alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5e90c9529a450c6d8b4567/serunya-menjelajahi-kota-praha-di-republik-ceko
Lapor Hansip
17-01-2018 06:54
Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Past Hot Thread
Sudah menonton film Negeri van Oranje? Pada beberapa scene film tersebut, kamu tentunya dapat menyaksikan keindahan kota Praha yang cantik dan menawan.

Praha sendiri merupakan ibukota negara Ceko. Kota ini memiliki penduduk yang mencapai sekitar 1,5 juta jiwa. Kota Praha dibelah oleh sungai Vltava atau disebut Moldau dalam bahasa Jerman.

Praha adalah sebuah kota yang kaya akan sejarah dan budaya Bohemia. Nah, selama berada di Praha kamu tidak akan menggunakan mata uang Euro melainkan menggunakan Czech Koruna. Akan tetapi, secara general harga barang-barang dan tempat wisata di Praha cenderung tidak semahal kota-kota di Eropa lainnya.

Praha merupakan salah satu kota tua di kawasan Eropa timur yang cantik. Ketika menyambangi Eropa, tentu tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan diri dan menyambangi kota tua cantik yang satu ini.

Apakah kamu penasaran dan ingin segera menjelajahi Praha ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahasnya dalam nikmati serunya menjelajahi Praha dan menikmati keindahannya berikut ini.


Penerbangan dari Jakarta menuju Praha
Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Praha Airport via Wikimedia

Untuk mengawali perjalanan wisatamu dalam menyambangi Praha, kamu dapat memulainya dengan berburu tiket penerbangan dengan rute Jakarta menuju Praha.

Lama waktu tempuh yang kamu butuhkan dari Jakarta menuju Praha adalah sekitar minimal 16 jam 50 menit dengan kemungkinan beberapa kali transit. Nah, beberapa kota yang kemungkinan menjadi alternative tempat transitmu adalah Doha, Budapest, Istanbul, Wina, Frankfurt dan masih banyak lainnya.

Beberapa maskapai penerbangan yang dapat menjadi pilihanmu untuk menyambangi Praha adalah Qatar Airways, Turkish, Emirates, Austrian, Singapore Airlines, Lufthansa dan masih banyak lainnya.

Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Bus via Prague Airport

Setelah tiba di Vaclav Havel Airport, kamu dapat melanjutkan perjalananmu untuk mencapai pusat kota Praha. Nah, ada beberapa pilihan transportasi yang dapat kamu gunakan.

Namun, transportasi tercepat untuk mencapai pusat kota Praha adalah dengan menggunakan bus bernomor 119 atau 100. Dengan bus no.119 ini kamu akan berhenti di terminal terakhir bernama Dejvická. Kemudian, kamu harus pindah ke Metro line A untuk mencapai pusat kota (turunlah di stasiun Staroměstská apabila tujuanmu adalah Old Town Square).

Nah, jika kamu menggunakan bus no.100, kamu akan berhenti di terminal Zlíčín dan melanjutkan dengan Metro Line B. Dengan Metro ini kamu dapat turun di stasiun Můstek (Wenceslas Square) atau Florenc (terminal bus utama).


Transportasi Dalam Kota Praha
Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Metro Praha via Czech Transport

Sekarang waktunya kamu mengetahui berbagai alternative transportasi dalam kota yang berada di Praha. Cara cepat untuk mengitari Praha adalah dengan menggunakan metro Praha. Nah, metro Praha ini juga termasuk transportasi umum yang bersih dan juga efisien.

Metro sendiri beroperasi setiap hari dari pukul 05.00 hingga pukul 24.00. Range waktu yang cukup lama akan memudahkanmu dalam mengakses transportasi dalam kota yang satu ini.

Interval waktu keberangkatan metro sendiri adalah sekitar 3 menit sekali pada jam sibuk dan 5 menit sekali pada jam lengang. Metro Praha terdiri dari tiga jalur yang ditandai dengan huruf dan dibedakan menurut warna. Warna hijau adalah untuk jalur A, warna kuning untuk jalur B dan warna merah untuk jalur C.

Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Trem Praha via Subways

Selanjutnya, inilah dia alternatif transportasi dalam kota lainnya di Praha yang tentu saja dapat kamu sambangi. Nah, transportasi ini adalah trem.

Trem Praha mungkin saja sedikit lebih lambat tetapi merupakan salah satu transportasi yang menyenangkan untuk berkeliling. Ya, kamu dapat mencoba untuk menggunakan trem ini sebagai sarana transportasi dalam kotamu.

Dengan menggunakan trem, kamu dapat melihat lebih banyak pemandangan yang tersaji di kota Praha. Tentu saja hal ini akan menambah manfaat untukmu, bukan?

Setiap halte trem memberikan daftar halte untuk setiap rute trem dan jadwal untuk itu (yang benar-benar akurat). Jika ingin mengelilingi kota Praha di malam hari, kamu dapat menggunakan trem dengan nomor 51-59 dalam interval 30 menit. Stasiun simpang susun pusat untuk trem malam adalah halte Lazarska.

Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Bus Praha via Wikimedia

Selain trem dan metro, kamu dapat mencoba untuk menaiki bus untuk mengelilingi kota Praha. Meskipun demikian, karena pelayanan metro dan trem sudah sedemikian baiknya, bus menjadi jarang digunakan.

Layanan bus Praha ini terutama mencakup daerah pinggiran kota. Layanan bus Praha ini cukup rutin dengan bus yang beroperasi dari pukul 5 pagi hari hingga tengah malam.

Tarif bus juga sangat murah dan terjangkau. Praha juga memiliki bus malam yang beroperasi ketika bus siang telah berhenti. Bus tersebut beroperasi dari pukul 24.00 hingga pukul 5.00 di pagi hari. Bus berangkat setiap interval setengah jam dan bahkan lebih.


Awali Perjalanan Wisatamu di Praha dengan Menyambangi Prague Castle
Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Menyambangi Prague Castle via Hrad

Untuk mengawali perjalanan wisatamu selama berada di Praha, kamu dapat memulainya dengan menyambangi Prague Castle yang satu ini.

Kastil Praha adalah sebuah kastil dimana raja-raja Ceko, kaisar-kaisar suci Romawi, dan presiden Republik Ceko pernah menempatinya sebagai kantor.

Beberapa tempat yang dapat dilihat di Prague Castle ini adalah St. Vitrus Cathedral, Lobkowicz Palace, dan prosesi Changing Guards. Karena tempat ini terletak di atas bukit, spot ini sangat strategis untuk mendapatkan view kota Prague yang cantik.

Kastil Praha didirikan sekitar tahun 880 M oleh Pangeran Bořivoj dari Dinasti Premyslid. Kastil Praha memiliki sejarah terbesar pada masa kekuasaan Charles IV (1346-1376). Pada waktu itu, kastil dikuasai oleh Kaisar Roma.

Istana dibangun ulang, benteng semakin diperkuat serta dibangunnya gereja Katedral ST. Vitus dengan gaya katedral Perancis Gothic. Setelah tahun 1989, banyak daerah pada kastil dibuatkan akses masuk untuk publik pertama kalinya dalam sejarah, termasuk diantaranya Taman Royal, Ballgame Hall, Taman selatan, atau Imperial Stables.

Pada saat ini, kastil Praha dijadikan sebagai tempat presiden Ceko menjalankan pemerintahannya dan menjadi Monumen Kebudayaan Nasional yang paling penting di Republik Ceko.


Mengunjungi Jembatan Charles
Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Jembatan Charles via Raredelights

Selanjutnya, inilah dia destinasi wisata di Praha yang tentu saja sayang untuk kamu lewatkan. Destinasi wisata ini begitu ikonik dan mampu membuat siapa saja ingin berkunjung dan menyambangi jembatan Charles yang satu ini.

Jembatan Charles merupakan salah satu jembatan yang paling terkenal dan melintasi Sungai Vltava di kota Praha. Jembatan Charles ini menghubungkan dua distrik bersejarah di kota Praha yaitu Old Town dan Lesser Town (Mala Strana).

Jembatan Charles juga merupakan penghubung penting antara Prague Castle dan juga kota tua (Old Town). Jembatan Charles ini dibangun pada tahun 1357 dan selesai pada tahun 1402.

Jembatan ini membujur di atas 16 lengkungan, memiliki panjang sekitar 621 meter dan lebar yang mencapai 10 meter. Jembatan ini cukup lebar bagi empat kereta kuda yang berjejer secara bersamaan.

Saat ini, jembatan Charles menjadi salah satu ikon destinasi wisata yang paling populer di Praha. Pada waktu siang hari, terdapat banyak penjual yang menjajakan souvenir khas Praha di jembatan ini.

Jembatan Charles merupakan salah satu objek yang paling banyak dipotret di Praha dan memiliki bentuk yang antik juga artistik. Kamu akan mendapatkan potret jembatan yang cantik juga dilengkapi dengan banyak siluet menara, patung, lampu klasik dan juga kastil Praha. Sungguh merupakan pemandangan yang indah.

Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu dalam menyambangi Praha, jangan lupa sempatkan waktu untuk menyambangi jembatan Charles yang terkenal ini.


Mengunjungi Patung St John of Nepomuk
Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Mengunjungi Patung St John of Nepomuk via Ayankeinprague

Inilah dia salah satu patung terkenal yang dapat kamu temui selama kamu berada di jembatan Charles. Patung yang satu ini adalah patung St John of Nepomuk.

Nah, ketika kamu menyambangi jembatan Charles, kamu akan langsung dapat melihat patung ini. Patung ini dibangun untuk memberikan penghormatan kepada uskup besar St John of Nepomuk.

St John of Nepomuk adalah seorang uskup besar yang disiksa hingga wafat. Beliau meninggal dunia pada tahun 1393 dan tubuhnya dilempar dari atas jembatan Charles. Kisah tragis inilah yang diabadikan pada relief patung.

Meskipun memiliki kisah yang tragis, tetapi beredar mitos mengenai patung ini. Mitos yang beredar adalah jika ada yang menyentuh relief ini maka akan mendatangkan keberuntungan.


Menyambangi Old Town Square Praha
Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Menyambangi Old Town Praha via Book Travel Prague

Kamu masih penasaran dengan destinasi wisata lainnya yang terdapat di Praha? Nah kali ini kamu dapat mencoba menyambangi old town (kota tua) Praha yang cantik dan menawan.

Tempat ini terletak di jantung kota Praha. Letak tepat dari tempat ini adalah di antara Wenceslas Square dan jembatan Charles.

Alun-alun kota lama ini merupakan pusat daerah kota lama di Praha. Karena itu, alun-alun ini juga sering kali dijadikan sebagai starting point para pengunjung yang datang dan ingin menjelajahi kota Praha.

Banyak tur jalan kaki yang juga berawal dari destinasi wisata yang satu ini. Selain itu, kota tua Praha ini juga merupakan salah satu destinasi wisata populer yang terdapat di kota Praha.

Alun-alun ini dikelilingi oleh berbagai bangunan tua yang indah. Bangunan di daerah ini memiliki aneka warna, bentuk dan gaya arsitektur dari mulai baroque hingga gothic. Tidak heran jika daerah ini menjadi alun-alun yang paling berwarna dan paling sering dipotret di seluruh dunia.

Nah, untuk melengkapi perjalanan wisatamu selama berada di Praha, kamu dapat melengkapinya dengan menyambangi Old Town Square yang satu ini.


Melihat Jam Astronomis di Old Town Square
Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Jam Astronomis via Dwidaya Tour

Masih di sekitar kawasan Old Town Square, ini dia salah satu titik yang tentu saja sayang untuk kamu lewatkan. Nah titik ini adalah jam astronomis.

Ya, Old Town Square juga terkenal dengan jam astronomis yang berbeda dan langka. Jam ini juga merupakan jam astronomis tertua yang terdapat di Eropa.

Jam astronomis merupakan satu set jam yang kompleks dan terdiri dari jam astronomis (tengah), kalender (bawah) dan tempat patung miniature (atas). Jam astronomis ini menempel di salah satu dinding bangunan yang berarsitektur gaya gothic.

Jam astronomis ini dibuat pada awal abad 15. Jam astronomis ini menunjukkan jam berdasarkan hitungan yang pada masa itu dianggap sebagai hitungan rotasi matahari, dan bulan yang mengelilingi bumi. Jam ini juga menunjukkan pergerakan matahari dan bulan terkait dengan zodiac.

Menjelang pergantian jam setiap jam, para pengunjung biasanya datang untuk melihat sendiri ritual pergantian jam di jam astronomis ini. Ritual pergantian jam tersebut berupa patung-patung rasul tersebut akan berbaris keluar dari jendela dan patung ayam jantan akan keluar sambil berkokok. Ritual ini mirip seperti jam bergaya klasik pada zaman sekarang.


Melihat Lebih Dekat Wallanstein Palace
Serunya Menjelajahi Kota Praha di Republik Ceko
Wallanstein Palace via Wikipedia

Nah, apakah kamu masih ingin mengetahui dan mengeksplor destinasi wisata lainnya yang terdapat di kota yang cantik ini? Kali ini kamu dapat mencoba melihat lebih dekat Wallanstein Palace yang satu ini.

Istana Wallanstein ini adalah sebuah istana dengan arsitektur bergaya Baroque yang terletak di kawasan Lesser Town (Mala Strana) di bawah Kastil Praha. Tempat ini merupakan salah satu bangunan berarsitektural klasik yang membuat banyak pengunjung ingin datang dan melihat lebih dekat.

Istana ini juga terletak dekat dengan St. Nicholas Church. Wallenstein Palace ini merupakan sebuah kompleks istana yang terdiri dari bangunan utama istana, gereja kapel, taman yang luas, kandang kuda dan sekolah menunggang kuda.

Bangunan Riding School ini saat ini sudah menjadi cabang dari National Gallery kota Praha. Beberapa bagian penting yang terdapat di Riding School ini antara lain adalah Main Hall, Knight’s Hall, Antechamber, Audien’s Hall, Mythological Corridor dan Astronomical Corridor.

Wallenstein Palace ini dibangun pada tahun 1623-1630. Istana ini dibangun oleh Albrecht von Wallenstein dengan niatan untuk mengimbangi Kastil Praha.

Wallenstein sendiri merupakan seorang panglima tertinggi angkatan militer. Beliau telah banyak memenangkan peperangan seperti Perang 30 tahun. Selain itu, Wallenstein juga sangat berambisi untuk merebut tahta kerajaan Bohemia.

Setelah Wallenstein wafat pada tahun 1634, istana ini masih berada dalam kepemilikan keluarga Wallenstein sampai pada tahun 1945. Lalu, setelah perang dunia II, istana ini kemudian menjadi properti negara Cekoslovakia saat itu.

Kemudian, bangunan istana ini pun dijadikan sebagai kantor pemerintahan. Nah, pada saat ini, bangunan istana Wallenstein digunakan sebagai kantor senat Republik Ceko. Bangunan yang digunakan adalah bangunan utama dari istana Wallenstein ini.

Istana ini dibuka hanya pada waktu akhir pekan, yaitu pada hari Sabtu dan hari Minggu. Sementara itu, jam operasional dari istana ini adalah sejak pukul 10.00 hingga pukul 16.30. Tetapi, pada bulan April hingga Oktober, terjadi perpanjangan waktu jam operasional. Pada bulan-bulan tersebut, istana ini dibuka hingga pukul 17.00.

Untuk melengkapi perjalanan wisatamu dalam mengeksplor Praha, jangan lupa sempatkan waktu untuk menyambangi destinasi wisata yang satu ini.


Nah, itulah dia pembahasan mengenai nikmati serunya menjelajahi Praha dan menikmati keindahannya. Sebagai sebuah kota tua yang cantik, rupanya Praha memiliki berbagai sudut dan juga destinasi wisata indah dan menawan yang membuat siapapun menjadi terpesona ketika melihatnya.

Nikmatilah perjalanan wisata yang sarat dengan nilai-nilai keindahan dan sejarah. Kamu akan melihat berbagai bangunan tua yang tetap dilestarikan dan juga berbagai destinasi wisata cantik lainnya di sini.

Happy traveling!

Sumber
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
18-01-2018 15:08
pgn ksni gegara liat doctor stranger sama mv ny kyu hyun emoticon-Ngakak (S)
0
18-01-2018 15:10
Wah mantap gan
0
18-01-2018 15:11
keren banget...
0
18-01-2018 15:12
Ntapz
0
18-01-2018 15:12
wah asik gan jalan-jalan ke Praha
0
18-01-2018 15:19
Kota yang terkenal dengan fake taxi dan public agent emoticon-Malu
0
18-01-2018 15:20
mahal pastinya ongkosnya..
0
18-01-2018 15:20
Quote:Original Posted By Konung
Kota yang terkenal dengan fake taxi dan public agent emoticon-Malu


Sama gan ane juga kepikirannya kesitu emoticon-Ngakak
0
18-01-2018 15:26
heran kalo ke negara lain yang bersih & teratur itu rasanya gimanaaa gitu emoticon-Malu
0
18-01-2018 15:26
Ini tempat syuting nya Public Agent bukan y?
0
18-01-2018 15:27
Wah, khas kota di Europe
0
18-01-2018 15:31
ini yg banyak public agent itu ya gan? emoticon-Ngakak
0
18-01-2018 15:42
banyak public agent gak disono gan?? ane takut disuruh casting emoticon-Malu
0
18-01-2018 15:54
sebenere tempatnya keren2 loh,sayang ane taunya cuma taksi palsu nya aja
0
18-01-2018 16:01
emoticon-Mewek
mantabh benerr...
kapan ane bisa merapat kesana yaaa
0
18-01-2018 16:04
kota nya indah bgt gan !!! emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0
18-01-2018 16:13
tetangga ane dlu tinggal 2thn di ceko...anaknya yg ke 2 lahir disono...pas ane liat akta kelahiran nya keren bre....telah lahir di cekoslovakia seorang anak perempuan dari .... anjir...beda bgt ame ane lahir di kampung...wkwkwk
0
18-01-2018 16:16
kota yang romantis.. selain Prague,, coba ke Salzburg juga..
emoticon-thumbsup
0
18-01-2018 16:29
Quote:Original Posted By Konung
Kota yang terkenal dengan fake taxi dan public agent emoticon-Malu


Wkwk ngakak gua emoticon-Ngakak
0
18-01-2018 16:30
Keren..

Btw kyknya orang ceko sendiri ga seneng disebut eropa timur deh, mereka maunya disebut eropa tengah
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.