alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.44 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5a4d7a4cdac13e41668b4568/larang-nama-anak-kebarat-baratan-dprd-karanganyar-usulkan-perda-nama
Lapor Hansip
04-01-2018 07:50
Larang Nama Anak Kebarat-baratan, DPRD Karanganyar Usulkan Perda Nama...
Past Hot Thread
Larang Nama Anak Kebarat-baratan, DPRD Karanganyar Usulkan Perda Nama Jawa Bagi Bayi yang Baru Lahir

Judul disingkat, terlalu panjang emoticon-Embarrassment

Rabu, 3 Januari 2018 12:31

TRIBUNWOW.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karanganyar kini tengah mengusulkan peraturan daerah (perda) untuk melestarikan budaya lokal.

Salah satu perda yang mengatur pelestarian budaya lokal adalah mengenai gagasan agar anak yang lahir diberi nama jawa.

"Nama anak-anak sekarang cenderung modern, sehingga nama-nama jawa itu apakah masuk budaya atau bukan. Nanti akan dikaji terlebih dahulu masuk dalam perda," kata Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto dilansir dari Tribun Jatim Rabu (3/1/17)

Menurut Sumanto, hal ini dilatarbelakangi oleh fenomena pemberian nama anak-anak oleh orangtuanya yang berbau kebarat-baratan.



Hingga akhirnya beberapa anggota DPRD Kabupaten Karanganyar mengusulkan pembuatan perda itu agar nama-nama anak tidak lagi kebarat-baratan.

"Sekarang banyak seperti itu (nama kebarat-baratan). Sehingga perlu dikaji. Lewat perda itu maka budaya lokal akan terlindungi. Namun hal itu perlu dikaji dan mendapatkan masukan dari berbagai pihak," jelas Sumanto.

Sumanto mengkhawatirkan nama jawa akan menghilang dalam beberapa tahun ke depan seiring perkembangan zaman.

"Apakah nama-nama jawa akan menghilang beberapa tahun ke depan itu perlu dipikirkan. Dan apakah nama jawa masuk dalam budaya. Apakah hal itu boleh diatur dalam perda atau tidak maka perlu dikonsultasikan," katanya.

Sumanto menyatakan positif akan disahkannya perda tersebut karena banyak anggota dewan yang jarang menemukan nama jawa pada anak-anak kini.

Dirinya menambahkan, ranperda yang digagas terkait budaya dan kearifan lokal hal ini dikarenakan budaya lokal sudah mulai tergerus dan terkikis.

Harapannya dengan adanya perda inisiatif DPRD tersebut, pemerintah wajib melestarikan perda agar budaya lokal tidak menjadi hilang nantinya.

"Kajian itu apakah memunculkan pengaturan nama itu bertentangan atau tidak dengan hak asasi manusia dan undang-undang lebih atas," ungkap Sumanto.

Sumanto mengatakan saat ini DPRD masih akan menyusun draft.

"Masih ada naskah akademik, uji publik, baru jadi draf, " kata Sumanto menjelaskan.



Setelah draft jadi, akan dikaji dan dibahas dengan melibatkan berbagai unsur.

Munurut Sumanto, banyak nama jawa yang sebenarnya bagus dipakai dan tidak ketinggalan zaman.

"Manohara itu bidadari salah satu istri raja dalam pewayangan. Dan, itu nama jawa dan budaya. Dalam pewayangan banyak nama jawa bagus," kata Sumanto.

Pihaknya menargetkan raperda ini bisa menjadi perda tahun 2018.

Sebelumnya, larangan raperda untuk memberikan nama anak kebarat-baratan menjadi viral di medsos silam.

DPRD Kabupaten Karanganyar, Jateng, mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pelestarian Budaya Lokal yang salah satunya memuat pelarangan nama anak berbau kebarat-baratan.

" Jadi nanti namanya ya yang Indonesia atau Jawa," ujar Sumanto.



Menurutnya, jika raperda itu nanti disahkan menjadi perda, maka akan menjadi perda pertama di Indonesia yang mengatur soal nama anak tak kebarat-baratan.

"Setahu saya di daerah lain belum ada," kata Sumanto.

Namun, Raperda ini masih akan melalui proses yang panjang sebelum menjadi perda.

"Sekarang masih penyusunan, (prosesnya) masih panjang," ujarnya. (*)


https://www.google.co.id/amp/wow.tri...ang-baru-lahir

Timur tengah kan masih sebelah baratnya indonesia ya? emoticon-Embarrassment
Rochmat, Abdullah, Zainuddin, Ibrahim
Boleh dipake nggak tuh?

Bagaimana pula dengan nama baptis Valentinus Gregorius Andreas Dionisius Anastasia Florentina dll?
Apa nama baptis itu harus diganti dengan Paryono Sumiyem Paijan Sumarjan.

Bagaimana pula dengan nama-nama sanskrit /india (juga barat indonesia)... Prativi Deva Bayu Samodra... mau dilarang juga? emoticon-Hammer2

Apa negara kita terlalu banyak sisa energi untuk ngurusin hal hal ginian ya? emoticon-Bingung



Eh hottrit
emoticon-Cendol Gan cendolgan emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh gr4mm4r.n4z1
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 18 dari 18
04-01-2018 23:48
Kagak ada kerjaan laen lagi kah anggota dhewan ini? emoticon-Cape d...
0
05-01-2018 00:07
Quote:Original Posted By ranttalker
kebaratan ga boleh

klu kearaban boleh?

sama2 dr luar.

emoticon-Ngakak


nahh... ini....



anak ane ntar ane kasih nama ROBBY.

Lengkapnya : ROBBY ZIDNI 'ILMA


biar barat & arab bersatu..

emoticon-Traveller
0
05-01-2018 00:52
emoticon-Confused emoticon-Tai emoticon-Busa
Sekalian aja bikin peraturan , brand brand asal indo jg ga boleh pake nama kebarat baratan emoticon-Busa emoticon-Busa
Diubah oleh kingdom.heart
0
05-01-2018 02:06
initiator : sumanto.

case closed
0
05-01-2018 04:16
yg penting bikin anak ga dilarang gan
0
05-01-2018 06:19
no comment.

eh udah komen. emoticon-Cool
0
05-01-2018 07:38
Quote:Original Posted By Lt.Evans
Weeeh... Namaku kena...
Wkwkwkwkwk

Padahal niat kasih nama
Regina Anfielda Evans

Kalau anak saya lahir perempuan...
Untungnya ga nasional peraturan nya yaa..


Wkwkwkwkwkwk


Lebay amat namanya
0
05-01-2018 07:54
Quote:Original Posted By viniest
Lebay amat namanya


Hahahahaha
Ngambil nama dari Anfield
0
05-01-2018 08:52
gajelas nih buat apa atur ginian, hak ortunya lah ngasih nama kenanaknya.
temen ane yg non muslim kebanyakan namanya bukan nama indo atau jawa, tapi ya mao gimana lagi, nama itu kan punya arti.
emoticon-Cape d... (S)
0
05-01-2018 09:01
yaelah anak bukan anak dia, yg bikin bukan dia, yg biayain lahiran bukan dia, yg bkin selametan bukan dia, yg nyekolahin ngasi makan bukan dia, yg bikinin nisan jg bukan dia kok dia yg ngatur..
0
05-01-2018 10:41
hadeuuh diatur gini emoticon-Nohope
0
05-01-2018 13:20
Saking gak tau mau kerja apa
0
05-01-2018 21:54
Ke arab-arab an sih kalau jaman now
0
05-01-2018 22:08
koplak drpd nya emoticon-Ngakak
0
05-01-2018 22:37
besok namanya jadi ngadimin smith, walter samijan, clara ngadiyem emoticon-Hammer2
0
06-01-2018 12:00
kayak islandia aja, penamaan anak diatur oleh undang-undang
0
06-01-2018 14:33
itu nama arab kan kebarat2an juga. nama timur itu yha made. nyoman. ketut. ama nama2 jawa
0
07-01-2018 20:11
gimana dengan nama yg ngarab? emoticon-Malu (S)

0
09-02-2018 17:17
What ? 😮
0
11-02-2019 22:40
nama kearab araban sama kejepang jepangan juga harus dilarang gan karena ga sesuai dengan budaya indonesia
0
Halaman 18 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.