar US$ 12 - US$ 15 per bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder Jack Ma menilai mengubah pendidikan menjadi salah satu cara agar generasi muda dapat bersaing dengan robot. Hal ini terkait laporan McKinsey menyebutkan kalau robot dapat menggantikan sekitar 800 juta pekerjaan pada 2030.

Dalam pertemuan World Economic Forum di Davos, Swiss, Jack Ma menilai, pendidikan menjadi salah satu tantangan terbesar. Jika tidak mengubah sistem pendidikan, Jack Ma menilai, kehidupan manusia dapat temui masalah ke depan. Ini mengingat, hal yang diajarkan sekarang adalah mengenai sesuatu hal dari 200 tahun lalu.

"Pendidikan merupakan masalah terbesar sekarang. Jika kita tidak mengubah jalan atau sistem mengajar maka dalam 30 tahun nanti jadi masalah. Kita tidak dapat mengajar anak kita untuk bersaing dengan mesin karena mereka lebih pintar," ujar Ma, Kamis (25/1/2018).

Jack Ma menilai, dunia pendidikan sekarang dan orangtua harus mengajar sesuatu yang unik, salah satunya kemampuan sosial. Hal yang tidak dapat dirasakan dan dilakukan oleh robot.

"Kita perlu mengajar anak kita soal nilai, kepercayaan, independent thinking, teamwork, peduli orang lain. Ini bagian yang peka yang tidak diajarkan," kata dia.

Oleh karena itu, menurut Jack Ma, anak perlu diajarkan olahraga, musik, seni. Hal ini membuat berbeda dengan robot. "Jika mesin dan robot lakukan lebih baik, Anda harus memikirkan hal itu," ujar Jack Ma.

Jack Ma menuturkan, teknologi baru menyebabkan masalah sosial. "Artificial Inteligence (AI) dan robot akan membunuh banyak pekerjaan karena itu akan dilakukan mesin," kata Jack Ma.

Ia juga memperingatkan soal perkembangan teknologi yang begitu cepat akan terjadi. "Revolusi teknologi pertama sebabkan perang dunia. Revolusi kedua sebabkan revolusi teknologi yang sebabkan perang dunia kedua. Kini masuk ketiga," tutur dia.

Bos Alibaba ini mengatakan, perang dunia berikutnya melawan penyakit, polusi, kemiskinan.

sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/3238...g-dengan-robot


Quote:


kalo yang disini mah sante2 aja, ga pernah ada masalah berarti kog. yang penting genjot terus, mau berharga atau enggak yang penting pok pok pok pok pok breee... emoticon-Big Grin
Diubah oleh jatafest.junior 26-01-2018 03:36
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
5.4K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.