sellicestoneAvatar border
TS
sellicestone
Konspirasi Dibalik Captcha : Sebuah Langkah Kecil Menuju Masa Depan


Saat kita mengisi suatu formulir di internet, sesekali kita diharuskan mengisi captcha untuk membuktikan kita ini bener-bener manusia. Saat daftar akun kaskus juga dulu agan pasti ngisi captcha kan ?

Tapi tanpa kita sadari, di balik layarnya ternyata ada "konspirasi" yang dimanfaatkan pihak lain loh.... Salah satu pelakunya adalah Google Karena ketika agan mengisi captcha buatan Google (Google reCaptcha) maka agan akan membantu AI (Kecerdasan Buatan/Robot) milik mereka menjadi lebih pintar. Ironis bukan, sebuah robot memastikan kita bukan robot untuk membuat robot tersebut menjadi lebih pintar.

Google reCaptcha berawal dari ide sejumlah ahli komputer di Universitas Carnegie Mellon yang kemudian pada tahun 2009 diambil alih Google untuk menyempurnakan AI mereka. Intinya captcha membantu menginput kata-kata ke dalam AI Google yang mana tugas tersebut tidak mungkin diketik secara manual oleh karyawannya. Coba ingat deh, biasanya kita disuguhkan dua kata saat mengisi captcha. Sebenarnya hanya satu kata yang benar-benar merupakan sebuah tes untuk memastikan bahwa kita bukan robot. Sementara kata satunya adalah sebuah kata yang belum terinput ke "otak" AI Google. Dan pada saat agan mengetik kata tersebut, agan juga menginputnya ke AI secara bersamaan.

Lalu bagaimana jika semua kata-kata di seluruh dunia sudah terinput ke AI Google ? Nah maka dari itu Google perlahan mengubah captcha yang tadinya hanya menampilkan teks, menjadi menampilkan teks dalam gambar sampai menampilkan gambar tanpa teks. Tujuannya yaitu membuat AI milik mereka makin pintar mengenali tulisan dan citra/gambar di dunia nyata. Untuk jangka pendeknya, pemanfaatan captcha ini berguna untuk meningkatkan keakuratan mesin pencari mereka semisal Google Image dan Google Street View. Sementara untuk jangka panjang, AI yang sudah sangat pintar bisa dimanfaatkan Google untuk menciptakan teknologi masa depan seperti mobil tanpa supir. Bukankah belakangan ini kita juga sudah kerap berjumpa dengan captcha yang meminta kita untuk memilih gambar mobil/rambu lalu lintas ? Sebuah kebetulan kah ? Kurasa tidak.

Kesimpulannya hanya dengan menulis kata-kata atau sekedar memilih gambar, ternyata kita sudah turut ambil bagian dalam perkembangan teknologi masa depan. Sudah tidak sabar bukan menanti sebuah teknologi berbasis AI yang merupakan hasil jerih payah kita nulis teks ngga jelas selama ini ? Tunggu saja kejutannya di masa depan.


Salam damai dari kids zaman future emoticon-cystg




Saos : techradar
Diubah oleh sellicestone 14-01-2018 10:52
Astralium
Astralium memberi reputasi
3
42.3K
216
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.