Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
471
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a5802b2d89b09ea4a8b4572/masih-ingat-tabloid-bola--yang-punya-kenangan-mari-kita-bernostalgia
Menurut Wikipedia, Tabloid sebenarnya adalah istilah suatu format surat kabar yang lebih kecil (597 mm × 375 mm) dari ukuran standar koran harian. Istilah ini biasanya dikaitkan
Lapor Hansip
12-01-2018 07:34

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia


Quote:
Quote:
Mukaddimah

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
ilustrasi : namanyasiilham.blogspot.co.id

Quote:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Menurut Wikipedia, Tabloid sebenarnya adalah istilah suatu format surat kabar yang lebih kecil (597 mm × 375 mm) dari ukuran standar koran harian. Istilah ini biasanya dikaitkan dengan penerbitan surat kabar reguler non harian (bisa mingguan, dwimingguan, dan sebagainya), yang terfokus pada hal-hal yang lebih "tidak serius", terutama masalah pesohor, olahraga, kriminalitas, dan lain-lain. Khusus untuk olahraga ada sebuah tabloid yang cukup tenar pada era 80an sampai dengan tahun 2000an, tabloid itu adalah tabloid BOLA. Sebuah tabloid yang menyajikan berbagai macam berita (terutama sepak bola) dan kehadirannya seolah-olah menjadi pelepas dahaga kaum pencari berita olah raga pada masanya. Ada banyak kenangan dan cerita yang pastinya dirasakan oleh penggemar setianya, termasuk juga ane yang sejak SMP sudah kenal dengan tabloid ini. Untuk mengenang masa kejayaannya tersebut ane menuliskan thread sederhana kali ini dengan harapan bisa mengajak Kaskuser yang tahu dan pernah membacanya bisa bernostalgia mengingat momen tersebut.

Untuk Membuat Semua Orang Suka Terhadap Sebuah Karya Itu tidak akan Pernah Bisa
Selalu Saja Ada yang Suka dan Tidak Suka
Ane Mohon Maaf Jika Ada yang Tidak Berkenan

Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia

#228

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia


Quote:
Nostalgia Dengan Tabloid BOLA

Quote:
Quote:
Mulai Dari Sisipan Sampai Terbit Harian

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
ilustrasi : peksicahyo.blogspot.co.id

Quote:
Tabloid BOLA ini pada awalnya merupakan sisipan pada Koran kompas, karena respon pembaca sangat bagus maka mereka mulai berdisi sendiri, awalnya adalah terbit setiap hari jum’at. Untuk sisipan ane kurang faham karena hanya tahu melalui cerita saja, tapi soal terbit sekali seminggu ane faham betul karena pada masa itu ane termasuk pelanggan setianya. Setelah terbit sekali seminggu kemudian mereka berinovasi dengan terbit dua kali seminggu yakni hari selasa dan jum’at. Jika terbit sekali seminggu rasanya sangat lama dan berita yang disajikan cenderung basi karena banyak yang sudah mengetahuinya lewat berita atau Koran harian, meski demikian tabloid ini tetap saja laris. Dengan terbit dua kali seminggu maka rasa dahaga itu bisa tersalurkan dengan cepat, kejadin-kejadian menarik pada akhir pekan bisa dibaca pada hari selasa dan kejadian tengah pekan serta persiapan pertandingan untuk akhir pekan bisa dibaca pada terbitan hari jum’at. Ada juga edisi khusus yang muncul sekali kapan, ane lupa. Setelah itu tabloid ini terbit 3 kali dalam seminggu, lalu harian. Untuk selanjutnya ane tidak tahu beritanya karena sudah lama ane tidak berlangganan. Yang merasa tahu silahkan menambahkan.

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia

Quote:
Quote:
Mulai Dari OLE sampai SEPAKBOLA RIA

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
ilustrasi : superwaw.com

Quote:
Namanya memang tabloid BOLA, namun yang dibahas tidak hanya soal sepak bola, beberapa cabang olah raga lain pun dibahas meski memang porsi pembahasan sepak bola lebih banyak. Konten sepak bola sendiri dinaman dengan nama rubrik OLE, ada OLE NASIONAL yang membahas sepak bola dalam negeri dan ada juga OLE INTERNASIONAL yang membahas sepak bola luar negeri. Selain rubrik OLE ada juga kolom surat pembaca dimana pembaca setianya bisa mengirimkan surat untuk bertanya, menyampaikan unek-unek atau apa saja tentang olah raga dan tabloid tersebut, yang dibuat hanya beberapa saja dan jika kita mengirim surat lalu dimuat disana rasanya sangat bangga sekali. Lalu ada juga rubrik TTS yang bisa mengetes kemampuan kita tentang olahraga, ada hadiah menarik yang disediakan bagi pemenang. Dan ada satu rubrik yang juga mendapat perhatian lebih yakni rubrik kartun yang menampilkan kartun-kartun (komik) yang berhubungan dengan olah raga, salah satu yang paling menarik adalah kartun sepakbola ria karya Hanung Kuncoro atau biasa disebut NUNK yang muncul pada setiap hari jumat dan si gundul yang muncul pada terbitan hari selasa.

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia

Quote:
Quote:
Bonus Poster Sampai Edisi Khusus Poster

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
ilustrasi : superwaw.com

Quote:
Pada masa tersebut poster pemain sepak bola merupakan hal yang sangat langka untuk bisa diperoleh, padahal itu merupakan salah satu benda yang sangat dicari oleh setiap fans, atas dasar itulah lalu muncul bonus poster pemain idola dalam setiap kali terbit, awalnya sih cetakannya menggunakan kertas biasa (sama dengan kertas yang digunakan pada berita), lalu berkembang lebih bagus lagi dan akhirnya sampai muncul BOLA edisi poster yang hanya menampilkan poster atlit. Untuk edisi poster ini kertasnya sudah sangat mewah, namun letak jeleknya adalah poster atlit tersebut dibuat bolak balik sehingga jika kita ingin menempel atlit A maka harus mengorbankan poster atlit B yang ada dibagian belakangnya. Mungkin ini bagian dari strategi pemasaran, jadi kita kita ingin poster kedua atlit tersebut kita harus membeli sebanyak 2 tabloid. Bisa dipastikan pada masa itu tembok kamar para penggemar olah raga akan penuh dengan poster atlit idolanya. Jadi ingat dulu kalau ada poster siapa saja ane selalu tempel di kamar, sampai ibu ane marah-marah.

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia

Quote:
Quote:
Munculnya Para Pesaing

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
ilustrasi : helinggarjati.blogspot.co.id

Quote:
Yang namanya kompetitor pasti akan selalu bermunculan, apalagi jika mengalami sebuah kesuksesan, tentu mereka juga ingin bersaing dan berusa mengambil tempat dihati konsumen, termasuk juga soal tabloid dan Koran olah raga yang bermunculan setelah tabloid bola sukses di pasaran. Banyak muncul Koran atau tabloid sejenis, semisal GO (Gema Olahraga), Total Sport, TopSkor, Skor, TopSoccer, Libero, Hai Soccer (selanjutanya menjadi SOCCER) dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun tetap saja tabloid bola selalu menjadi yang terdepan. Mungkin salah satu penyebabnya adalah soal pengalaman, mereka yang muncul duluan dan sudah mengambil hati pembaca sehingga orang sulit untuk berpaling. Selain itu kualitas cetakannya juga sangat bagus, dan yang utama adalah para kontributornya yang sudah sangat berpengalaman dalam menyajikan konten. Mereka juag tidak segan untuk mengirimkan wartawannya ke luar negeri jika ada event besar, salah satu contohnya adalah dengan mengirimkan wartawan untuk meliput piala dunia, kayaknya mereka yang pertama melakukan itu. Para kontributor juga tersebar di beberapa Negara, yang paling terkenal saat itu tentu saja Bung Rayana Djakasurya yang berada di italia, maklum saja liga italia saat itu menjadi liga nomor 1 di dunia, termasuk juga di Indonesia.

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia

Quote:
Quote:
Bagaimana Dengan Sekarang ?

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
ilustrasi : ebooks.gramedia.com

Quote:
Ditengah kemajuan jaman tentu semua akan ikut berubah, tabloid atau Koran sudah ada format digitalnya, memang ada yang berbentuk cetakan tapi orang lebih memilih untuk mencari kemudahan dalam mencari berita yang cepat dan akurat. Tabloid BOLA ane sudah tidah tahu lagi perkembangannya seperti apa, apakah masih ada atau sudah tidak ada lagi, yang jelas format digitalnya pasti ada. ane coba untuk browsing dan menemukan pict diatas, sepertinya memang masih ada, bagi yang tahu silahkan menjelaskan pada kolom komentar. Yang pasti ada banyak kenangan ane dan juga para pembaca setianya bersama tabloid tersebut, kenangan yang akan selalu diingat karena merupakan bagian dari hidup yang sewaktu-waktu bisa diceritakan kembali.

Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia




Yang Mau Menambahkan, Waktu dan Tempat Dipersilahkan

emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih


Sekian dan Terima Kasih
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Quote:

SUMBER THREAD

Hasil Pemikiran Sendiri

Diubah oleh colot_nay
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 21 dari 24
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 19:03
kurang suka dgn tabloid bola krn ga full sepakbola. lebih suka soccer dulu sering minta beliin alm. bokap emoticon-Big Grin
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 19:05
Jaman dulu ane sering beli tabloid bola gan
yah sebelum jaman now lah ,, emoticon-Big Grin alias era jaman sekolah/kuliah hehe emoticon-Big Grin
dulu juga masih sempat beli bola edisi poster nya dan bola edisi khusus kalo gak salah ingat emoticon-Smilieemoticon-Big Grin
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 19:07
Cuman suka baca kartunnya aja emoticon-Smilie
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 19:09
dolo setiap selasa n jumat pasti nongkrong di tk buku nunggu bola. . .
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 19:17
waktuane sd ,inget waktu bapak ane merantau di jakarta, tiap pulang selalu bWa majalah bola
Diubah oleh ewaneyla99
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 19:29
Yg bikin kangen sebenernya tulisan dan ulasan wartawannya menurut ane..suka dgn ulasan sapto haryo sama yudhi febiana
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 20:00
Quote:Original Posted By vhesckot_1601
autocong emoticon-Entahlah


Mainannya pas kecil pasti bekel ama barbie gan emoticon-Wkwkwk
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 21:11
Dulu kudu nabung dulu buat beli tabloid ini.

Kalo sekarang sih tinggal buka medsos aja, lengkap sama bacot bacotannya emoticon-Leh Uga
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 21:16
Dulu waktu jaman SD ane langganan majalah sportif, bonus posternya kualitasnya lbh bagus.
Kalo koran bola kadang2 aja beli
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 21:19
gw dulu belinya soccer bray, jarang beli bola. itupun ngincer stiker / posternya doang wkwk
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 21:31
tabloid legend bget ini, apa lagi posternya dslalu di tunggu2 emoticon-2 Jempol
Sukses trus dah buat BOLA
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 22:39
Quote:Original Posted By pabloo
Harganya Berapaan ya


ane lupa 4rb an klo gak salah
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 22:51

BOLA Masih Tabloid Terbaik

Ane akrab dengan tabloid ini sejak harganya Rp 800. Untuk membelinya ane kudu bersepeda sejauh 3km tiap Jumat siang itupun kadang gak kebagian karena stok di kios langganan sangat terbatas.
Selain perjuangan utk membelinya, adalah Catatan Ringan alm. Sumohadi Marsis yg msh membekas di hati.
Bola sangat baik memanjakan pembacanya dgn tulisan dan liputan yg sangat bermutu, nampaknya itu pula yg mengajari saya akan seperti apa standar tulisan yg baik.
Ane tetep berdoa agar tabloid kesayangan ini bisa survive selama mungkin, baik cetak atau apapun bentuknya.
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 23:01
saingannya dulu GO!
sering beli tabloid bola pas kamis mlm nya, coz klo nunggu pulang sekolah kadang dah kehabisan..
entah itu tabloidnya ato uang jajannya..hehehe
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 23:44
gw msh punya soccer tahun 2001..

tar klo ktmu, gw publish dimarih gan
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 23:48
Harganya dulu masih 2500an gan. Ane sering disuruh sepupu ane beliin. Tapi setelah muncul SOCCER, sepupu ane belinya SOCCER soalnya sering bonus posternya sampe kamarnya dulu penuh poster emoticon-Big Grin
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 23:48
apa cmn ane dsni yg rasa kalo ngga beli koran bola hari jumat..weekend terasa hambar!!

klo ngga salah ingat..
waktu tabloid bola edisi 100 ato 1000 covernya morientes real madrid..

ahh.. zaman old zaman yg indah..
emoticon-Ngacir2
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 23:51
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Yang penting pejwan...

:goyang:goyang:goyang

Selamat Tahun Baru 2018...
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia


wahh Si Gundul sama Gino tuh favorit ane tuh gan tiap kali baca Tabloid Bola
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
14-01-2018 23:53
tabloid Bola, favorit ane dari jaman masih sisipan harian Kompas gan. yg ane suka kolom yg ditulis bung Rayana Djakasuria atau akrab disapa bung Ray tentang liputan live di serie A Italia. Kebetulan bung Ray waktu itu bekerja di kedutaan Indonesia di Italia. Sampe kemimpi-mimpi pengen kayak bung Ray emoticon-Ngakak
Kolom lainnya yg ane suka yg ditulis bung Sumohadi Marsis, isinya wawancara langsung dengan bintang sepakbola dunia. Pokoknya mantap dah. Kolom bung Ian Situmorang jg asyik untuk dibaca. Hola bola!!!!!
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Masih Ingat Tabloid BOLA ? Yang Punya Kenangan Mari Kita Bernostalgia
15-01-2018 00:37
skrg msh ada yg baca tabloit ato koran ga ya
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1 0
1
Halaman 21 dari 24
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia