indahairaAvatar border
TS
indahaira
Tips Biaya Nikah Di Bawah 80 Juta

Image Source: Google

emoticon-Kimpoiemoticon-Kimpoi emoticon-Kimpoi

"Nikah tuh gak mahal, yang mahal gengsinya."

Udah ketemu calon teman hidup? Pingin nikah tapi resah takut gak cukup uangnya? Nah buat Agan yang udah punya penghasilan dan gak pingin ngerepotin orang tua buat biaya nikah, ada baiknya mempertimbangkan tips ini.

Pingin gak kan nikah tanpa ngutang. Mungkin Agan pingin pernikahan yang sederhana, dan sanggup mandiri tanpa ngerepotin orang tua. Cari-cari uang tambahan di luar gaji, jadi gaji aman buat ditabung.

50:50 aja sama pasangan buat biaya nikah. Orang tua bisa duduk nyaman dan gak perlu mikirin pusing-pusing. So, cekidot tips nikah dengan biaya di bawah Rp 80 juta emoticon-Wink

1. Foto Prewed Pakai Jasa Teman yang Jago Motret

Jaman sekarang, pasti punya kan satu atau dua teman yang jago motret? Liat aja feed Instagramnya. Selama ada skill motret, kamera profesional, Gan Sist udah bisa foto prewed.

Pakai jasa teman, kalian bisa diskusikan harganya. Misal teman Agan belom mengkomersialkan jasanya, Agan bisa nawarin diri buat posting di media sosial Agan sambil promoin jasa temen Agan itu. Biar nantinya temen Agan makin rame yang pake jasa fotografinya.

Lagipula, teman dekat yang tulus gak akan bikin Agan ngerasa malu karena gak bikin pesta yang mewah kan?

2. Kontrol Budget dengan Mengontrol Jumlah Undangan

Pernikahan itu yang penting khidmat. Jadi gak perlu undangan ribuan orang. Cukup undang teman-teman dekat, keluarga besar, dan kolega kantor. Jadi gak semua teman dari SD sampe SMA gak perlu semuanya diundang Gan. Apalagi mantan, gak perlu deh. emoticon-Wink

Intinya, bikin acara yang seefektif dan seefisien mungkin. Kemarin ane hanya mengundang 250 undangan, dan memesan catering sejumlah 500 porsi. Biayanya sekitar 41juta. Dan hal yang paling penting, pilih catering yang emang terkenal seporsinya banyak Gan. Lalu, jangan sampe ada tamu yang gak kebagian makanan. Jadi, pilih yang udah terpercaya dari info sodara atau kerabat, yaitu catering yang nyediain banyak porsinya.

Selain itu, dengan mengundang secukupnya, biaya cetak undangan jadi lebih murah kan.

3. Untuk Teman, Sebar Undangan Via Media Sosial

Anak jaman sekarang, nerima undangan via Whatsapp atau media sosial lainnya udah biasa Gan. Selain praktis tinggal buka hape, gak perlu kirim jauh-jauh kan.

Kecuali buat ngasih undangan ke keluarga yah atau orang yang dituakan. Lebih sopan didatengin atau dikirimin undangan via pos.

4. Tawar Menawar Harga Vendor

Vendor sanggar dekorasi, pelaminan biasanya menyediakan paket standar dan premium. Buat yang pingin hemat bisa pilih paket standar. Dan itu masih bisa ditawar lagi Gan. Cek aja detail paketnya, bisa kurangi item yang gak diperlukan.

Paket pelaminan, udah lengkap dengan make up dan baju pengantin. Harga awal dibuka Rp 40 juta, namun ane berhasil tawar jadi setengah harganya. Biaya: Rp 20 juta. Lalu, ane minta layanan tambahan sekalian yaitu jasa fotografer dan sedikit tambahan item buat dekorasi, itu semua dengan biaya tambahan tentunya.

5. Tempat Resepsi Gunakan Aula Mesjid atau Aula Kampus

Nikah gak terlalu mahal tergantung gengsi kita Gan. Kalau gengsinya ingin nikah di gedung mewah, ya siap-siap aja bayar biaya gedung 30 juta lebih. Tapi, kalau mau lebih hemat, cari aula mesjid yang cukup besar atau aula kampus yang menawarkan harga terjangkau. Kalau bisa cari yang udah lengkap sama bangku, meja, dan harga include sound system.

6. Baju Akad Nikah, Cari Sodara atau Kerabat yang Jago Jahit

Untuk menghindari biaya sewa yang melambung, bikin aja kebaya atau jas menggunakan jasa sodara yang sudah ahli menjahit. Di sini ane hanya mengeluarkan modal Rp 600.000 untuk membuat baju akad yang dibuat oleh kakak perempuan ane. Kebetulan kakak ane jago jahit dan bisa pasang payet. Dia sendiri gak mematok harga jasa, ane cukup ngasih modal bahannya aja.

Ini baju akadnya:



Selebihnya biaya administrasi di KUA: Rp 600ribu, amplopin penghulu seikhlasnya, dan biaya bikinin seragam keluarga. Beres deh!

Gimana Gan, udah siap nikah? Semangat nabungnya ya Gan Sist!

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast



0
28.9K
242
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.