powerpunk
TS
powerpunk
Si Juki The Movie, Antara Kualitas dan Nasionalitas

HOT THREAD KE 101
*11 Januari 2018*





Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi

Musim libur natal dan tahun baru kemarin di manfaatkan betul oleh para sineas Indonesia untuk menunjukkan hasil karya mereka ke hadapan para pecinta film tanah air. Meski di tengah gempuran film Hollywood yang mendominasi, namun para creator film kita tak patah semangat.

Berbagai genre film hadir untuk menyemarakkan libur akhir tahun, mulai film cinta - cintaan seperti Ayat - Ayat Cinta 2, film komedi macam Susah Sinyal, hingga genre animasi yaitu Si Juki The Movie. Untuk genre yang terakhir, memang saat ini bisa di bilang mayoritas masih di kuasai oleh film produksi barat. Selain proses produksi yang lumayan sulit dan membutuhkan waktu yang panjang, genre ini juga membutuhkan teknologi yang lebih riweuh jika di bandingkan dengan film dari genre lainnya.


Kehadiran film Si Juki The Movie juga mengobati kerinduan para pecinta film tanah air yang jarang bisa menyaksikan karya animator lokal. Tercatat hanya ada beberapa film animasi lokal saja yang pernah tayang di layar lebar, seperti film Battle of Surabaya yang berkisah tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dan yang terakhir film yang di produseri oleh Deddy Corbuzier, Kris Knight.


Berbicara mengenai karakter Juki, karakter ini sebenarnya telah lebih dulu populer dalam bentuk komik. Komik karya Faza Ibnu Ubaidillah atau lebih di kenal dengan sebutan Faza Meonk ini pertama kali di terbitkan di tahun 2011. Tokoh utama dalam komik ini bernama Juki, seorang anak laki-laki yang cuek, usil, seronok, tidak tahu malu, menyebalkan, tetapi selalu beruntung.

Dan ternyata tujuan dari di terbitkannya komik ini, menurut kreatornya bukan hanya sekedar untuk lucu - lucuan saja. Namun lebih mengambil ide cerita dari berbagai isu yang sedang hangat di tengah masyarakat namun di bawakan dengan gaya yang menggelitik dan sarkastik.


Di saat rencana pembuatan film Si Juki ini terdengar di media beberapa saat yang lalu, banyak masyarakat dan pecinta film yang mengapresiasi, bangga, sekaligus penasaran, bagaimanakah hasilnya jika karakter yang selama ini hanya bisa di lihat dalam bentuk gambar mati menjadi gambar yang bergerak. Apalagi ini adalah karakter asli Indonesia, dan lebih dulu populer sebelum filmya di buat. Ini lah yang membedakannya dengan dua film animasi lokal sebelumnya.

Namun riuh rendah para pecinta film sedikit berkurang kala trailer perdana film ini di launching di sosial media. Ekspektasi mereka tak sesuai dengan kenyataannya. Mulai dari pengisi suara yang terdengar kurang ngeblend dengan karakter animasinya, pergerakan yang masih kasar dan patah - patah, hingga suara efek latar yang terdengar djadoel.


Hingga akhirnya film ini resmi mainstream pada 20 Desember yang lalu. Di ikuti dengan banyaknya kritik yang terdengar, bahkan tak jarang ada yang membandingkan dengan animasi yang tayang di televisi, Adit Sopo Jarwo yang di nilai oleh nitizen jauh lebih bagus. Ada pula yang menyarankan agar sebaiknya tayang lebih dulu di televisi di banding nekat tayang di layar lebar namun dengan kualitas di bawah standar. Belum lagi ceritanya pun garing dan kentang.


Namun tak jarang juga, nitizen yang membela. Seharusnya kita bangga dengan produksi bangsa sendiri yang mengangkat kearifan lokal. Dari teknologi pun, kita memang jauh tertinggal jika di banding teknologi Hollywood. Jadi jangan membandingkaan animasi kita dengan mereka, karena jadi nggak apple to apple. Selain itu, ada pesan yang terkandung dalam film ini.

Namun terlepas dari perbedaan pendapat tadi, bagaimana menurut GanSis? Kualitas atau Nasionalitas kah?

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:




emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star




Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur : Pengamatan pribadi TS, Ini, dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Diubah oleh powerpunk 11-01-2018 09:18
0
23.9K
171
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.