Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
221
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a555f7796bde62d5d8b4568/nostalgia-saat-minyak-tanah-masih-menjadi-primadona
Sebelum Gas LPG tenar dan menjadi primadona seperti sekarang ini, minyak tanah adalah jawaranya dalam urusan bahan bakar rumahan dan industri. Namun seiring berjalannya ...
Lapor Hansip
10-01-2018 07:33

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona

Past Hot Thread
icon-verified-thread
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona


Quote:
Quote:
Mukaddimah

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
ilustrasi : cafebaca.blogspot.co.id

Quote:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebelum Gas LPG tenar dan menjadi primadona seperti sekarang ini, minyak tanah adalah jawaranya dalam urusan bahan bakar rumahan dan industri. Namun seiring berjalannya waktu tempatnya sudah diambil alih oleh gas atau bahan bakar lainnya. Mungkin di beberapa daerah masih ada yang memanfaatkannya, namun jumlahnya sudah jarang. Tentunya ada banyak cerita dan kenangan pada masa kejayaan minyak tanah tersebut yang menarik untuk diceritakan kembali dan dalam thread sederhana kali ini ane akan membahas hal tersebut seraya mengajak Kaskuser yang membaca thread sederhana ini untuk sejenak bernostalgia mengingat momen-momen tersebut.

Untuk Membuat Semua Orang Suka Terhadap Sebuah Karya Itu tidak akan Pernah Bisa
Selalu Saja Ada yang Suka dan Tidak Suka
Ane Mohon Maaf Jika Ada yang Tidak Berkenan

Semoga thread sederhana ini bisa bermanfaat.

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona

#226

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona


Quote:
Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona

Quote:
Quote:
Ada Yang Masih Ingat Benda Ini ?

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
ilustrasi : koleksikunoanggoro.blogspot.com

Quote:
Membahas minyak tanah tentu tidak akan lengkap rasanya jika tidak menyebutkan benda yang satu, takaran minyak. Sebuah benda yang selalu ada pada setiap penjual minyak, ukurannya macam-macam, dan tentunya setiap kali membeli minyak tanah alat ini akan selalu digunakan oleh penjual untuk menakar jumlah literan minyak yang dibeli. Selain takaran minyak ada juga teman setianya, yakni corong minyak. Sebuah alat yang digunakan untuk mempermudah menuangkan minyak dalam wadah. Alat ini juga mempunyai ukuran yang bermacam-macam, mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar, untuk alat yang satu ini tidak hanya pedagang yang punya, pembeli pun punya karena itu digunakan untuk menuangkan minyak ke tempat yang diinginkan, misalnya ke kompor.

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona

Quote:
Quote:
Suara Yang Khas Dari Pedagang Minyak Keliling

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
ilustrasi : mindtalk.com

Quote:
Nyaaak…. Minyaaakkk…… Suara itu sangat tidak asing pada saat minyak tanah masih menjadi primadona, suara tersebut merupakan suara khas dari pedagang minyak tanah keliling untuk memberitahukan kepada pelanggan tentang keberadaan mereka. Saat minyak tanah masih menjadi primadona banyak sekali pedagang minyak tanah bermunculan, ada yang menetap di suatu lokasi dan ada juga yang keliling menjemput pelanggan. Yang diam tentunya tidak ada suara khas, hanya pedagang keliling saja yang punya ciri khas, dan suara khas itu akan selalu dikenang sampai sekarang karena sangat legendaris.

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona

Quote:
Quote:
Peralatan Lain Juga Ikut Tenar

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
ilustrasi : solopos.com

Quote:
Saat minyak tanah masih menjadi primadona, secara tidak langsung membuat beberapa barang juga ikut tenar karena untuk memanfaatkannya harus dengan menggunakan minyak tanah, misalnya saja lampu-lampu dari barang bekas, lampu petromak yang terangnya bisa menerangi satu kampung, lampu tempel, ada juga kompor minyak tanah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebetulan saat itu listrik memang masih suka padam dan itu biasanya rutin dan bergiliran, namun semua tidak perlu khawatir karena pastinya setiap rumah sudah menyediakan alat penerang yang berbahan bakar minyak tanah sebagai penerang.

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona

Quote:
Quote:
Saat Langka Adalah Saat-saat Yang Menyebalkan

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
ilustrasi : borneonews.co.id

Quote:
Sama halnya dengan LPG atau BBM, minyak tanah keberadaannya juga bisa langka dipasaran, biasanya itu terjadi karena keterlambatan pengiriman (biasanya karena cuaca atau pasokan memang tidak ada), bisa juga karena banyak dibutuhkan oleh industri sehingga para agen lebih memilih untuk menjual kepada pengusaha karena harganya bisa lebih tinggi, kalau di tempat ane sih langkanya minyak tanah itu pada saat musim tembakau, saat itu para pengusaha tembakau mengolah tembakau dengan cara di oven, dan tentu itu memerlukan bahan bakar yakni minyak tanah, setelah diganti dengan batu-bara barulah minyak tanah tidak langka lagi saat musim tembakau tiba. Saat sedang langka tersebut pelanggan harus rela mengantri jika pasokan minyak datang, dan antrian itu bisa sangat panjang sekali, tidak jarang orang sampai berdesakan supaya bisa mendapatkan minyak tanah pada saat itu.

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona

Quote:
Quote:
Bagaimana Sekarang ?

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
ilustrasi : pikiran-rakyat.com

Quote:
Saat ini minyak tanah tidak bisa dikatakan hilang, di beberapa tempat keberadaannya masih ada dan masih dibutuhkan oleh masyarakat. Namun semua sudah jarang sejak Pemerintah memprogramkan gas LPG sebagai bahan bakar utama di rumah tangga dan industri. Para agen dan pedagang minyak tanah sudah beralih jadi agen dan pedagang LPG, para pedagang keliling dengan suara khasnya sudah jarang terlihat. Takaran minyak sudah menjadi barang antik, lampu-lampu yang semula menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar juga menghilang. Kita memang tidak akan pernah bisa menantang perubahan.

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona




Yang Mau Menambahkan, Waktu dan Tempat Dipersilahkan

emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih


Sekian dan Terima Kasih
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Quote:

SUMBER THREAD

Hasil Pemikiran Sendiri

Diubah oleh colot_nay
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 12
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:34
jadi keinget waktu ane masih kecil dulu bokap ane masih jadi supplier minyak tanah buat pedagang keliling ,tpi semua tinggal kenangan karna pada beralih ke elpiji emoticon-Mewek
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:34
Dulu, bahan bakar minyak dibedakan menggunakan warna, gara2 ada oknum pedagang bbm yang mencampur bensin dengan minyak tanah yang harga nya lebih murah. Sekarang, harga minyak tanah jauh lebih mahal daripada bensin...
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:37
Quote:Original Posted By indra.blora
kalau di suruh beli sama emak pasti gini

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona


emoticon-Ngakak Gw banget itu
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:37
Quote:Original Posted By joesilver
Dulu, bahan bakar minyak dibedakan menggunakan warna, gara2 ada oknum pedagang bbm yang mencampur bensin dengan minyak tanah yang harga nya lebih murah. Sekarang, harga minyak tanah jauh lebih mahal daripada bensin...


ente salah gan
ini semua permainan mafia yang punya gas
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:37
Quote:Original Posted By colot_nay
:monggo

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
Jangan lupa mercon bumbung emoticon-Big Grin

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona

Kompor minyak tanah
Diubah oleh gr4mm4r.n4z1
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:41
Quote:Original Posted By pabloo
Enak gak rasanya gan emoticon-Ngakak


tergantung yang masakemoticon-Ngakak (S)
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:41
ane masih punya itu gayung minyak tanah nya
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:42
di papua masih di jual gan sampe sekarang, mungkin distribusi lpg sulit kali ya di sonoemoticon-Big Grin
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:46
dulu beda 200 perak aja dibela2in belinya di RT sebelah emoticon-Hammer (S)
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:47
sekarang minyak tanahnya disulap jadi avtur bree...karena emang bahan dasar avtur itu kerosin a.k.a minyak tanah...
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:47
Quote:Original Posted By bimapriatama
di daerah ane namanya lenga patra..


di tmpt ane lenga gas
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:52
Kalo sumbu mulai pendek ditarik2 pake tang... emoticon-Big Grin
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:52
Quote:Original Posted By indra.blora
kalau di suruh beli sama emak pasti gini

NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona


true cuk emoticon-Ngakak
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:53
minyak tanah gopek bensin seribu perak lebih dikit.

jaman ane bocah presiden masih eyang harto.. emoticon-Ngakak
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:53
lampu petromak ane nganggur dirumah, semenjak pake lilin sama minyak tanah jarang
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:56
Ane masi ingat kalau disuruh ama emak ane sore sore buat beli minyak tanah buat masak emoticon-Ngakak
Diubah oleh ar08
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 21:57
masih ingat pakai lampu centir dulu plafon pada item2. kudu rajin bersihin.
sekarang lampunya ganti LED.
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 22:01
Sekarang pake kompor minyak tanah berasa lama banget goreng telur 😂😂
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 22:03
waktu lagi jaya-jaya nya minyak tanah, bapak ane pernah jualan juga brayy

bapak ane jualnya gak pake muter keliling kampung, yg beli pada dateng sendiri bawa jerigen 30 literan

labanya lumayan dalam 10 bulan bisa buat beli honda supra emoticon-Malu (S)
Diubah oleh kuku.ditanam
0 0
0
NOSTALGIA…. Saat Minyak Tanah Masih Menjadi Primadona
10-01-2018 22:04
ane di kosan make kompor minyak ni sekarang emoticon-Ngakak (S)
1 lagi, ntah kenapa ane demen nyium bau minyak tanah emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 6 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia