News
Batal
KATEGORI
link has been copied
72
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5c8ccc9e740420238b456a/itinerario-kunci-perjalanan-belanda-ke-timur-4-abad-lalu
"Dia datang dari Haarlem. Kota pesisir di mana mulut sungai Spaarne mengecup hangat bibir Lautan Atlantik. Di masa itu, Groote Kerk yang masyhur itu belum tampak menua.
Lapor Hansip
15-01-2018 18:13

Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Quote:
"Dia datang dari Haarlem. Kota pesisir di mana mulut sungai Spaarne mengecup hangat bibir Lautan Atlantik. Di masa itu, Groote Kerk yang masyhur itu belum tampak menua. Bangunan gereja itu masih tampak seperti perawan bimbang menunggu pinangan. Pesona kecantikannya menjerat. Berselang tahun yang terhitung jari sebelum dia meninggalkan kota itu, ada catatan luka bercampur bangga terpahat pada tembok kota. Dia melihat Haarlem dalam genangan darah, ketika serdadu spanyol pimpinan Fernando Alvarez de Toledo atau Duke of Alva, datang pada tahun 1572. Dia mendengar bisik perlawanan terhadap tentara pendudukan Katolik itu. Dan, dia pula yang ikut berdiri di pinggir jalan mengelu-elukan Willem I ketika Sang Pangeran Oranye membebaskan kota itu empat tahun kemudian". Guru Uban berdiri di samping murid perempuan yang mengenakan kerudung. "Anakku, kamu tahu Haarlem itu di mana?"

"Kota itu jauh di seberang lautan di Belanda," Guru Uban menjawab sendiri. Narasi ini harus dia lanjutkan,"Dan, siapakah lelaki itu? Dia bernama Jan Huygen van Linschoten" Dari Haarlem dia mencari peruntungan ke Lisbon...."


Demikianlah sepenggal kecil cerita dari buku Rahasia Meede, Misteri Harta Karun VOC, karangan ES Ito. Buku fiksi yang sarat dengan cerita sejarah Jakarta dan Indonesia pada umumnya. Buku ini sudah lama terbit, tahun 2007. Salah satu buku fiksi berbahasa Indonesia yang paling menarik yang pernah saya baca. Sangat layak untuk dijadikan koleksi pribadi. Dulu saya pernah kehilangan buku ini karena dipinjam teman. Sekarang, bertahun-tahun kemudian, baru saya mendapatkannya lagi. Terima kasih utk pedagang buku bekas online.

Meskipun begitu saya tidak akan membahas mengenai buku tersebut, mungkin di lain waktu. Kali ini topiknya adalah Jan Huygen van Linschoten yang disebutkan di atas.

Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
Jan Huygen van Linschoten

Jadi siapakah Jan Huygen van Linschoten ini? Dia adalah penulis buku Itinerario. Sebuah buku yang diterbitkan pada akhir abad 16 yang menjadi kunci bagi Belanda menjelajah ke Timur dan menjadikan VOC sebagai perusahaan dagang terbesar di dunia pada abad 17 sd abad 19. Topik mengenai Itinerario pernah ditulis oleh agan qwe2113, dengan judul Inilah Itinerario, Buku Penyebab Indonesia Dijajah Belanda 3,5 Abad. Tulisan ane dari sudut yang berbeda dan melengkapi tulisan agan qwe2113.

Seperti kutipan di awal, Jan Huygen lahir di Haarlem, Belanda, pada tahun 1563. Pada usia 16 tahun, Jan Huygen pindah ke Spanyol, mengikuti kakaknya, Willem, yang menjadi pedagang di Seville. Dia menetap dan bekerja di sana sampai tahun 1580. Sampai kemudian dia pindah ke Lisbon dan bekerja dengan pedagang lain. Karena satu dan lain hal kemudian dia berhenti, dan, dengan bantuan Wilem, pindah bekerja menjadi sekretaris Uskup Portugis, Dominican Vincente de Fonseca, di Goa (India).

Pada abad ke 14 dan 15, Inggris, Belanda dan Perancis belum menjadi negara kolonial. Perdagangan dunia dimonopoli oleh Spanyol dan Portugis. Ke dua negara ini punya sejarah panjang yang kadang bertemu. Pernah dalam satu kerajaan yang sama. Tapi juga bersaing dalam ekspansi kolonialnya. Jjalan ke Timur hanya dikuasai oleh mereka. Pengetahuan tentang arah, navigasi, peta, kondisi geografis, kondisi masyarakat, dll dimiliki Portugis dan Spanyol. Keberadaan Jan Huygen sebagai sekretaris Uskup Portugis menjadi berkah tersendiri.

Selama tinggal di Goa, Jan Huygen melakukan observasi mendalam dan membuat catatan. Dia mencatat mengenai kondisi masyarakat di sana yang berasal dari berabgai kebangsaan seperti Eropa, India, dan orang Asia lainnya. Dia juga mendapat akses ke peta-peta dan informasi rahasia lainnya sehubungan dengan jalur perdagangan dan navigasi Portugis di Asia Tenggara. Skill kartografi dan menggambarnya sangat membantu untuk menyalin peta secara lengkap, termasuk informasi nautikal dan perdagangan. Beberapa yang dia salin bahkan merupakan rahasia Portugis selama lebih dari seabad.

Jan Huygen menikmati tinggal di Goa, dalam satu suratnya dia bahkan membayangkan tinggal di sana pada hari tuanya. Tetapi kemudia musibah terjadi, Kematian dari Wilem dan Uskup sponsornya memaksa dia kembali ke Portugis. Sekembalinya ke Portugis, setelah melaporkan perjalanannya, Jan Huygen kembali ke kampung halamannya di Belanda.

Singkat cerita, sekembalinya ke Belanda, Jan Huygen menuliskan pengalamannya tersebut dalam buku Itinerario. Dalam penyusunan buku ini, Jan Huygen mendapat bantuan dari banyak ahli lainnya. Salah satunya adalah Petrus Plancius, seorang ahli pembuat peta dari Belanda. Bagian peta yang disebut , Exacta & accurata delinatio… regionibus China, Cauchinchina, Camboja, sive Champa, Syao, Malacca, Arracan & Pegu di buku Itinerario, dibuat oleh Petrus.

Sampul Itinerario



Exacta & accurata delinatio… regionibus China, Cauchinchina, Camboja, sive Champa, Syao, Malacca, Arracan & Pegu


Secara singkat Itinerario berisi informasi perjalanan dari Portugis ke Goa, pergi pulang. Informasi pengamatan mengenai kondisi sosial dan ekonomi di sana, juga bagaimana Portugis memegang kendali di sana. Selama di Goa, nampaknya dia juga melakukan perjalanan atau mendapat informasi mengenai perjalanan Portugis ke Malaka dan Indonesia. Sehingga di buku tersebut juga terkandung informasi berharga mengenainya. Informasi ini sanga berharga sebagai langkah awal perjalanan Belanda ke Asia tenggara dan pendirian VOC. Dan tentunya berisi peta dan navigasi ke Timur tersebut.

Bukunya gan, versi digital bisa lihat di sini: Itinerario
Itinerario juga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Buku digitalnya bisa dilihat di sini gan:
The voyage of John Huyghen van Linschoten to the East Indies

Demikian cerita singkat awal mulanya Belanda menemukan jalan ke Timur (yang kemudian berlanjut menjadi penguasa Nusantara selama 350 tahun). Mudah2an menambah wawasan kita semua.

Beberapa sumber
1. Key to the East: Jan Huygen van Linschoten’s 'Itinerario'
2. Jan Huyghen van Linschoten
3. Exacta & accurata delinatio… regionibus China, Cauchinchina, Camboja, sive Champa, Syao, Malacca, Arracan & Pegu






Diubah oleh vnicce
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 21:41
ane membayangkan kalau dulu di timur ini semacam early access kalo di game sekarang, cuma yang beta tester yang bisa nyoba. sampe akhirnya ada yg secara tidak sengaja membagi kode beta-testernya//
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 21:41
ane penasaran mau tanya, selama 350thn dijajah, waktu selama itu hampir 4 generasi nenek dan kakek kita ngapain aja ya bray?
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 21:42
baru tau ane malahan yang ini
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 21:43
penjelajah dari belanda nih
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 21:47
Quote:Original Posted By ODOL fans
Kok ane gak kenal ya Gan? emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By galaenk
baru tau ane malahan yang ini


keknya jarang disebut dalam pelajaran sejarah kita
Diubah oleh vnicce
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 21:58
wokey gan nice info
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 21:59
belajar sejarah dl nih
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 21:59
Quote:Original Posted By samsuadi83
wokey gan nice info


info yg bermanfaat ga gan
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 22:01
wih gw baru tau,tapi inggris ko kagak ke indonesia?padahal deketan
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 22:05
dedemenan nastaik nih londo..... , emoticon-Ngakak
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 22:16
Berarti Itinerario yg istilahnya membuka jalan untuk cornelius de houtman ke Asia
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 22:16
Quote:Original Posted By sokar
info yg bermanfaat ga gan


Iya gan sangat bermanfaat
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 22:17
Quote:Original Posted By samsuadi83
Iya gan sangat bermanfaat


buat siapa aja gan
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 22:17
Quote:Original Posted By sokar
buat siapa aja gan


Buat kita semua gan
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 22:18
wajib di vaca
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 22:23
Klo ingat penjajah (belanda, portugis) jadi ingat semboyan 3G, yang paling merugikan itu.
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 22:40
Jadi pingin jadi pelaut emoticon-Cool
Menjelajahi samudra mencari grinlen kaya wan pis emoticon-Hammer2
Diubah oleh taufikbudiardi
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 22:49
Quote:Original Posted By risin.dan.micin
ane penasaran mau tanya, selama 350thn dijajah, waktu selama itu hampir 4 generasi nenek dan kakek kita ngapain aja ya bray?

Awal datang buat menjelajah dunia & dagang.
Bikin kontrak dengan penguasa.
Lama kelamaan memonopoli perdagangan.
Lama² pingin menduduki.
Adu domba antar penguasa.
Dan akhirnya setelah penguasa² lemah jadi menjajah deh.

Keadaan tempo dulu 11:12 dengan keadaan sekarang.
Cuma aktornya yg berbeda.
Kalau dulu Eropa, sekarang China.
Inget ya China (negara) bukan Tionghoa (etnis).
Diubah oleh taufikbudiardi
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 23:15
Quote:Original Posted By risin.dan.micin
ane penasaran mau tanya, selama 350thn dijajah, waktu selama itu hampir 4 generasi nenek dan kakek kita ngapain aja ya bray?


sama makan tidur kerja dll sama kyk skrg
0 0
0
Itinerario, kunci perjalanan Belanda ke Timur 4 abad lalu
18-01-2018 23:15
Nice trit thanks gan
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia