si.pemikirAvatar border
TS
si.pemikir
Beberapa Alasan Kenapa Sekarang Kupu-kupu Jarang Terlihat


Halo Brayemoticon-Hai
Ngomongin kupu-kupu. Pada sadar ga sih kupu-kupu sekarang jarang keliatan? Paling cuma beberapa doang yang kita lihat. Padahal dulu pas gw masih SD, sering banget gw nemuin hewan ini. Dulu suka gw tangkepin pake raket bulu tangkis. Ya namanya anak kecil ada aja yang dijadiin mainan emoticon-Big Grin.

Mitosnya, kalau ada kupu-kupu yang masuk ke rumah berarti bakalan ada tamu. Ya walaupun mitos, tapi ini dulu beberapa kali gw alamin. Jadi rumah gw termasuk yang paling jarang ada tamu. Yang paling gw inget, dulu gw laki nonton film robot-robot gitu di tv pas habis magrib, terus ada kupu-kupu masuk rumah gw. Terus beberapa menit kemudian tiba-tiba ada temen bokap main kerumah. Ya walaupun ga selalu ada tamu sih.

Yang gw heran kemanakah kupu-kupu sekarang? Menurut gw ada beberapa alasan kenapa kupu-kupu sudah jarang terlihat:
1. Bekurangnya Ruang Terbuka Hijau


Sumber: liburananak.com

Mungkin alasan pertama menurut gw adalah karena semakin berkurangnya ruang terbuka hijau ini. Karena biasanya ditempat ini banyak tersedia bunga dan tanaman-tanaman lainnya. Dari gw kecil,gw sering banget nemuin di tempat-tempat ini. Karena mereka mengkonsumsi sari-sari bunga tersebut. Tapi sekarang tempat-tempat ini sudah berubah menjadi gedung-gedung seperti rumah, kontrakan, lapangan futsal dan lain-lain. Jadi berkuranglah sumber makanan kupu-kupu.

2. Banyak Tanaman Yang Diberi Peptisida


Sumber: google image

Menurut sumber, salah satu penyebab berkurangnya jumlah kupu-kupu adalah pengaruh dari peptisida. Banyak orang yang menyirami tanamannya dengan peptisida. Karena bila tidak tanaman itu beresiko diserang oleh hama. Namun hal ini juga memberikan dampak buat kupu-kupu karena sama saja memberikan racun terhadap hewan itu.

3. Sudah Mati Sebelum Menjadi Kupu-kupu


Sumber: google image

Ini biasanya terjad di sekitar rumah. Banyak ulat dan kepompong yang dibunuh saat hinggap di tanaman. Hal ini karena ulat dan kepompong dianggap merugikan karena merusak tumbuhan. Padahal ulat memerlukan waktu lama untuk berubah menjadi kupu-kupu. Kan ada lagunya tuh, telor-telor, ulat-ulat, kepompong, kupu-kupu, kasian deh lu. Lucu ga? emoticon-Big Grin

4. Sinyal Handphone


Sumber: google image

Gw dulu pernah baca sebuah artikel yang menyatakan bahwa sinyal-sinyal handphone itu bikin serangga macem kupu-kupu dan tawon takut. Tapi gw lupa baca artikelnya dimana emoticon-Big Grin. Tapi bener juga sih menurut gw, jaman sekarang tiap orang punya handphone masing-masing, tentu sinyal handphone jadi makin banyak

5. Keseringan Dipake Berenang


Sumber: google image

Alasan terakhir adalah karena kupu-kupu suka dipake berenang sama manusia. Yup, gaya kupu-kupu. Lucu ga? emoticon-Big Grin

Itu aja sih analisa gw kenapa kupu-kupu jarang terlihat sekarang. Yang gw takutin kalo hewan ini punah. Kasian anak cucu kita entar ga tau apa itu kupu-kupu emoticon-Turut Berduka.

Terimakasih Sudah Membaca :terimakasih



Tambahan Dari Agan Sista

Quote:
Diubah oleh si.pemikir 21-01-2018 08:33
0
35.2K
243
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.