• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Lunasin Hutang Nigeria, Ini Sosok di Balik Microsoft Pelunas Hutang

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Lunasin Hutang Nigeria, Ini Sosok di Balik Microsoft Pelunas Hutang

Foto: DailyExpress

Ane yakin mayoritas Agan pasti tau dengan berita kalo Bill Gates, sang pendiri Microsoft baru aja ngelunasi hutang Nigeria ke Jepang sebesar 76 juta dollar AS atau setara Rp 950 miliar untuk pemberantasan polio. Pinjaman ini emang salah satu program Overseas Development Assistance (ODA) yang diselenggarakan Pemerintah Jepang di tahun 2014, buat ngebasmi wabah polio di dunia. Berkat minjem ke Jepang, Nigeria pun berhasil bersih dari polio di tahun 2017 lalu.

Tapi sayang, Nigeria ini kan negara miskin di Afrika Barat, bahkan jadi negara paling miskin nomor 3 di dunia! Kasian banget kan, udah gitu Nigeria juga punya penduduk miskin terbanyak di dunia yakni 83 juta jiwa dari total 193 juta penduduknya. Bukan cuma itu, Nigeria ini jadi negara terpadat penduduknya di Afrika dan nomor 7 terpadat di dunia.


Foto: tirto.id

Di usianya yang ke-62 di tahun 2017 lalu, Bill Gates yang merupakan co-founder Microsoft ini punya kekayaan 86 miliar dollar Amerika Serikat atau setara Rp 1161 triliun! SERIBU SERATUS ENAM PULUH SATU T-R-I-L-I-U-N RUPIAH.Makin berasa ane hanyalah remah-remah biskuit yang bikin gatel kerongkongan.

Dari mana sih Opa Bill Gates dapat harta sebanyak itu?

1. Bill Gates mendirikan Microsoft


Foto: The Telegraph

Ini dia yang membuat William Henry Gates III atau Bill Gates, mendirikan Microsoft bersama Paul Allen di tahun 1975. Tapi, si Gates ini nggak mau diinvest modal sama venture capitalist. Alesannya, dia nggak mau dikendaliin investor dan Microsoft emang nggak butuh modal lagi. Wih sebuah pendirian banget ya Gan.

Efeknya, ternyata keuntungan Microsoft itu mencapai 34 persen sebelum pajak! Sampai akhirnya Microsoft IPO di tahun 1986, Opa Bill Gates masih punya 45 persen saham Microsoft yang nilainya mencapai 350 juta dollar AS. Tahun segitu udah punya nilai saham sebanyak itu emoticon-Matabelo

Meski bisa dibilang banyak banget, tapi ternyata sejak Windows 95 dan Microsoft Office sukses dan laku keras, nilai saham Microsoft sekarang naik hingga mencapai 60ribu persen. Coba bayangkan.

2. Suka menyumbang alias dermawan


Foto: Daily Mail

Kayaknya hampir semua orang tau ya kalo Bill Gates ini sosok yang sangat dermawan. Sejak Opa Bill Gates mundur dari posisi CEO di tahun 2000 dan juga mundur dari Chairman Microsoft, sekarang Opa hanya berperan sebagai technology advisor sejak tahun 2014.

Beritanya, bulan Agustus 2017 kemarin, Opa Bill Gates mendonasikan 64 juta lembar saham Microsoft senilai 4,6 miliar dollar Amerika Serikat atau lebih dari Rp 61 TRILIUN buat amal! Ya Allah ini orang amalnya banyak banget emoticon-Frown Ane jadi malu dengan diri sendiri. Penerima donasinya pun nggak tau ke siapa, tapi kemungkinannya adalah ke lembaga amal yang dia dirikan bareng istrinya, Bill and Melinda Gates Foundation. Foundation ini bergerak di berbagai bidang Gan, mulai dari mencegah penyakit sampai kemiskinan dan dalam bidang pendidikan serta akses teknologi.

3. Paling banyak bukan dari Microsoft


Foto: Business Insider

Meski dikenal sebagai Bapak Microsoft, tapi ternyata mayoritas kekayaannya justru berasal dari manajer investasi Cascade Investment, Michael Larson. Jadi si Larson ini emang jarang banget orang tau, tapi ternyata dia udah di-hire sama Opa Bill Gates sejak 23 tahun lalu. Cascade ini nih yang distribute modal dari Opa Gates ke berbagai bidang.

Percaya nggak, mulai dari Berkshire Hathaway (perusahaan publik terbesar ketiga di dunia yang dipimpin Warren Buffet), grup Strategic Hotel (yang punya 18 hotel mewah di Amerika Serikat dan Jerman; sebut aja Four Seasons Hotel, Washington DC dan JW MArriott Essex House) sampai ke Canadian National Railway (perusahaan kereta api Kanada yang punya jalur terpanjang di Kanada).

Emang berapa banyak sih yang didapet sama Bill Gates tiap harinya?


Foto: businessinsider

Meski kekayaannya terus nambah nih Gan, pokoknya pas narik nafas sekali, kekayaannya juga otomatis nambah. Tapi uangnya itu bakalan dia sumbangin buat amal, di antaranya dengan donasiin 95 persen kekayaannya lewat Giving Pledge, sebuah gerakan kampanye amal yang mengajak para milyader buat nymbangin 50 persen harta kekayaan mereka untuk yang lebih membutuhkan.

Di tahun 2013 lalu, Opa Bill Gates menghasilkan 11,5 miliar dollar Amerika. Berarti dia dapat 33,3 juta dollar Amerika (Rp 440 miliar) per hari atau setar dengan 23.148 dollar Amerika (Rp 300 juta) TIAP MENITNYA!

“This is about building on a wonderful tradition of philanthropy that will ultimately help the world become a much better place.” – Bill Gates


Foto: Vebma

Tanpa perlu nyanyi biar hutangnya dilunasin, bisa nggak ya disebut Microsoft Pelunas Hutang? emoticon-Peace
Biar saingan sama program TV sebelah he he he

Spoiler for BONUS:

Sumur: 12 3

Baca thread ane yang lain di sini
Diubah oleh thatwasfun 19-01-2018 10:24
dijeres
dijeres memberi reputasi
1
28.9K
223
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.