janwar3012
TS
janwar3012
Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana yang Efektif


Nyamuk merupakan serangga yang sangat mengganggu bagi manusia baik siang atau malam hari. Selain menyebabkan gatal saat menghisap darah, nyamuk juga membawa penyakit. Nyamuk malaria dan juga nyamuk demam berdarah adalah beberapa contoh hewan penyebar penyakit melalui gigitannya.
Seiring dengan perkembangan zaman, banyak sekali ditemukan cara mengusir nyamuk. Kebanyakan dari cara tersebut menggunakan obat-obatan kimia seperti semprot, asap atau lotion.
Namun ada satu cara untuk membunuh nyamuk, yakni dengan membuat perangkap sederhana yang efektif. Tanpa panjang lebar, langsung saja simak dan praktekkan langkah-langkah dibawah ini.

Sediakan Botol Plastik



Sediakan botol plastik bekas minuman, apa saja, kalau bisa yang ukurannya tanggung atau besar. Buang isinya jika masih ada sampai bersih dan buang label yang ada pada botol.

Potong dengan hati-hati kira-kira 1/3 bagian dari atas botol dan bersihkan potongan botol tersebut. Jika sudah maka keringkan sampai air benar-benar sudah tidak ada. Kalau masih ada, cari lap kering dan usakan pada bagian yang masih basah.

Buat Larutan Gula



Buat larutan gula yang terbuat dari 50 gr gula (bisa gula pasir atau gula merah) dan tambahkan air 200 ml. Aduk sampai larutan tersebut tercampur merata.

Jika ingin lebih kental juga tidak masalah, sebab tujuan dibuatnya larutan gula tersebut untuk memancing nyamuk datang. Selain itu kekentalannya bisa membuat nyamuk menempel dan nantinya terperangkap di dalam alat perangkap sederhana.

Masukkan Larutan Gula pada Botol yang Sudah Dipotong



Masukkan larutan gula pada 2/3 bagian botol yang sudah di potong tadi. Selanjutnya pastikan bagian botol tetap dalam keadaan tidak terlalu penuh. Sebab nantinya akan ditutup dengan potongan botol. Sehingga harus ada ruang kosong diantara tutup dengan permukaan larutan gula.

Pastikan juga memilih botol yang bisa tegak berdiri dan tidak mudah roboh. Sebab cairan dari larutan gula didalamnya tidak terlalu penuh, jadi mungkin saja bisa mudah tumpah kalau kaki botol tidak rata dan tidak dalam kondisi tegak.

Campurkan Gerusan Ragi



Setelah itu masukkan gerusan ragi ke dalam wadah 2/3 potongan botol tadi. Manfaat penambahan ragi yakni agar perhatian nyamuk bisa tertuju pada perangkap nyamuk sederhana ini.

Sebab nyamuk akan bereaksi pada reaksi yang ditimbulkan oleh ragi dan larutan gula yang memproduksi karbondioksida. Namun larutan gula juga akan menarik perhatian semut, sehingga letakkan perangkap pada nampan yang berisi air agar semut tidak bisa masuk ke dalam.

Tutup dan Isolasi



Setelah semuanya siap, maka letakkan bagian 1/3 potongan tadi dengan posisi terbalik. Pastikan masih ada ruang antara jarak ujung tutup dengan cairan berupa larutan gula dan ragi tadi. Tujuannya agar nyamuk bisa masuk dan terperangkap di sana.

Selain itu rekatkan isolasi hitam pada seluruh bagian sisi botol. Lalu letakkan di sudut-sudut rumah, sekolah atau ruangan yang sekiranya banyak nyamuk. Hindarkan dari kemungkinan kemasukan cairan dan juga jangkauan anak-anak.

Kontrol Berkala



Lakukan pengontrolan berkala pada botol perangkap nyamuk sederhana tersebut. Kontrol berkala bisa diakukan setidaknya selama 10-14 hari secara ruti. Selanjutnya keluarkan nyamuk beserta larutan gula tersebut kemudian ganti dengan yang baru.

Usahakan sebelum memasukkan larutan baru, bersihkan botol samai benar-benar bersih dan juga kering. Barulah lakukan engisian larutan dan sesuaikan seperti urutan langkah di atas.

Apabila tidak ingin kerepotan, buat dan letakkan perangkap di hari yang bersamaan, sehingga pengontrolannya bisa seragam dan sekali penggantian. Dengan membuat perangkap di atas, terbukti lebih hebat manfaatnya daripada sekedar cara mengusir nyamuk yang biasanya dilakukan.
anasabila
anasabila memberi reputasi
3
38.9K
25
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Dunia Hiburan
Berita Dunia Hiburan
icon
24.7KThread3.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.