Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
225
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a0f7c27c1cb17c6278b4567/hai-lelaki-gagah-berilah-calon-istrimu-mahar-sebaik-baiknya
Agan dan Sista hendak menikah? Selamat ya, akhirnya penantian panjang pun bermuara pada bahtera rumah tangga. Selamat, selamat! Tapi, tunggu dulu. Jangan lupa hal yang satu ini: MAHAR.
Lapor Hansip
18-11-2017 07:17

Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya


Agan dan Sista hendak menikah? Selamat ya, akhirnya penantian panjang pun bermuara pada bahtera rumah tangga. Selamat, selamat! Tapi, tunggu dulu. Jangan lupa hal yang satu ini: MAHAR.

Salah satu syarat sahnya sebuah akad nikah adalah adanya mahar. Yakni pemberian suami kepada istri secara sukarela sebagai bentuk kasih sayang. Allah SWT berfirman, yang artinya “Dan berikanlah mahar kepada perempuan yang kamu nikahi sebagai pemberian yang penuh kerelaan.” (QS. An-Nisaa’: 4).

Mahar tidak harus berupa uang. Di zaman Rasulullah, sebagaimana disebutkan Sayyid Sabiq dalam buku Fiqih Sunnah, ada yang memberi mahar baju besi, cincin besi, sandal, bahkan juga hafalan Al Quran. Namun pada umumnya, mahar di zaman itu berwujud uang atau harta yang mudah diperjualbelikan.

Mahar Muhammad kepada Khadijah saat pernikahannya adalah 20 ekor unta. Bisa diperkirakan berapa kira-kira jika dinilai dengan uang. Muhammad, saat itu adalah seorang entrepreneur muda yang sukses. Sedangkan mahar beliau kepada Aisyah adalah uang sebesar 500 dirham. Satu dirham sama dengan 1 dirham = 2,975 gram perak. Saat ini harga perak seberat itu sekitar Rp 65.000. Jadi, kalau dikurs dengan nilai uang sekarang, mahar tersebut senilai sekitar Rp 32.500.000.

Sebenarnya, jumlah mahar tidak dibatasi. Pernah suatu ketika, Khalifah Umar hendak melakukan pembatasan mahar hingga maksimal 12 uqiyah atau setara 50 dirham. Umar berpendapat mahar yang berlaku saat itu sangat tinggi, sehingga memberatkan kaum lelaki. Namun, Umar bin Khattab diprotes oleh seorang Shahabiyah dengan alasan Nabi pun tak pernah melakukan pembatasan mahar. Umar pun membatalkan rencananya.

Di Indonesia, mahar yang paling favorit adalah seperangkat alat shalat. Entah mengapa, jarang ada pengantin puteri yang meminta mahar yang agak bernilai, misal mobil, motor atau rumah.

Aha... itu kan berat? Ya, memang sebaik-baik kaum perempuan adalah yang mempermudah dalam urusan mahar. Namun, lelaki sejati tentu tak mau dengan kemudahan-kemudahan. Dia harus mau bekerja lebih keras untuk bisa mengumpulkan mahar yang cukup, agar bisa "gagah" saat berhadapan dengan calon istri.

Ali bin Abu Thalib, berkali-kali menunda melamar Fatimah, karena dia merasa belum bisa mengumpulkan mahar dengan cukup. Tapi, saat berkali-kali dia melihat Fatimah dilamar lelaki lain, dan ditolak Rasulullah, Ali merasa takut didahului. Akhirnya, meski belum memiliki mahar yang cukup, Ali nekad melamar Fatimah dengan mahar baju besi yang dibeli Usman bin Affan senilai 400 dirham. Semangat dan kesungguhan Ali perlu ditiru oleh sekalian pemuda. Minimal, ada usaha maksimal, soal hasil, itu urusan belakangan.

Separuh bercanda, dalam sebuah kajian, Ustadz Hatta Syamsuddin, Lc., M.Ag, pernah mengatakan, bahwa angka perceraian di Indonesia sangat tinggi dan sebagian besar berasal dari gugat cerai perempuan (khulu).

"Mungkin, ini karena dahulu maharnya murah, jadi enak saja kaum perempuan mengembalikan mahar saat gugat cerai."
Khulu secara bahasa artinya “melepaskan”, yakni gugat cerai dari pihak perempuan dengan cara memberikan tebusan (misal berupa uang) agar suami mau melepaskannya. Misalnya, “Aku menceraikan kamu dengan uang seratus juta.” Jika tidak disebutkan jumlah tebusannya oleh istri, maka tebusannya adalah senilai mahar yang diberikan oleh suami. Jadi, jika maharnya “hanya” seperangkat alat shalat, tentu akan sangat mudah suami di-khulu istrinya.

Meski hanya separuh bercanda, hal tersebut layak direnungkan. Jadi, ayo lelaki... muliakan calon istrimu dengan sebaik-baik mahar.
Dan perempuan, muliakan dirimu dengan semudah-mudah mahar.
Please, jangan dibalik ya...

Referensi
Sabiq, Sayyid. 2001. Fiqih Sunnah. Pena Publishing. Jakarta.
Afra, Afifah. 2013. Sayap-Sayap Sakinah. Indiva Media Kreasi. Solo.
Qardhawi, Yusuf. 2011. Halal Haram dalam Islam. Era Intermedia. Solo.
profile-picture
tata604 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 12
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
26-11-2017 10:40
jadi inget tetangga kampung, nikah maharnya seperangkat truk tronton beserta kontainernya
rame bgt tuh menuhin jalan kampung
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
26-11-2017 12:49
Kalo teman ane kebanyakan maharnya murah²
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
26-11-2017 15:51

baik lah kl gt
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
26-11-2017 16:06
makanya ane prefer kerja + mapan dulu bru bacot soal calon istri apalagi soal mahar emoticon-Cool
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
26-11-2017 20:21
bawah ane nih yang belom nikah dan jones
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
28-11-2017 12:26


Quote:Original Posted By zan2599
Ijin njawab om..
Setau ane bisa karena atas permintaan wanita, bisa kesepakatan kedua belah pihak, pun jg bs sesuai dgn kesanggupan calon suami..
(Yg terakhir biasa nya terjadi d dalam hubungan yg d dasarin ta'aruf islami.. keluarga wanita bertanya kesanggupan pihak pelamar, dgn begitu pihak wanita berhak menolak atau pun menerima nya.. ya tapi tidak menutup kemungkinan buat pihak wanita mengajukan keinginan nya atau sesuai kesepakatan bersama setelah saling silaturahim antara 2 keluarga)
Cmiiw..

Makasih gans udah mau jawab pertanyaan ane emoticon-thumbsup
Diubah oleh herbstmeister
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
02-12-2017 04:22
saya sudah coba untuk memberikan mahar yang terbaik buat istri saya emoticon-Pasangan Smiley
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
07-12-2017 04:16
Wah, keren bund... 😍
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
12-12-2017 07:49
Quote:Original Posted By sweetwhite
Minta BIG Diamond dong emoticon-cystg


Kalau suami mampu, why not? :-D

0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
13-12-2017 18:56
Bener, mba. Kadang-kadang ada beberapa oknum laki-laki (tidak semua) yang sering membawa hadits bahwa sebaik-baik perempuan adalah yang paling mudah maharnya tapi lupa dengan sejarah bahwa Nabi melamar Khadijah dengan 20 ekor unta merah, yang harga satuannya bisa mencapai 10.000 riyal atau 36 juta/ekor.
20 ekor? Jadi yaaa segitulah
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
17-12-2017 03:23
intinya laki2 menawarkan mahar, dan perempuan setuju. udah gitu aja, segala macem pribahasa atau apalah ga ngaruh, apalagi itu atas ane yg bawa2 sejarah mahar nabi. beda jaman euy. beda kondisi. jaman dulu onta free kali,. lu bisa tangkep jinakin ya udah milik lu. sama kaya kuda.


0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
27-12-2017 05:17
Quote:Original Posted By cryven


jaman nabi juga ada sahabat yg mas kimpoi berupa hafalan ayat alquran.
apakah itu lebih rendah dr emas berlian?
lagian apa perlu nya minta mas kimpoi mahal2... yg penting itu nafkah hidup yg banyak... hehehe
mas kimpoi diberinya sekali aja, nafkah hidup bisa berkali2...



Ya sesuai kemampuan si lelaki, tapi yang penting niatnya memuliakan si calon istri
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
27-12-2017 05:33
Quote:Original Posted By afifahafra79
Ya sesuai kemampuan si lelaki, tapi yang penting niatnya memuliakan si calon istri


Masalahnya wanita menuntut dimuliakan dg harta yg semahal2nya..
Padahal wanita yg mulia adlh wanita yg murah maharnya..
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
31-12-2017 07:05
Quote:Original Posted By cryven


tapi nabi ga pernah memberikan wanita akses utk "meminta banyak/mahal". semua sesuai kemampuan si pria.
dan nabi juga ga pernah menjadikan "mahar yg mahal" sebagai tanda kemuliaan pada wanita.

Dari Ibnu ‘Abbas, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: ‘Sebaik-baik wanita ialah yang paling mudah (ringan) maharnya.’ (diriwayatkan dalam Majmuu’ Fatawaa Ibni Taimiyyah XXXII/192.)

Dari Aisyah bahwa Rasulullah pernah bersabda “Sesungguhnya pernikahan yang paling berkah adalah pernikahan yang bermahar sedikit. ” (mukhtashar sunan Abu Daud)

jadi aneh.. klo wanita skrg nuntut mahar yg mahal2... krn nabi ga pernah menganjurkan itu.



Nggak memberi akses, tetapi mencontohkan

0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
31-12-2017 07:06
Quote:Original Posted By ArabOnRadar
mantep nih buat renungan, sembari nabung, sembari mikir, sembari nyari gedung, sembari nyari katering, sembari bikin undangan emoticon-Amazed


Nah, gedung sama katering malah sebenarnya tidak terlalu prioritas, karena tidak masuk dalam rukun nikah :-)
Walimah bisa sederhana saja

0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
31-12-2017 08:57
Yah pengennya kalau punya duit 500jt lah, mahar 35jt gak masalah, lah kalau punya duit 35 jt mahar sama 35jt ya kasihan lakinya, belum ngatur biaya kehidupan setelah acara nikah padahal itu yg penting emoticon-Big Grin
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
14-01-2018 07:13
mahar mah kesanggupan laki aja. yg pentingmah si laki dah punya pekerjaan tetap, sukur sukur dah punya rumah.
ane dinasehatin kl nanti calon minta diluar akal sehat ataulah kita gak mampu menuhin permintaannya pihak calon ya mundur aja. krn menikah itu yg penting bagaimana menjalani kehidupan kedepannya sampe matik.
#cumapendapatbujangan
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
20-01-2018 13:52
Wih, new bie tapi udah hot trid. resepnya apa sih, Sista?
0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
20-01-2018 13:52
Quote:Original Posted By adiabdi
mahar mah kesanggupan laki aja. yg pentingmah si laki dah punya pekerjaan tetap, sukur sukur dah punya rumah.
ane dinasehatin kl nanti calon minta diluar akal sehat ataulah kita gak mampu menuhin permintaannya pihak calon ya mundur aja. krn menikah itu yg penting bagaimana menjalani kehidupan kedepannya sampe matik.
#cumapendapatbujangan


Tetap di akal sehat, tapi jangan nyepelein, kan pesan mbak afra gitu

0 0
0
Hai Lelaki Gagah Berilah Calon Istrimu Mahar Sebaik-Baiknya
21-01-2018 05:31
Quote:Original Posted By telephonophobia
baper sist kalo ngomongin kimpoi mah emoticon-Hammer2


NGgak usah baper, yang penting sebenarnya ikhtiar semampu kita

0 0
0
Halaman 11 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia